Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Program Praktisi Mengajar merupakan salah satu bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Kemdikbudristek. Yuk, simak selengkapnya mengenai program Praktisi Mengajar di sini!

Bukan Mempelajari Tentang Meteor, Sebenarnya Apa Itu Jurusan Meteorologi?

oleh | Mar 12, 2022 | Blog, Jurusan Kuliah | 0 Komentar

Jurusan MeteorologiBanyak orang yang beranggapan jurusan Meteorologi merupakan studi yang mempelajari meteor. Padahal, jurusan Meteorologi adalah studi yang mempelajari tentang bumi dan gejalanya termasuk cuaca. Jurusan ini sangat bermanfaat ilmunya karena digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Di Indonesia, jurusan Meteorologi termasuk jurusan yang langka. Hanya ada sedikit perguruan tinggi yang membuka jurusan Meteorologi. Bagi kamu yang suka mengamati cuaca dan mempelajari ilmu bumi, jurusan Meteorologi bisa menjadi jurusan yang bisa dipilih.

Simak penjelasan mengenai Jurusan Meteorologi di bawah ini, yuk.

Mengenal Jurusan Meteorologi

Meteorologi adalah ilmu yang berhubungan dengan atmosfer dan fenomenanya, termasuk cuaca. Meteorologi berkaitan dengan ilmu sifat atmosfer dan fenomena yang mencakup fisika dan kimia atmosfer.

Ahli Meteorologi sering dianggap sebagai orang yang meramalkan cuaca. Padahal, Meteorologi bukan hanya studi tentang ramalan cuaca. Secara lebih luas, meteorologi adalah ilmu tentang fisika dan kimia atmosfer bumi, termasuk interaksinya dengan permukaan bumi.

Sebagai mahasiswa Meteorologi, kamu juga mempelajari faktor yang mengakibatkan bencana alam terjadi. Selain itu juga mempelajari apa yang dapat dilakukan untuk menanggulangi dampak dari bencana alam tersebut. Bagi kamu yang suka riset dan menganalisis, jurusan ini cocok untuk dipilih.

Baca juga Prospek Kerja Jika Kamu Lulus dari Jurusan Teknik Lingkungan

Apa yang Dipelajari Mahasiswa Jurusan Meteorologi

Masing-masing perguruan tinggi telah menyusun kurikulum dengan standar kompetensi lulusan yang diinginkan. Tentunya, setiap perguruan tinggi mempunyai kurikulum yang berbeda-beda. Sebagai referensi, berikut kurikulum mata kuliah Jurusan Meteorologi di Institut Teknologi Bandung.

Kampus yang Membuka Jurusan Meteorologi

Ada beberapa kampus yang telah membuka jurusan Meteorologi. Hanya ada sedikit perguruan tinggi yang membuka jurusan Meteorologi. Berikut daftar perguruan tinggi yang membuka jurusan Meteorologi.

  • Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika.
  • Institut Teknologi Bandung.
  • Institut Pertanian Bogor.

Bukan Mempelajari Tentang Meteor, Sebenarnya Apa Itu Jurusan Meteorologi? Semoga artikel di atas dapat memberi kamu informasi mengenai Jurusan Meteorologi. Bagi kamu yang tertarik dengan jurusan ini, kamu bisa melihat informasi di atas sebagai tambahan referensi.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

QS Asia University Rankings (QS AUR) merilis daftar perguruan tinggi terbaik di Asia setiap tahunnya. Nah, artikel kali ini akan membahas daftar 15 perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia menurut QS AUR 2023. Apa saja daftarnya? Simak di sini!

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

Kamu sebentar lagi akan lulus sekolah menengah dan bingung akan ambil jurusan apa? Ternyata ada beberapa jurusan yang langka di Indonesia dan bisa kamu jadikan pertimbangan untuk melanjutkan studi. Apa saja daftarnya? Yuk, simak di sini!