Berbagai Program Internasional di Universitas Pertamina

Berbagai Program Internasional di Universitas Pertamina

Universitas Pertamina memiliki berbagai program internasional yang bisa kamu jadikan pilihan. Universitas ini juga memiliki banyak mitra perguruan tinggi, baik dalam negeri maupun mancanegara. Kamu tertarik untuk mengikuti salah satu programnya? Yuk, simak selengkapnya di sini!

Informasi PMB Universitas Ciputra Surabaya Tahun 2023/2024

Informasi PMB Universitas Ciputra Surabaya Tahun 2023/2024

Universitas Ciputra Surabaya membuka penerimaan mahasiswa baru. Jalur pendaftaran yang dibuka terdiri dari Jalur Reguler, Jalur Sekolah Kerjasama, dan Jalur Undangan Prestasi. Bagi kamu yang ingin mendaftar, simak infonya di sini!

Berbagai Beasiswa di Universitas Budi Luhur Tahun 2022

Berbagai Beasiswa di Universitas Budi Luhur Tahun 2022

Universitas Budi Luhur menyediakan beberapa beasiswa dan hanya berlaku di Kelas Reguler S1/D3. Beasiswa di Universitas Budi Luhur berikut ini merupakan beasiswa di tahun 2022, yuk, simak informasi selengkapnya di sini!

Ingin Kuliah sambil Kerja? Yuk, Praktikkan Tips-Tips Ini!

oleh | Feb 2, 2022 | Blog, Tips | 0 Komentar

Kuliah Sambil Kerja – Pendidikan adalah hal yang penting. Tetapi banyak orang di luar sana yang mempunyai kendala biaya untuk menempuh pendidikan yang lebih tinggi. Salah satu solusi yang dapat membantu adalah kuliah sambil kerja. Hal ini sedikit bisa membantu meringankan beban orang tua terlebih jika ekonomi keluarga tidak semuanya mampu dalam membiayai anaknya masuk di perguruan tinggi.

Saat ini cukup banyak mahasiswa yang menyambi bekerja. Alasan mahasiswa berkuliah dengan bekerja ada bermacam-macam. Ada mahasiswa yang ingin menambah tabungan dan uang jajan, ada mahasiswa yang ingin mencari banyak pengalaman, ada yang ingin membantu perekonomian keluarga, membantu membiayai uang kuliah, bahkan agar bisa lebih mandiri.

Nah, supaya kamu yang bekerja tetap fokus dengan perkuliahanmu ada strategi yang bisa dilakukan, yuk, simak tips-tips ini!

Bisa Memilih Pekerjaan Freelance

Mendapatkan uang dengan bekerja sebagai freelancer (pekerja lepas) memang tidak sebanyak ketika bekerja secara full time (kerja penuh waktu). Tetapi, dengan bekerja freelance kamu bisa mendapat penghasilan lebih untuk keperluan kuliahmu. Selain itu, kamu juga bisa membagi waktumu dengan baik untuk kerja dan kuliah.

Ketika mahasiswa memilih bekerja lepas, hal ini dapat membantu mereka lebih fleksibel dalam bekerja dan teratur dalam kegiatan kuliah. Mahasiswa sebisa mungkin mencari pekerjaan yang dapat disesuaikan dengan jadwal kuliah. Ada beberapa pekerjaan lepas yang bisa kamu ambil, seperti guru les privat, penulis konten, entri data online, editor foto, dan penerjemah.

Baca juga Merasa Bosan? Ingat Ini untuk Motivasi Masuk Kuliah!

Atur Jadwal dengan Baik

Ketika kuliah sambil bekerja, kamu harus mengatur manajemen waktu lebih baik lagi. Pastikan fokus untuk masing-masing waktu kuliah dan bekerja. Kamu bisa mengatur semua jadwal untuk mempermudah dan mengerjakan semuanya dengan baik.

