Berbagai Program Internasional di Universitas Pertamina

Berbagai Program Internasional di Universitas Pertamina

Universitas Pertamina memiliki berbagai program internasional yang bisa kamu jadikan pilihan. Universitas ini juga memiliki banyak mitra perguruan tinggi, baik dalam negeri maupun mancanegara. Kamu tertarik untuk mengikuti salah satu programnya? Yuk, simak selengkapnya di sini!

Informasi PMB Universitas Ciputra Surabaya Tahun 2023/2024

Informasi PMB Universitas Ciputra Surabaya Tahun 2023/2024

Universitas Ciputra Surabaya membuka penerimaan mahasiswa baru. Jalur pendaftaran yang dibuka terdiri dari Jalur Reguler, Jalur Sekolah Kerjasama, dan Jalur Undangan Prestasi. Bagi kamu yang ingin mendaftar, simak infonya di sini!

Berbagai Beasiswa di Universitas Budi Luhur Tahun 2022

Berbagai Beasiswa di Universitas Budi Luhur Tahun 2022

Universitas Budi Luhur menyediakan beberapa beasiswa dan hanya berlaku di Kelas Reguler S1/D3. Beasiswa di Universitas Budi Luhur berikut ini merupakan beasiswa di tahun 2022, yuk, simak informasi selengkapnya di sini!

Ini Dia 17 Jurusan Terfavorit di SBMPTN UGM

oleh | Agu 26, 2022 | Blog, PTN | 0 Komentar

Jurusan Favorit di UGM – Yogyakarta merupakan kota pelajar yang memiliki banyak perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta. Salah satu universitas negeri di Yogyakarta yaitu Universitas Gadjah Mada (UGM). Kampus negeri ini merupakan salah satu PTN terbaik dan favorit banyak pelajar di Indonesia.

UGM memiliki beberapa jurusan yang menjadi favorit calon mahasiswa dengan peminat yang lebih banyak dibandingkan beberapa jurusan lainnya di SBMPTN. Berdasarkan laman LTMPT jalur SBMPTN, di kelompok Saintek, Kedokteran menjadi jurusan paling diminati di UGM SBMPTN 2021. Sementara, di kelompok Soshum, Psikologi menjadi jurusan paling diminati di UGM SBMPTN 2021.

Yuk simak, selengkapnya di bawah ini jurusan-jurusan UGM yang menjadi favorit calon mahasiswa.

Kelompok Saintek

Farmasi

Peminat jurusan Farmasi UGM SBMPTN tahun 2021 sebesar 2.140 dengan daya tampung tahun 2022 sebanyak 72. Jurusan ini masuk ke dalam Fakultas Farmasi. Prodi ini telah mendapat akreditasi A dari BAN-PT dan LAM-PTKes.

Kedokteran

Peminat jurusan Kedokteran UGM SBMPTN tahun 2021 sebesar 3.666 dengan daya tampung tahun 2022 sebanyak 53. Jurusan ini masuk ke dalam Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan. Jurusan ini menerapkan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) sesuai SKDI yang berlaku nasional dpadukan dengan strategi Belajar Berdasarkan Masalah (BBM) atau Problem Based Learning (PBL). Hal ini menjadikan lulusan Kedokteran UGM memiliki kompetensi dengan standar internasional sebagai dokter umum.

Ilmu Keperawatan

Peminat jurusan Ilmu Keperawatan UGM SBMPTN tahun 2021 sebesar  1.065 dengan daya tampung tahun 2022 sebanyak 36. Jurusan ini masuk ke dalam Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan. Jurusan ini telah terakreditasi A oleh LAM-PTKes dan sertifikasi Asian University Networks Quality Assurance (AUN QA). Mahasiswa di jurusan ini berkesempatan mengikuti program pertukaran pelajar dengan beasiswa (full/partial scholarships).

Gizi Kesehatan

Peminat jurusan Gizi Kesehatan UGM SBMPTN tahun 2021 sebesar 1.203 dengan daya tampung tahun 2022 sebanyak 30. Jurusan ini masuk ke dalam Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan. Prodi Gizi Kesehatan menggunakan sistem Student Center Learning (SCL) dalam proses pembelajarannya.

Kedokteran Gigi

Peminat jurusan Kedokteran Gigi UGM SBMPTN tahun 2021 sebesar 1.200 dengan daya tampung tahun 2022 sebanyak 45. Jurusan ini masuk ke dalam Fakultas Kedokteran Gigi. Prodi ini telah terakreditasi A dan tersertifikasi ASEAN University Network (AUN). Lulusan jurusan ini diarahkan untuk menjadi problem solver yang berorientasi kerohanian, nasional, demokrasi, kerakyatan (kemasyarakatan) dan kekeluargaan.

Ilmu Komputer

Peminat jurusan Ilmu Komputer UGM SBMPTN tahun 2021 sebesar 1.150 dengan daya tampung tahun 2022 sebanyak 24. Jurusan ini merupakan salah satu jurusan di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Prodi ini menawarkan kesempatan bagi mahasiswa untuk belajar dan memperoleh gelar sarjana di bidang Ilmu Komputer dengan kurikulum berstandar internasional dan sangat baik.

Arsitektur

Peminat jurusan Arsitektur UGM SBMPTN tahun 2021 sebesar 1.076 dengan daya tampung tahun 2022 sebanyak 24. Jurusan ini masuk ke dalam Fakultas Teknik. Konsep kurikulum prodi ini adalah BASIC SKILL+PLUS, yaitu kurikulum yang memberikan kompetensi dasar merancang bagi sarjana arsitektur serta membangun minat sebagai nilai tambah lain.

