Yuk, Mengenal Lebih Jauh Program IISMA dan Pendaftarannya

Yuk, Mengenal Lebih Jauh Program IISMA dan Pendaftarannya

Kampus Merdeka mempunyai beberapa program, salah satunya yaitu program IISMA. Program ini merupakan program pertukaran dengan universitas lain dari seluruh dunia untuk bertukar budaya. Yuk, simak lebih lengkap mengenai program IISMA di sini!

Yuk! Mengenal Gerakan Indonesia Mengajar dan Programnya

Yuk! Mengenal Gerakan Indonesia Mengajar dan Programnya

Gerakan Indonesia Mengajar (IM) merupakan inisiatif masyarakat yang berani memajukan pendidikan mulai dari pelosok Indonesia. Kamu tertarik untuk ikut? Yuk, simak info selengkapnya mengenai Indonesia Mengajar di sini!

Informasi Lengkap Pendaftaran Beasiswa Merdeka Pendidikan

Informasi Lengkap Pendaftaran Beasiswa Merdeka Pendidikan

Beasiswa Merdeka Pendidikan merupakan program persembahan dari Kitabisa dengan membantu pelajar (SMA/SMK dan mahasiswa) aktif yang membutuhkan biaya pendidikan tambahan. Kamu tertarik untuk ikut? Yuk, simak informasi selengkapnya di sini!

Informasi Sipencatar PKTJ Tegal Jalur Mandiri Gelombang 1

oleh | Jun 28, 2022 | Blog, Sekolah Kedinasan | 4 Komentar

PKTJ Tegal Jalur Mandiri – PKTJ Tegal merupakan sekolah kedinasan yang berada di bawah naungan Kementerian Perhubungan. PKTJ Tegal membuka seleksi penerimaan calon taruna/taruni Jalur Mandiri. Sekolah kedinasan ini mengundang para lulusan sekolah lanjutan tingkat atas sederajat yang profesional di bidang transportasi.

Lokasi seleksi penerimaannya di Kampus 1 Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan Tegal Jl Semeru No. 3 Kota Tegal, Jawa Tengah. Pendaftaran gelombang 1 jalur ini dibuka tanggal 27 Juni sampai 10 Juli 2022. Bagi kamu yang ingin mendaftar, simak informasi lebih lengkapnya di bawah ini.

Persyaratan Pendidikan/Ijazah

Calon taruna/taruni wajib memperhatikan dengan saksama formasi studi yang tersedia sesuai dengan persyaratan ijazah kelulusan/jurusan dari SMA/sederajat. Persyaratannya sebagai berikut:

Prodi Persyaratan Ijazah/Pendidikan
D3 Teknologi Otomotif (TO) SMA/MA IPA, Madrasah Aliyah (MA IPA)SMK Teknik Mesin dan Otomotif, SMK Komputer, SMK Teknologi dan Informatika, SMK Listrik dan Elektro, SMK Mekatronika

Persyaratan Pendaftaran

  1. WNI.
  2. Usia maksimal 23 tahun dan minimal 16 tahun pada September 2022.
  3. Persyaratan nilai (bukan hasil pembulatan)
  • Untuk lulusan tahun 2021 dan sebelumnya, memiliki nilai rata-rata ujian yang tertulis pada ijazah tidak kurang dari 7,0 (skala penilaian 1-10)/70,00 (skala penilaian 10-100)/2,8 (skala penilaian 1-4), atau
  • Untuk calon lulusan tahun 2022, memiliki nilai rata-rata rapor untuk komponen Pengetahuan pada 5 semester (semester gasal dan genap untuk kelas X dan XI serta semester gasal kelas XII) 70,00 (skala penilaian 10-100), dengan ketentuan pada saat pendaftaran ulang yang bersangkutan telah dinyatakan lulus dan memiliki nilai rata-rata ujian tertulis pada ijazah tidak kurang dari 70,00 (skala penilaian 10-100).
  • Bagi lulusan luar negeri atau memiliki ijazah berbahasa asing melampirkan surat penyetaraan/persamaan ijazah dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

4. Tinggi badan minimal pria 160 cm dan wanita 155 cm.

5. Berbadan sehat, tidak cacat fisik dan mental, bebas HIV/AIDS serta bebas narkoba.

6. Calon taruna tidak bertato/bekas tato dan tidak ditindik telinganya atau anggota badan lainnya kecuali disebabkan oleh ketentuan agama/adat.

7. Calon taruni tidak bertato/bekas tato dan tidak ditindik/bekas tindik anggota badan lainnya selain telinga dan tidak bertindik/bekas tindik di telinga lebih dari 1 pasang (telinga kiri dan kanan).