Sebagai mahasiswa kamu harus tetap mengatur waktu serta energimu untuk mengerjakan tugas kuliah. Kamu bisa mengisi waktu yang sudah dibagi dengan mengerjakan tugas kuliah dan pekerjaan. Kamu juga bisa mengerjakan dari hari-hari sebelumnya sebelum tenggat waktu untuk dikumpulkan.

Tetap Jaga Kondisi Fisik

Pengaruh dari persoalan kuliah sambil kerja dapat berdampak pada kesehatan. Jika kamu terlalu sibuk dan menghabiskan waktu untuk kerja sambil kuliah pastinya akan membuat kamu kelelahan. Kamu akan kekurangan waktu untuk beristirahat dan bersantai.

Setelah kuliah, kamu masih harus bekerja. Terlebih jika kamu masih ada tugas kuliah yang harus dikerjakan. Ketika ada waktu luang, kamu bisa memanfaatkan waktu untuk beristirahat agar selalu fit dalam melakukan aktivitas.

Kamu harus tetap memiliki waktu beristirahat dan waktu tidur yang cukup. Selain itu kamu juga harus menjaga pola makan dan jangan sampai telat makan. Hal tersebut sangat penting karena kondisi fisik kamu harus selalu sehat.

Selain bisa menambah penghasilan, ternyata ada banyak manfaat kuliah sambil kerja. Simak daftarnya berikut ini.

Manfaat Kuliah Sambil Kerja

Bisa Mengatur Waktu Lebih Baik

Ketika kamu kuliah menyambi bekerja, kamu harus membagi waktu antara waktu kuliah dan waktu bekerja. Kamu harus bisa mengatur waktu untuk belajar, menyelesaikan pekerjaan, mengerjakan tugas kuliah, beristirahat, dan bersosialisasi dengan teman. Dalam hal menerapkan manajemen waktu yang baik, kamu mempunyai rencana dan gambaran yang jelas.

Mempunyai Relasi Lebih Luas

Memiliki relasi dan jaringan yang luas dapat mempengaruhi karir dan akan memberi banyak manfaat kedepannya. Dunia kerja saat ini penuh persaingan dan semakin ketat, dengan kamu memiliki relasi yang luas dapat membantu kemajuan karir kamu. Kamu bisa mendapat banyak perspektif dan pengetahuan baru karena hal ini.

Kualitas Diri Meningkat

Jika kamu kuliah sambil bekerja kamu akan meningkatkan kualitas diri. Selain itu juga akan menambah wawasan menjadi luas, mandiri, dan memiliki pandangan yang lebih maju. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kualitas diri, seperti terus belajar, fokus pada tujuan, jauhi lingkungan yang negatif, identifikasi kemampuan yang dibutuhkan, dan ikuti pelatihan.

Menambah Kemampuan dan Pengalaman Baru

Sudah memiliki pengalaman kerja sebelum lulus kuliah, bisa menjadi nilai plus untuk kamu. Kedepannya ketika waktunya kamu mencari kerja setelah lulus, hal ini sangat bermanfaat dan bisa membantu kamu. Hal tersebut juga bisa menjadi peluang yang bagus ketika besok kamu melamar kerja selanjutnya.

Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan skill baru yang berguna untuk perkuliahan dan kerja kamu di tempat selanjutnya setelah kamu lulus. Ketika kamu sudah mempunyai skill yang dibutuhkan di perusahaan yang kamu lamar, ini bisa menjadi hal efektif perusahaan untuk mengurangi biaya, waktu, dan pelatihan untuk karyawan baru. Namun, program pelatihan pasti tetap akan diberikan untuk meningkatkan skill karyawan sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Itulah Ingin Kuliah sambil Kerja? Yuk, Praktikkan Tips-Tips Ini! Kamu bisa coba praktikkan tips-tips di atas supaya kamu bisa berkuliah sambil kerja dengan lancar. Semoga membantu!


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…