Yuk, Mengenal Lebih Jauh Program IISMA dan Pendaftarannya

Yuk, Mengenal Lebih Jauh Program IISMA dan Pendaftarannya

Kampus Merdeka mempunyai beberapa program, salah satunya yaitu program IISMA. Program ini merupakan program pertukaran dengan universitas lain dari seluruh dunia untuk bertukar budaya. Yuk, simak lebih lengkap mengenai program IISMA di sini!

Yuk! Mengenal Gerakan Indonesia Mengajar dan Programnya

Yuk! Mengenal Gerakan Indonesia Mengajar dan Programnya

Gerakan Indonesia Mengajar (IM) merupakan inisiatif masyarakat yang berani memajukan pendidikan mulai dari pelosok Indonesia. Kamu tertarik untuk ikut? Yuk, simak info selengkapnya mengenai Indonesia Mengajar di sini!

Informasi Lengkap Pendaftaran Beasiswa Merdeka Pendidikan

Informasi Lengkap Pendaftaran Beasiswa Merdeka Pendidikan

Beasiswa Merdeka Pendidikan merupakan program persembahan dari Kitabisa dengan membantu pelajar (SMA/SMK dan mahasiswa) aktif yang membutuhkan biaya pendidikan tambahan. Kamu tertarik untuk ikut? Yuk, simak informasi selengkapnya di sini!

Ikuti 9 Tips Ini Agar Kamu Lolos SKD Sekolah Kedinasan

oleh | Jun 15, 2022 | Blog, Sekolah Kedinasan, Tips | 0 Komentar

Tips SKD Sekolah Kedinasan – Tes awal yang harus dihadapi setelah lolos administrasi oleh semua peserta seleksi sekolah kedinasan yaitu Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Pelaksanaan ujian ini diselenggarakan atas kerja sama sekolah kedinasan terkait dan Badan Kepegawaian Negara (BKN). Materi yang diujikan dalam tes SKD antara lain Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelijensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Seleksi Kompetensi Dasar untuk sekolah kedinasan dilakukan dengan sistem Computer Assisted Test (CAT). Bagi kamu yang akan melaksanakan SKD, sebaiknya kamu mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya agar dapat lolos dalam tahapan seleksi ini. Agar bisa lolos tes sekolah kedinasan memang sulit terlebih peminatnya banyak sekali.

Berikut beberapa tips yang bisa kamu ikuti agar siap menghadapi tes dan lolos tahap SKD.

Sering Mengerjakan Latihan Soal dan Mengikuti Try Out

Setelah jadwal tahapan seleksi sekolah kedinasan telah diumumkan, kamu bisa memperhitungkan waktu yang kamu punya sebelum dilaksanakannya seleksi SKD. Persiapkan diri kamu sebaik mungkin dengan berlatih banyak soal SKD. Kamu juga dapat mengikuti bimbel atau mempelajari buku-buku tentang soal SKD.

Kamu perlu latihan tes dengan simulasi CAT seperti kamu menghadapi tes sesungguhnya. Kamu bisa mencari berbagai referensi soal tahun-tahun sebelumnya. Banyak berlatih mengerjakan soal bisa membuat kamu familiar dengan tipe-tipe soal.

Memperdalam Materi Ujian

Sebelum kamu mengikuti ujian, hal yang penting untuk dilakukan tentunya adalah belajar. Kamu perlu memperdalam berbagai materi yang sesuai dengan kisi-kisi SKD sekolah kedinasan. Sembari menunggu proses seleksi administrasi berlangsung, kamu bisa mempersiapkan diri dengan fokus mempelajari materi ujian.

Dalam tes SKD sekolah kedinasan materi ujiannya antara lain TIU, TWK, dan TKP. Kamu harus belajar secara konsisten untuk memperdalam dan mengingat materi yang sudah kamu pelajari.

Menjaga Kesehatan Fisik

Kesehatan merupakan hal yang mempengaruhi peserta dalam menjalankan tes. Menjaga kesehatan juga penting supaya kamu bisa mengerjakan soal dengan lebih baik. Pastikan kamu istirahat yang cukup, makan makanan yang bergizi, usahakan olahraga, dan banyak minum air putih.

Kamu tentunya harus mempersiapkan fisik dan kesehatanmu agar dapat mengerjakan SKD dengan maksimal. Terlebih pelaksanaan SKD kamu harus berada di depan layar komputer selama ujian berlangsung. Kamu perlu menjaga matamu jangan sampai terlalu lelah saat menatap layar komputer.