8. Ketajaman penglihatan normal dan tidak ada kelainan buta warna baik parsial maupun total.

9. Tidak sedang menjalani dan terancam hukuman pidana karena melakukan kejahatan.

10. Belum pernah diberhentikan dengan tidak terhormat dan/atau mengundurkan diri sebagai taruna/taruni di lingkungan Badan Pengembangan SDM Perhubungan.

11. Bersedia mentaati segala peraturan pada Jalur Mandiri.

12. Bersedia diberhentikan dengan tidak hormat jika melakukan tindakan kriminal antara lain mengkonsumsi dan atau menjualbelikan narkoba, melakukan tindakan kekerasan (perkelahian, pemukulan, pengeroyokan, perundungan, dll), melakukan tindakan asusila atau penyimpangan seksual.

13. Dinyatakan gugur apabila terbukti melakukan pemalsuan identitas/dokumen.

14. Melakukan pembayaran biaya pendaftaran sebesar Rp150.000.

15. Memiliki email yang masih aktif.

Baca juga Sipencatar Poltekpel Sulawesi Utara Jalur Mandiri (Non Polbit) Gelombang II Program Diploma III Pelayaran

Jenis Seleksi

Calon taruna/i setelah lolos verifikasi administrasi dapat melanjutkan seleksi selanjutnya yang dilaksanakan dalam satu tahapan seleksi terdiri dari:

  • Tes Potensi Akademik
  • Psikotes
  • Tes Kesehatan
  • Tes Kesamaptaan
  • Tes Wawancara

Tata Cara Pendaftaran

  1. Calon taruna/taruni wajib melakukan pendaftaran online melalui laman https://pktj.ac.id (Sipencatar Mandiri) dan mengunggah dokumen yang dipersyaratkan dimulai 1 sampai 10 Juli 2022.
  2. Semua berkas diunggah ke dalam pendaftaran online dalam bentuk softcopy, terdiri atas:
  • Pas foto terbaru berwarna latar belakang merah, menghadap ke depan ukuran 4×6 cm (ukuran maksimal 750 kb dengan format jpeg.
  • KTP bagi peserta yang berusia di atas 17 tahun atau KK bagi yang belum memiliki KTP atau menggunakan surat keterangan kependudukan/resi permintaan pembuatan KTP dengan format jpg ukuran maksimal 750 kb.
  • Ijazah SMA/SMK/MA/Paket C bagi calon peserta yang sudah dinyatakan lulus atau rapor SMA/SMK/MA/Paket C bagi calon peserta yang belum dinyatakan lulus atau masih duduk di kelas 12 dengan format pdf. Ukuran maksimal 750 kb.
  • Surat penyetaraan/persamaan ijazah dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bagi lulusan luar negeri/memiliki ijazah berbahasa asing dengan format pdf ukuran maksimal 750 kb.
  • Tanda bukti pembayaran formulir pendaftaran sebesar Rp150.000 melalui rekening BNI atas nama RPL 118 DANA KELOLA PKTJ Nomor: 0433861843 dengan menyertakan nama dan NIK pendaftaran pada bukti pembayaran (ukuran maksimal 750 kb dengan format jpeg).
  • Batas akhir unggah berkas tanggal 10 Juli 2022 pukul 23.59 WIB.

Bagi kamu yang ingin mendaftar, jangan lupa catat dan perhatikan Informasi Sipencatar PKTJ Tegal Jalur Mandiri Gelombang 1 di atas ya. Semoga membantu!


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

4 Komentar

  1. M.Brilliant

    Kalau tanda bukti saat tes pendaftaran dikdin THN 2022,bisa digunakan lagi atau bayar lagi

    Balas
    • Nurul Febi

      Bayar lagi Kak karena pendaftaran yang ini merupakan jalur Mandiri.

      Balas
  2. meemarklee

    apakah akan di buka gelombang 2

    Balas
    • Nurul Febi

      Berdasarkan dari laman resmi PKTJ Tegal, Sipencatar Jalur Mandiri gelombang 2 belum dibuka, Kak.

      Balas

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Program Praktisi Mengajar merupakan salah satu bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Kemdikbudristek. Yuk, simak selengkapnya mengenai program Praktisi Mengajar di sini!

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

QS Asia University Rankings (QS AUR) merilis daftar perguruan tinggi terbaik di Asia setiap tahunnya. Nah, artikel kali ini akan membahas daftar 15 perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia menurut QS AUR 2023. Apa saja daftarnya? Simak di sini!

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

Kamu sebentar lagi akan lulus sekolah menengah dan bingung akan ambil jurusan apa? Ternyata ada beberapa jurusan yang langka di Indonesia dan bisa kamu jadikan pertimbangan untuk melanjutkan studi. Apa saja daftarnya? Yuk, simak di sini!