Formasinya Berkurang, Sekolah Kedinasan Kemenhub 2024 Hanya Dibuka untuk 15 Sekdin

by | May 18, 2024 | Blog, Kampus, Pendaftaran Kuliah, Sekolah Kedinasan | 0 comments

Sekolah Kedinasan Kemenhub 2024 – Kementerian Perhubungan menjadi salah satu kementerian yang menjadi naungan bagi sekolah kedinasan yang dibuka 2024 ini. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang membuka pendaftaran bagi 22 sekolah kedinasan, kali ini Kemenhub hanya membuka 15 sekolah kedinasan saja. Berdasarkan informasi yang diumumkan oleh Kemenpanrb, formasi sekolah kedinasan tahun ini menurun hanya 3.445 saja.

Dari 22 sekolah kedinasan yang Kemenhub memiliki, terbagi dalam matra darat, laut dan udara. Semuanya tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

15 Sekolah Kedinasan Kemenhub 2024

Dalam proses seleksi sekolah kedinasan, khususnya Kemenhub ini terdapat 3 jalur penerimaan yang bisa dipilih masing-masing peserta, yakni:

  • POLBIT Kemenhub: Lulusan akan ditempatkan di satuan kerja KEMENHUB dan diselenggarakan di 22 perguruan tinggi
  • POLBIT Pemerintah Daerah: Lulusan akan ditempatkan sesuai PEMDA yang di lamar (sesuai domisili) dan diselenggarakan oleh PTDI-STTD Bekasi
  • POLBIT Khusus Papua dan Papua Barat: Lulusan akan ditempatkan di satuan kerja daerah KEMENHUB di wilayah Papua dan Papua Barat, dan diselenggarakan di 20 perguruan tinggi

Berikut daftar 15 sekolah kedinasan Kemenhub yang membuka pendaftaran tahun 2024 ini:

1.    Politeknik Transportasi Darat – STTD

Jumlah formasi: 200

2.    Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan (PKTJ) Tegal

Jumlah formasi: 56

3.    Politeknik Perkeretaapian Indonesia (PPI) Madiun

Jumlah formasi: 35

4.    Politeknik Transportasi Sungai Danau dan Penyeberangan (Poltektrans SDP) Palembang

Jumlah formasi: 23

5.    Politeknik Transportasi Darat (Poltrada) Bali

Jumlah formasi: 22

Baca juga: 9 PTN yang Buka Jurusan Kedokteran Baru di Indonesia

6.    Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar

Jumlah formasi: 28

7.    Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Surabaya

Jumlah formasi: 81 formasi

8.    Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Malahayati Aceh

Jumlah formasi: 101

9.    Poltekpel Sorong

Jumlah formasi: 3

10. Politeknik Penerbangan Indonesia (PPI) Curug

Jumlah formasi: 68

11. Politeknik Penerbangan (Poltekbang) Surabaya

Jumlah formasi: 2

12. Poltekbang Makassar

Jumlah formasi: 1

13. Poltekbang Medan

Jumlah formasi: 2

14. Poltekbang Palembang

Jumlah formasi: 4

15. Poltekbang Jayapura

Jumlah formasi: 3

Tata Cara Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2024

Dalam pendaftarannya, peserta hanya diperbolehkan mendaftar di satu perguruan tinggi kedinasan saja di kementerian/lembaga penyelenggara sekolah kedinasan. Jika peserta mendaftar lebih dari 1 sekolah kedinasan, maka akan langsung dinyatakan gugur.

  1. Calon taruna/taruni wajib melakukan pendaftaran online melalui portal di alamat https://dikdin.bkn.go.id/ dan mengunggah dokumen yang dipersyaratkan pada 15 Mei hingga 13 Juni 2024
  2. Semua berkas diunggah dalam bentuk softcopy, terdiri dari:
  3. Pasfoto terbaru berlatar belakang merah, menghadap ke depan ukuran 4 x 6 cm (ukuran minimal 120 kb maksimal 500 kb dengan format JPG)
  4. KTP bagi peserta yang sudah berusia di atas 17 tahun atau Kartu Identitas Anak (KIA) atau Kartu Keluarga (KK) bagi yang belum memiliki KTP atau menggunakan Surat Keterangan Kependudukan/resi permintaan pembuatan KTP dengan format .jpg ukuran maksimal 500
  5. Ijazah SMA/SMK/MA/MAK sederajat bagi peserta yang sudah dinyatakan lulus dan rapor SMA/SMK/MA/MAK sederajat bagi peserta yang belum dinyatakan lulus atau masih duduk di kelas 12, dan surat penyetaraan/persamaan/konversi ijazah dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi bagi lulusan luar negeri atau memiliki ijazah berbahasa asing dengan format PDF ukuran maksimal 1.000 kb
  6. Tanda bukti pembayaran formulir pendaftaran sesuai dengan perguruan tinggi yang dipilih dan menuliskan nama serta NIK di atasnya (ukuran maksimal 500 kb dengan format JPG)

Persyaratan lainnya diunggah dengan format PDF (ukuran maksimal masing-masing 1.000 kb) terdiri atas:

  1. Formulir pernyataan calon taruna/taruni Sipencatar Kementerian Perhubungan Tahun 2024 bermaterai Rp.10.000 yang dapat diunduh di laman https://sipencatar.dephub.go.id/template
  2. Khusus formasi Orang Asli Papua (OAP), wajib melampirkan surat keterangan Orang Asli Papua (OAP) yang dikeluarkan oleh Dewan Adat/Kepala Kampung/Lurah/Kepala Suku/Kepala Distrik di Provinsi Papua/Papua Barat/Papua Tengah/Papua Selatan/Papua Pegunungan yang dapat diunduh di laman https://sipencatar.dephub.go.id/template.
  3. Batas akhir unggah berkas pendaftaran adalah 13 Juni 2024 pukul 23.59 WIB.
  4. Panduan, ketentuan pendaftaran secara lengkap dan format surat keterangan/pernyataan dapat diunduh di https://sipencatar.dephub.go.id.

Jadi itu dia daftar 15 sekolah kedinasan Kemenhub 2024 beserta tata cara pendaftarannya. Dari 15 sekolah kedinasan yang dibuka, apakah ada sekolah kedinasan incaran kamu? Semoga informasinya bermanfaat.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTNKedokteranSekolah KedinasanIUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Baca Juga Yang Lainnya…

Raih Impian Masuk Kampus Pilihanmu Bersama Indonesia College. Tersedia Bimbingan Khusus PTN dan Sekolah Kedinasan