Cek Lokasi dan Jadwal Tes

Saat mengikuti tes SKD, setiap peserta akan mendapatkan lokasi dan jadwal yang sesuai dengan yang ditentukan oleh panitia atau BKN. Pastinya, kamu harus mengetahui jadwal serta lokasi tes untuk kamu bisa mengikuti ujian. Kamu dapat mengeceknya melalui akun SSCASN masing-masing atau melihat di laman pengumuman sekolah kedinasan terkait.

Jadwal dan lokasi tes harus kamu ingat supaya bisa mengikuti ujian. Selain itu, mengetahui jadwal dan lokasi akan memudahkan kamu untuk menemukan lokasi ujian sehingga tidak terlambat saat akan berangkat tes.

Menjawab Semua Soal

Tips berikutnya adalah jangan terburu-buru ketika mengerjakan soal. Kamu bisa mencari soal yang mudah untuk dikerjakan terlebih dahulu. Tetapi jangan lupa untuk tetap menjawab semua soal yang tersedia, ya. Tidak ada pengurangan nilai jika kamu menjawab salah.

Manajemen Waktu yang Baik Saat Menyelesaikan Soal

Maksimalkan waktu yang kamu punya untuk menyelesaikan soal sebaik mungkin. Jika kamu sudah selesai, jangan lupa untuk cek kembali soalnya. Tetap tenang dan jangan terburu-buru saat mengerjakan soal. Penting juga untuk kamu mengelola waktu pengerjaan dengan sebaik mungkin.

Kerjakan Soal yang Lebih Mudah Dahulu

Tes SKD ada beragam soal dengan berbagai tingkat kesulitan. Kamu perlu mengerjakan soal yang lebih mudah dahulu. Kalau memilih mengerjakan soal yang sulit di awal waktu pengerjaaan, kamu akan cepat kehabisan waktu.

Kamu akan punya lebih banyak waktu untuk mengerjakan soal yang lebih sulit dengan mengerjakan soal yang mudah dahulu. Kamu bisa mengerjakan TKP terlebih dahulu karena soal ini soal termudah karena tidak ada jawaban benar atau salah.

Baca juga Berapa Jumlah Soal SKD Kedinasan di Seleksi Tahun 2021?

Fokus dan Teliti

Kamu harus fokus dan teliti dalam mengerjakan soal SKD. Saat kamu gugup dan tegang kamu akan merasa kesulitan untuk berkonsentrasi. Perhatikan setiap soal dengan fokus dan teliti jangan sampai kamu salah menangkap maksud soal tersebut. Jangan sampai konsentrasimu terganggu sehingga kamu tidak maksimal ketika menjawab soal.

Perbanyak Doa

Tips lolos SKD yang tidak boleh kamu lewatkan adalah banyak berdoa dan berserah diri. Berbagai usaha di atas telah kamu coba, tapi jangan lupa untuk banyak berdoa. Baik sebelum ujian ataupun setelah ujian, jangan lupa untuk terus berdoa sehingga seleksi ini bisa kamu lalui dengan lancar.

Karena dengan doa, urusanmu akan jadi dipermudah. Selain itu kamu juga perlu meminta doa restu kepada orang tua, ya.

Mau lolos seleksi SKD sekolah kedinasan? Yuk, Ikuti 9 Tips Ini Agar Kamu Lolos SKD Sekolah Kedinasan. Kamu bisa mengikuti tips-tips di atas supaya kesempatan lolosmu semakin tinggi. Jangan lupa untuk mempersiapkan diri jauh-jauh hari sebelum mengikuti ujian, ya!


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Trackbacks/Pingbacks

  1. Simak Jadwal SKD Sekolah Kedinasan Tahun 2022 di Sini! | LKBB Indonesia college - […] Baca juga Ikuti 9 Tips Ini Agar Kamu Lolos SKD Sekolah Kedinasan […]

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Program Praktisi Mengajar merupakan salah satu bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Kemdikbudristek. Yuk, simak selengkapnya mengenai program Praktisi Mengajar di sini!

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

QS Asia University Rankings (QS AUR) merilis daftar perguruan tinggi terbaik di Asia setiap tahunnya. Nah, artikel kali ini akan membahas daftar 15 perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia menurut QS AUR 2023. Apa saja daftarnya? Simak di sini!

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

Kamu sebentar lagi akan lulus sekolah menengah dan bingung akan ambil jurusan apa? Ternyata ada beberapa jurusan yang langka di Indonesia dan bisa kamu jadikan pertimbangan untuk melanjutkan studi. Apa saja daftarnya? Yuk, simak di sini!