Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Program Praktisi Mengajar merupakan salah satu bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Kemdikbudristek. Yuk, simak selengkapnya mengenai program Praktisi Mengajar di sini!

Daftar PTS di Yogyakarta Kini Lebih Mudah Lewat Jogjaversitas.id

oleh | Mei 27, 2021 | Blog, PTS | 0 Komentar

PTS Yogyakarta – Ketika memutuskan untuk melanjutkan studi ke tingkat yang lebih tinggi, kita akan dihadapkan dengan berbagai pilihan baik itu program studi, kampus, hingga kota tujuan. Ketiga hal tersebut merupakan beberapa faktor-faktor utama saat memilih perguruan tinggi.

Di Indonesia sendiri, salah satu kota yang selalu menjadi incara banyak calon mahasiswa baru yaitu Yogyakarta. Daerah yang dikenal dengan sebutan “Kota Pelajar” ini selalu diserbu ribuan pendatang ketika tahun ajaran baru dimulai. Hal ini wajar mengingat banyaknya institusi pendidikan yang berdiri di wilayah ini.

Yogyakarta memiliki banyak pilihan lembaga pendidikan baik Perguruan Tinggi Negeri (PTN), Perguruan Tinggi Swasta (PTS), Institusi, Akademi, Sekolah Tinggi, dan lain-lain. Meskipun banyak orang yang mengincar sekolah negeri, PTS di Yogyakarta juga patut dijadikan pilihan. Tidak sedikit sekolah swasta tersebut yang sudah memiliki reputasi baik nasional maupun internasional.

Guna mewadahi calon mahasiswa yang ingin berkuliah, daftar PTS di Yogyakarta kini lebih mudah lewat Jogjaversitas.id. Melalui laman tersebut, calon mahasiswa bisa mendaftar ke berbagai PTS di Yogyakarta lewat satu pintu. Baca penjelasan lebih lanjutnya di bawah ini.

Mengenai Jogjaversitas.id

Daftar PTS di Yogyakarta Lewat Jogjaversitas.id

Jogjaversitas.id merupakan sebuah laman seleksi mahasiswa baru yang digagas oleh Asosiasi Pergruan Tinggi Swasta atau APTISI DIY. Gagasan ini dibuat guna merespon pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia.

Melalui Jogjaversitas.id, calon mahasiswa dapat memilih berbagai program studi lintas PTS di Yogyakarta. Hal ini tentunya memudahkan calon mahasiswa karena pendaftar bisa mengikuti seleksi di berbagai kampus dalam satu waktu tanpa perlu mengikuti penerimaan di masing-masing PTS secara terpisah.

Melakukan Pendaftaran

  1. Mengunjungi laman pmb.jogjaversitas.id, lalu klik ‘Daftar’;
  2. Mengisi form pendaftaran akun;
  3. Mengecek isian formulir, pastikan semua data yang diisikan benar, lalu klik ‘Daftar’;
  4. Setelah berhasil melakukan pendaftaran, cek kotak masuk di email yang telah didaftarkan untuk mengaktifkan akun;
  5. Jika terdapat kesalahan pengisian email, pendaftar tidak akan menerima konfirmasi dan tidak dapat mengulang pendaftaran karena NIK hanya bisa digunakan untuk satu akun.

Baca juga Ayo Lanjut Kuliah ke 10 Universitas Swasta Terbaik di Indonesia!

Memilih Program Studi dan Perguruan Tinggi yang Diinginkan

Setelah berhasil membuat akun di Jogjaversitas.id, barulah peserta bisa melakukan pemilihan prodi dan perguruan tinggi. Pendaftar bisa memilih maksimal 3 program studi di PTS yang sama atau berbeda. Selain itu, jika peserta hanya berminat untuk mendaftar ke 1 atau 2 prodi di suatu PTS, bisa mengisi form dengan pilihan yang sama.

Langkah-langkah pemilihan program studi dan PTS di Yogyakarta melalui Jogjaversitas.id yaitu sebagai berikut.

  1. Setelah berhasil aktivasi akun, akan muncul laman Login, silakan masuk menggunakan email dan sandi yang telah didaftarkan;
  2. Klik ‘Buat Pendaftaran Baru’;
  3. Isikan pilihan program studi dan PTS yang diinginkan, pastikan mengisi ketiga kolom (boleh sama);
  4. Klik ‘Simpan dan Lanjutkan’.

Proses Seleksi untuk Masuk ke PTS di Yogyakarta Lewat Jogjaversitas.id

Seleksi PTS Yogyakarta

Proses selanjutnya untuk bisa mengikuti seleksi PTS Yogyakarta melalui Jogjaversitas.id yaitu mengisikan nilai rapor. Hal ini dikarenakan proses seleksi mahasiswa baru akan dilakukan dengan melihat nilai rapor sekolah di semester 3-5.

Ketika mengisi nilai rapor, peserta harus memperhatikan Mata Pelajaran yang tersedia. Nilai yang dibutuhkan disesuiakan dengan jurusan yang dipilih saat melakukan proses pemilihan program studi. Pendaftar harus mengisi nilai pada mata pelajaran yang berbintang, sedangkan yang lainnya boleh dikosongkan. Mata Pelajaran yang nilainya wajib diisi yaitu:

  1. Agama;
  2. Bahasa Indonesia;
  3. Bahasa Inggris; dan
  4. Matematika.

Perlu diperhatikan bahwa pengisian nilai dilakukan berdasarkan semester. Nilai yang diminta yaitu pada semester 3-5 sehingga pengisiannya menjadi sebagai berikut.

  1. Kolom Semester #1 diisi nilai rapor Semester 3;
  2. Kolom Semester #2 diisi nilai rapor Semester 4; dan
  3. Kolom Semester #3 diisi nilai rapor Semester 5.

Saat mengisi, pastikan nilai yang di-input sudah benar. Peserta bisa klik ‘Simpan’ jika belum mau memproses pendaftaran, namun silakan langsung klik ‘Simpan dan Kirim’ jika sudah pasti untuk mengikuti seleksi.

Bagi peserta yang dinyatakan diterima, akan menerima konfirmasi melalui laman Jogjaversitas.id. Hasil seleksi tersebut bersifat Penerimaan Bersyaratsehingga peserta masih perlu menindaklanjuti pendaftaran ke perguruan tinggi yang dituju. Peserta bisa mengunduh Surat Pernyataan Diterima Bersyarat yang ada di laman Jogjaversitas.id.

Namun, tidak perlu khawatir ketika dinyatakan belum diterima. Peserta akan mendapat rekomendasi prodi dan perguruan tinggi yang kemungkinan besar akan menerimanya. Jika tertarik, bisa langsung klik ‘Daftar’ di laman Jogjaversitas.id.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

QS Asia University Rankings (QS AUR) merilis daftar perguruan tinggi terbaik di Asia setiap tahunnya. Nah, artikel kali ini akan membahas daftar 15 perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia menurut QS AUR 2023. Apa saja daftarnya? Simak di sini!

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

Kamu sebentar lagi akan lulus sekolah menengah dan bingung akan ambil jurusan apa? Ternyata ada beberapa jurusan yang langka di Indonesia dan bisa kamu jadikan pertimbangan untuk melanjutkan studi. Apa saja daftarnya? Yuk, simak di sini!