CPNS 2024 Dikabarkan Mau Dibuka Lagi, Peluang Fresh Graduate Lebih Besar!

oleh | Des 16, 2023 | Blog, CPNS | 0 Komentar

CPNS 2024 – Ada kabar gembira untuk kamu yang belum sempat mengikuti atau belum lolos tes CPNS tahun 2023 karena akan ada pendaftaran CPNS lagi di tahun 2024 mendatang. Pemerintah dikabarkan akan membuka pendaftaran CASN (Calon Aparatur Sipil Negara), baik CPNS maupun PPPK pada 2024 mendatang.

Dikatakan untuk kesempatan kali ini akan membuka kesempatan yang lebih besar untuk fresh graduate atau lulusan baru. Namun, pemerintah juga masih akan berfokus pada pemenuhan kebutuhan ASN terutama dalam formasi  guru dan tenaga kesehatan. Namun tentunya pemerintah juga tidak akan menutup kemungkinan merekrut talenta-talenta baru.

Kebutuhan Formasi yang Diunggulkan

Pemerataan guru di daerah 3T (Terdepan, Terluar dan Tertinggal) menjadi salah satu fokus utama pengadaan CPNS di tahun 2024 ini.  Pemerintah juga akan memberikan afirmasi untuk guru non-ASN yang sudah mengabdi di daerah 3T supaya bisa diakomodir menjadi PPPK.

Kementerian PANRB (Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi) merancang akan adanya proses rekrutmen Aparatur Sipil Negara (ASN) setiap tiga bulan sekali. Ini jelas lebih cepat dibandingkan rekrutmen ASN sebelum-sebelumnya yang biasanya dilakukan dalam jarak waktu satu sampai dua tahun sekali.

Baca juga: Universitas Ahmad Dahlan Penuh Prestasi! Berikut Pilihan Jurusan di UAD

Pemerintah ingin menjaring fresh graduate karena mengharapkan generasi dengan talenta-talenta digital. Ini ditujukan untuk berfokus menciptakan nilai tambah ekonomi. Nantinya fresh graduate ini akan memenuhi kebutuhan tenaga IT di lingkungan pemerintah sejalan dengan percepatan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Pemerintah sedang meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang piawai dan unggul dalam dunia teknologi informasi. Ini bertujuan untuk memperkuat keamanan siber nasional. Jadi bisa dibilang untuk penerimaan CPNS tahun 2024 mendatang akan lebih difokuskan kepada ahli IT untuk lulusan baru.

Pemerintah menyadari bahwa selama ini hanya berfokus pada pengembangan teknologi digital namun tidak dengan pengamanannya. Selain itu dikatakan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Abdullah Azwar Anas, bahwa pemerintah juga mengharapkan kandidat yang memahami sektor pariwisata nasional supaya bisa lebih mengoptimalkan pengembangan sektor pariwisata negara.

Jadwal Seleksi CPNS 2024 dan Formasinya

Untuk jadwal CPNS tahun 2024 sendiri memang belum dibuka, dan tahapannya belum dirilis. Namun untuk mendapatkan informasi terbaru mengenai pembukaan CPNS ini, kamu bisa memantau di situs dan media sosial resmi pemerintah seperti SSCASN.

Sebagai bocoran, jadwal dibukanya kembali gelombang pertama penerimaan CPNS akan dilaksanakan pada Juni 2024 mendatang. Ini karena seleksi CPNS 2024 juga belum selesai sampai tahap akhir seleksi, dan baru selesai pada Maret 2024 nanti.

Pihak pemerintah membuka sebanyak 1,3 juta formasi untuk CPNS, dan dibuka dalam 3 gelombang. Dengan adanya pembukaan CPNS yang dalam satu tahun 3 kali ini diharapkan bisa mengurangi bahkan meniadakan tenaga honorer. Ini juga diharapkan nantinya lembaga pemerintahan yang membutuhkan SDM tidak perlu mengisi dengan tenaga honorer.

Perhitungan jumlah formasi ini mengacu pada sisa formasi 2023 ini. Kementerian PAN-RB memastikan setiap tahunnya membuka formasi dengan jumlah yang lebih besar untuk bisa mengisi lebih banyak kekosongan jabatan dalam pemerintahan.

Pembaruan informasi mengenai CPNS tentunya akan selalu dalam update mengingat kementerian PAN-RB sendiri masih belum memberikan jadwal dan informasi yang lebih pasti. Nah, sambil menunggu pembukaan CPNS 2024 nanti kamu juga bisa mempersiapkan diri dengan ikut Bimbel CPNS bersama Indonesia College. Perbesar peluang jadi PNS lebih maksimal, yuk!


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTNKedokteranSekolah KedinasanIUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

4 Skill Dokter Umum yang Wajib Dikuasai

4 Skill Dokter Umum yang Wajib Dikuasai

Dokter umum akan menjalani proses pendidikan panjang untuk memantapkan keterampilan dalam menangani pasien. Berikut beberapa skill dokter umum yang wajib dikuasai.