Yuk, Mengenal Lebih Jauh Program IISMA dan Pendaftarannya

Yuk, Mengenal Lebih Jauh Program IISMA dan Pendaftarannya

Kampus Merdeka mempunyai beberapa program, salah satunya yaitu program IISMA. Program ini merupakan program pertukaran dengan universitas lain dari seluruh dunia untuk bertukar budaya. Yuk, simak lebih lengkap mengenai program IISMA di sini!

Yuk! Mengenal Gerakan Indonesia Mengajar dan Programnya

Yuk! Mengenal Gerakan Indonesia Mengajar dan Programnya

Gerakan Indonesia Mengajar (IM) merupakan inisiatif masyarakat yang berani memajukan pendidikan mulai dari pelosok Indonesia. Kamu tertarik untuk ikut? Yuk, simak info selengkapnya mengenai Indonesia Mengajar di sini!

Informasi Lengkap Pendaftaran Beasiswa Merdeka Pendidikan

Informasi Lengkap Pendaftaran Beasiswa Merdeka Pendidikan

Beasiswa Merdeka Pendidikan merupakan program persembahan dari Kitabisa dengan membantu pelajar (SMA/SMK dan mahasiswa) aktif yang membutuhkan biaya pendidikan tambahan. Kamu tertarik untuk ikut? Yuk, simak informasi selengkapnya di sini!

Informasi Lengkap Penerimaan Taruna Jalur Umum STPN Tahun 2022

oleh | Jun 30, 2022 | Blog, Sekolah Kedinasan | 0 Komentar

Penerimaan Taruna STPN 2022 – Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional (STPN) merupakan salah satu sekolah kedinasan di bidang Agraria/Pertanahan dan Tata Ruang. STPN membuka pendidikan vokasi dengan dua Program Studi yaitu Diploma IV Pertanahan dan Diploma I Pengukuran dan Pemetaan Kadastral (PPK). 

Pendaftaran dibuka pada 13 Juni – 13 Juli 2022 untuk lulusan SMA/SMK/MA/MAK sederajat. Lulusan STPN berkesempatan menjadi CPNS hingga bekerja pada berbagai kantor pertanahan dan agraria. Kamu tertarik ingin menjadi taruna di STPN?

Yuk, simak informasi penerimaan taruna di STPN tahun 2022 berikut!

Persyaratan Pendaftaran

  1. Warga Negara Republik Indonesia
  2. Pendidikan:
Syarat pendidikan penerimaan STPN 2022
Syarat pendidikan penerimaan STPN 2022
  1. Berkelakuan Baik, yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
  2. Sehat jasmani dan mental serta memenuhi standar kesamaptaan
  3. Vaksin Lengkap (1,2, dan 3) dan negatif COVID-19 dibuktikan dengan Sertifikat Vaksin dan Hasil Tes Antigen pada saat masuk asrama
  4. Bagi pendaftar putri Prodi Diploma IV Pertanahan bersedia tidak hamil sampai Semester V (lima) dibuktikan dengan surat pernyataan bermaterai Rp10.000.
  5. Bagi pendaftar putri Prodi Diploma I PPK, bersedia tidak menikah dan tidak hamil selama mengikuti pendidikan, dibuktikan dengan surat pernyataan bermaterai Rp10.000.
  6. Tidak menuntut untuk diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil dibuktikan dengan Surat Pernyataan bermaterai Rp10.000
  7. Mengikuti seluruh tahapan seleksi sesuai dengan jadwal yang ditetapkan.

Tahapan Seleksi dan Jadwal Pelaksanaan

Pendaftaran secara online, Pembayaran Biaya Pendaftaran dan Pengisian Formulir Online13 Juni – 13 Juli 2022
Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi dan Jadwal Pelaksanaan Ujian CBT18 Juli 2022
Pelaksanaan Ujian CBT25 – 29 Juli 2022
Pengumuman Hasil Kelulusan Ujian CBT2 Agustus 2022
Tes Kesehatan, Kesamaptaan, Wawancara dan Validasi Berkas4 – 6 Agustus 2022
Pengumuman Lulus Utama8 Agustus 2022
Tes Kesehatan, Kesamaptaan, Wawancara dan Validasi Berkas bagi Peserta Cadangan10 Agustus 2022
Pengumuman Lulus Cadangan12 Agustus 2022
Daftar Ulang/Registrasi online (Lulus Utama dan Cadangan)8 – 16 Agustus 2022
Masuk Asrama18 Agustus 2022 (D-IV Pertanahan)
19 Agustus 2022 (D-1 PPK)
Latihan Dasar Kedisiplinan (LATSARDIS) Prodi D-IV Pertanahan20 – 25 Agustus 2022
Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Taruna Baru (PKKTB)29 Agustus – 1 September 2022 (D-1V Pertanahan)
22 -25 Agustus 2022 (D-1 PPK)
Awal Perkuliahan5 September 2022 (D-IV Pertanahan)
29 Agustus (D-1 PPK)

