Yuk, Mengenal Lebih Jauh Program IISMA dan Pendaftarannya

Yuk, Mengenal Lebih Jauh Program IISMA dan Pendaftarannya

Kampus Merdeka mempunyai beberapa program, salah satunya yaitu program IISMA. Program ini merupakan program pertukaran dengan universitas lain dari seluruh dunia untuk bertukar budaya. Yuk, simak lebih lengkap mengenai program IISMA di sini!

Yuk! Mengenal Gerakan Indonesia Mengajar dan Programnya

Yuk! Mengenal Gerakan Indonesia Mengajar dan Programnya

Gerakan Indonesia Mengajar (IM) merupakan inisiatif masyarakat yang berani memajukan pendidikan mulai dari pelosok Indonesia. Kamu tertarik untuk ikut? Yuk, simak info selengkapnya mengenai Indonesia Mengajar di sini!

Informasi Lengkap Pendaftaran Beasiswa Merdeka Pendidikan

Informasi Lengkap Pendaftaran Beasiswa Merdeka Pendidikan

Beasiswa Merdeka Pendidikan merupakan program persembahan dari Kitabisa dengan membantu pelajar (SMA/SMK dan mahasiswa) aktif yang membutuhkan biaya pendidikan tambahan. Kamu tertarik untuk ikut? Yuk, simak informasi selengkapnya di sini!

H-1 UTBK! Jangan Lupa Perhatikan 3 Hal Ini

oleh | Mei 27, 2022 | Blog, Jalur Masuk PTN, Tips | 0 Komentar

Ketentuan UTBK – Gelombang I UTBK sudah berakhir tanggal 23 Mei 2022 lalu, saatnya menunggu gelombang 2 nih di tanggal 28 Mei – 3 Juni 2022. Pastinya kamu sudah mempersiapkan diri sebaik-baiknya untuk ikut seleksi UTBK-SBMPTN 2022 ini, bukan? Gak cuma persiapan mental dan fisik, cek juga kelengkapan dan ketentuan sebelum tes UTBK berlangsung.

Jangan sampai ada ketentuan atau persyaratan yang lupa kamu siapkan sebelum tes yang akan menyulitkan kamu saat tes nanti. Sudah persiapan jauh-jauh hari, tapi gagal mengikuti UTBK karena hal kecil yang lupa kamu cek lagi. Jangan sampai deh, ya! Nah, berikut adalah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat H-1 UTBK. Catat, ya!

Dokumen yang wajib dibawa

Sebagai syarat mengikuti UTBK, ada beberapa dokumen yang wajib kamu bawa untuk verifikasi data pada hari-H, nih. Diantaranya sebagai berikut:

  • Kartu Tanda Peserta UTBK-SBMPTN 2022
  • Surat Keterangan Lulus (SKL) atau Surat Keterangan Kelas 12 untuk peserta lulusan tahun 2022.
  • Ijazah/Fotokopi Ijazah yang dilegalisir untuk peserta lulusan tahun 2020 dan 2021
  • Kartu Identitas (KTP/Kartu Siswa/Passport)

Ketentuan pakaian

Tidak ada aturan khusus dari LTMPT mengenai pakaian yang harus dikenakan saat UTBK nantinya. Namun, kamu disarankan untuk mengenakan pakaian yang rapi dan sopan serta memakai sepatu. Hindari penggunaan celana berbahan jeans ataupun berpakaian kaos. Kamu bisa menggunakan kemeja atau pakaian yang berkerah agar terlihat lebih sopan dan formal. 

Sama halnya untuk peserta wanita, hindari juga penggunaan  pakaian yang ketat dan terlalu pendek. Kamu bisa menggunakan kemeja atau pakaian berkerah dengan celana ataupun rok dan hijab yang nyaman bagi yang mengenakan hijab. Jangan lupa juga untuk menggunakan masker medis sebelum hingga setelah pelaksanaan UTBK-SBMPTN 2022. 

Jadwal dan alokasi waktu pengerjaan

Jangan lupa cek kembali waktu dan sesi tes UTBK yang kamu dapatkan. Melansir dari LTMPT, terdapat beberapa penyesuaian waktu dan jadwal UTBK-SBMPTN 2022 khususnya pada daerah yang termasuk Waktu Indonesia Bagian Barat (WIB) dan Kelompok Ujian Saintek atau Soshum sebagai berikut:

  • Hari Senin s.d. Kamis serta Sabtu dan Minggu baik Sesi Pagi maupun Sesi Siang.  Semula tes yang dimulai pukul 12.30 – 16.15 WIB dimundurkan menjadi pukul 13.00 – 16.45 WIB. 
  • Khusus pada hari Jumat pada sesi siang untuk daerah-daerah di Jawa yang semula dimulai pukul 12.30 sampai dengan 16.15 WIB dimundurkan menjadi pukul 13.15 – 17.00 WIB. 
  • Khusus pada hari Jumat pada sesi siang untuk daerah-daerah di Luar Jawa yang semula dimulai pukul 12.30 – 16.15 WIB dimundurkan menjadi pukul 13.45 – 17.30  WIB.
  • Tidak ada perubahan jadwal pada Kelompok Ujian Campuran

Pengerjaan soal UTBK 2022 sendiri dibagi menjadi 3 sesi dengan total waktu 195 menit untuk Kelompok Ujian Saintek atau Soshum dan 285 menit untuk Kelompok Ujian Campuran. Tahun ini, pengerjaan soal UTBK Bahasa Inggris terpisah dari Tes Potensi Skolastik (TPS). Berikut adalah rincian alokasi waktu beserta jumlah soal yang diujikan pada masing-masing kelompok ujian:

Kelompok Ujian Saintek

  • Tes Potensi Skolastik (TPS) 65 soal  90 menit
  • Bahasa inggris 15 soal 15 menit
  • Tes Kompetensi Akademik (TKA) Saintek 60 soal  90 menit

Kelompok Ujian Soshum

  • Tes Potensi Skolastik (TPS) 65 soal  90 menit
  • Bahasa inggris 15 soal 15 menit
  • Tes Kompetensi Akademik (TKA) Soshum 60 soal  90 menit

Kelompok Ujian Campuran (IPC)

  • Tes Potensi Skolastik (TPS) 65 soal  90 menit
  • Bahasa Inggris 15 soal  15 menit
  • Tes Kompetensi Akademik (TKA) Saintek 60 soal  90 menit
  • Tes Kompetensi Akademik (TKA) Soshum 60 soal  90 menit

Sudah siap untuk bertempur di UTBK-SBMPTN 2022? Semoga informasi H-1 UTBK! Jangan Lupa Perhatikan 3 Hal Ini dapat membantu sehingga kamu dapat dengan lancar menyelesaikan tes nantinya. Semoga berhasil!


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Program Praktisi Mengajar merupakan salah satu bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Kemdikbudristek. Yuk, simak selengkapnya mengenai program Praktisi Mengajar di sini!

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

QS Asia University Rankings (QS AUR) merilis daftar perguruan tinggi terbaik di Asia setiap tahunnya. Nah, artikel kali ini akan membahas daftar 15 perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia menurut QS AUR 2023. Apa saja daftarnya? Simak di sini!

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

Kamu sebentar lagi akan lulus sekolah menengah dan bingung akan ambil jurusan apa? Ternyata ada beberapa jurusan yang langka di Indonesia dan bisa kamu jadikan pertimbangan untuk melanjutkan studi. Apa saja daftarnya? Yuk, simak di sini!