Basic Skills diperoleh melalui mata kuliah sampai dengan semester 5, sedangkan Plus Skills dikembangkan dan diperdalam di semester 6 & 7. Metode pembelajaran dilaksanakan melalui kuliah di kelas dan kegiatan merancang di ruang studi dan workshop model.

Teknik Sipil

Peminat jurusan Teknik Sipil UGM SBMPTN tahun 2021 sebesar 1.365 dengan daya tampung tahun 2022 sebanyak 54. Jurusan ini merupakan salah satu jurusan di Fakultas Teknik. Teknik Sipil terakreditasi Unggul dari BAN-PT, IABEE, dan akreditasi internasional ABET. Prodi ini juga memiliki 7 laboratorium untuk praktikum dan mendukung perkuliahan serta penelitian Tugas Akhir.

Teknik Industri

Peminat jurusan Teknik Industri UGM SBMPTN tahun 2021 sebesar 1.037 dengan daya tampung tahun 2022 sebanyak 33. Jurusan ini masuk ke dalam Fakultas Teknik dan telah terakreditasi Unggul oleh BAN-PT. Lulusan prodi ini memiliki kompetensi di bidang rekayasa dan pengelolaan industri, mampu merancang, menginstalasi, menjalankan, dan mengembangkan sistem-sistem integral yang terdiri dari manusia, mesin, bahan, energi, dan informasi.

Teknologi Informasi

Peminat jurusan Teknologi Informasi UGM SBMPTN tahun 2021 sebesar 1.270 dengan daya tampung tahun 2022 sebanyak 33. Jurusan ini masuk ke dalam Fakultas Teknik. Prodi ini berkomitmen untuk mencapai lulusan sarjana teknik di bidang teknik informasi yang difasilitasi oleh teknologi. Prodi ini berfokus untuk menghasilkan lulusan yang berperan sebagai agen perusahaan di bidang rekayasa perangkat lunak dan perangkat keras.

Baca juga 8 Jurusan Favorit di Unair, Banyak Diminati di SNMPTN

Kelompok Soshum

Manajemen

Peminat jurusan Manajemen UGM SBMPTN tahun 2021 sebesar 3.050 dengan daya tampung tahun 2022 sebanyak 40. Jurusan ini masuk ke dalam Fakultas Ekonomika dan Bisnis. Lulusan jurusan ini nantinya akan mendapat gelar Sarjana Ekonomi (S.E.).

Lulusan prodi ini nantinya akan menguasai 4 kompetensi utama di bidang manajemen, antara lain Pengembangan Proses Bisnis dan Inovasi, Penemuan, Penciptaan dan Pengantaran Nilai Pelanggan, Pengelolaan Keuangan Berbasis Nilai, dan Memimpin Perubahan.

Akuntansi

Peminat jurusan Akuntansi UGM SBMPTN tahun 2021 sebesar 2.104 dengan daya tampung tahun 2022 sebanyak 45. Jurusan ini masuk ke dalam Fakultas Ekonomika dan Bisnis. Lulusan prodi ini nantinya akan mendapat gelar Sarjana Ekonomi (S.E.). Mahasiswa prodi ini dididik untuk menguasai sistem informasi akuntansi dan teknologi, pengauditan, akuntansi keuangan, manajemen, dan publik.

Hukum

Peminat jurusan Hukum UGM SBMPTN tahun 2021 sebesar 3.542 dengan daya tampung tahun 2022 sebanyak 100. Jurusan ini masuk ke dalam Fakultas Hukum. Lulusan prodi ini nantinya akan ditargetkan menguasai salah satu dari 13 konsentrasi yaitu Hukum Tata Negara, Hukum Administrasi Negara, Hukum Pajak, Hukum Lingkungan, Hukum Agraria, Hukum Adat, Hukum Perdata, Hukum Ketenagakerjaan, Hukum Dagang, Hukum Pidana, Hukum Internasional, Hukum Islam, dan Hukum Acara.

Bahasa dan Kebudayaan Korea

Peminat jurusan Bahasa dan Kebudayaan Korea UGM SBMPTN tahun 2021 sebesar 1.054 dengan daya tampung tahun 2022 sebanyak 20. Jurusan ini masuk ke dalam Fakultas Ilmu Budaya. Mahasiswa di jurusan ini akan memiliki kemampuan berbahasa Korea, baik lisan maupun tulisan yang disertai dengan wawasan tentang budaya dan sosial ekonomi Korea.

Ilmu Hubungan Internasional

Peminat jurusan Ilmu Hubungan Internasional UGM SBMPTN tahun 2021 sebesar 1.829 dengan daya tampung tahun 2022 sebanyak 24. Jurusan ini masuk ke dalam Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Ilmu Hubungan Internasional UGM adalah institusi tertua yang mengajarkan ilmu Hubungan Internasional di Indonesia.

Ilmu Komunikasi

Peminat jurusan Ilmu Komunikasi UGM SBMPTN tahun 2021 sebesar 1.869 dengan daya tampung tahun 2022 sebanyak 23. Jurusan ini masuk ke dalam Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Lulusan prodi ini akan menguasai salah satu dari 3 bidang konsentrasi, yaitu Konsentrasi Media, Konsentrasi Sistem Penunjang Media, dan Konsentrasi Perspektif Media.

Psikologi

Peminat jurusan Psikologi UGM SBMPTN tahun 2021 sebesar 4.202 dengan daya tampung tahun 2022 sebanyak 69. Jurusan ini masuk ke dalam Fakultas Psikologi. Prodi ini telah terakreditasi A oleh BAN-PT. Di jurusan Psikologi UGM, terdapat 2 program yang diselenggarakan yaitu program regular dan program internasional (IUP).

Bagi kamu yang ingin melanjutkan studi di UGM, simak Ini Dia 17 Jurusan Terfavorit di SBMPTN UGM di atas ya. Semoga bermanfaat!


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…