Tata Cara Pendaftaran

  1. Pendaftaran dilakukan secara online melalui Sistem Penerimaan Taruna Baru di laman penerimaan.stpn.ac.id
  2. Pendaftar harus membaca dengan seksama ketentuan umum, syarat-syarat dan alur pendaftaran yang dimuat di laman depan Sistem Penerimaan Taruna Baru (penerimaan.stpn.ac.id)
  3. Pendaftar harus mempunyai alamat email Google (id_gmail) @gmail.com pada Sistem Penerimaan Taruna Baru, pendaftar memilih menu registrasi Diploma IV Pertanahan atau Diploma I PPK (sesuai dengan pilihan)
  4. Pendaftar akan mendapatkan email konfirmasi pendaftaran yang berisi nomor registrasi, nomor virtual account (kode billing pembayaran), biaya pendaftaran
  5. Pendaftar membayar biaya pendaftaran sebesar Rp175.000 (seratus tujuh puluh lima ribu rupiah) sesuai nomor virtual account Bank BRI (15 digit), kemudian pendaftar akan mendapat email konfirmasi pembayaran yang di dalamnya terdapat username dan nomor PIN (6 digit) yang digunakan untuk melakukan pengisian formulir dan upload berkas online.
  6. Pendaftar mengisi formulir pendaftaran dengan lengkap kemudian seluruh berkas pendaftaran di-scan dan disimpan dalam format .jpg dengan ukuran maksimal 500 Kb, Kemudian upload berkas pendaftaran tersebut di menu Formulir Pendaftaran. Berkas pendaftaran yang harus di upload terdiri dari hasil scan:
  • Ijazah (untuk lulusan tahun 2021 dan sebelumnya atau
  • Surat Tanda Lulus/Keterangan Telah Mengikuti Ujian Akhir dan Lulus (untuk lulusan tahun 2022)
  • Ijazah dan transkrip nilai bagi lulusan D-1 PPK
  • Rapor:
    • Kelas X s.d. XII untuk lulusan tahun 2021 dan sebelumnya atau
    • Kelas X s.d. XI untuk lulusan tahun 2022 yang belum terbit rapor kelas XII
    • Surat Keterangan Konversi Nilai bagi rapor yang menggunakan nilai huruf atau angka 1 sampai dengan 4 (dikonversi ke nilai 1 sampai dengan 10)
  • Pas foto berwarna terbaru ukuran 3 x 4 cm dengan latar belakang merah (D-IV) dan biru untuk (D-I)
  • KTP atau Kartu Keluarga
  • Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
  • Surat Pernyataan bermaterai Rp10.000 yaitu:
    • Tidak menuntut untuk diangkat menjadi CPNS
    • Data yang diisikan dalam formulir pendaftaran adalah benar
    • Bagi pendaftar putri Prodi Diploma IV Pertanahan tidak sedang hamil dan wajib tidak hamil sampai dengan awal Semester V
    • Bagi pendaftar putri Prodi Diploma I PPK, belum pernah menikah dan sanggup tidak menikah selama mengikuti pendidikan serta tidak dalam kondisi hamil.
  1. Setelah dilakukan pengisian formulir pendaftaran, simpan file tersebut dan selanjutnya pendaftar mencetak Kartu Tanda Peserta Ujian pada kertas HVS 80 gr warna putih berukuran A5 (orientasi portrait)
  2. Seluruh isi berkas pendaftaran yang telah di-upload harus dapat terbaca dengan jelas dan tidak menimbulkan keraguan yang dapat merugikan pendaftar. 
  3. Panitia akan melakukan validasi kesesuaian persyaratan sebagaimana tertera dalam formulir pendaftaran dengan berkas-berkas asli. Peserta dinyatakan gugur jika ditemukan adanya ketidaksesuaian antara data persyaratan dengan data dalam berkas asli dan keputusan panitia bersifat final dan tidak dapat diganggu gugat. 

Itulah informasi mengenai penerimaan taruna STPN jalur umum tahun 2022. Semoga membantu, ya!


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Program Praktisi Mengajar merupakan salah satu bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Kemdikbudristek. Yuk, simak selengkapnya mengenai program Praktisi Mengajar di sini!

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

QS Asia University Rankings (QS AUR) merilis daftar perguruan tinggi terbaik di Asia setiap tahunnya. Nah, artikel kali ini akan membahas daftar 15 perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia menurut QS AUR 2023. Apa saja daftarnya? Simak di sini!

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

Kamu sebentar lagi akan lulus sekolah menengah dan bingung akan ambil jurusan apa? Ternyata ada beberapa jurusan yang langka di Indonesia dan bisa kamu jadikan pertimbangan untuk melanjutkan studi. Apa saja daftarnya? Yuk, simak di sini!