Berbagai Program Internasional di Universitas Pertamina

Berbagai Program Internasional di Universitas Pertamina

Universitas Pertamina memiliki berbagai program internasional yang bisa kamu jadikan pilihan. Universitas ini juga memiliki banyak mitra perguruan tinggi, baik dalam negeri maupun mancanegara. Kamu tertarik untuk mengikuti salah satu programnya? Yuk, simak selengkapnya di sini!

Informasi PMB Universitas Ciputra Surabaya Tahun 2023/2024

Informasi PMB Universitas Ciputra Surabaya Tahun 2023/2024

Universitas Ciputra Surabaya membuka penerimaan mahasiswa baru. Jalur pendaftaran yang dibuka terdiri dari Jalur Reguler, Jalur Sekolah Kerjasama, dan Jalur Undangan Prestasi. Bagi kamu yang ingin mendaftar, simak infonya di sini!

Berbagai Beasiswa di Universitas Budi Luhur Tahun 2022

Berbagai Beasiswa di Universitas Budi Luhur Tahun 2022

Universitas Budi Luhur menyediakan beberapa beasiswa dan hanya berlaku di Kelas Reguler S1/D3. Beasiswa di Universitas Budi Luhur berikut ini merupakan beasiswa di tahun 2022, yuk, simak informasi selengkapnya di sini!

Inilah Beberapa PTN yang Membuka Jurusan Manajemen

oleh | Agu 13, 2022 | Blog, Jurusan Kuliah, PTN | 0 Komentar

PTN yang Membuka Jurusan Manajemen – Jurusan Manajemen merupakan pilihan jurusan Soshum yang banyak diambil mahasiswa. Jurusan ini selalu diminati dan termasuk prodi terketat di setiap perguruan tinggi. Ada banyak perguruan tinggi yang membuka jurusan ini, baik PTN maupun PTS.

Ilmu di jurusan ini erat kaitannya dengan ilmu ekonomi dan bisnis. Jurusan ini banyak peminatnya karena prospek kerja yang luas serta lulusannya sangat dibutuhkan di berbagai bidang. Hal ini tidak heran, prodi ini banyak menjadi incaran calon mahasiswa.

Kamu tertarik untuk melanjutkan studi di Manajemen? Yuk, simak beberapa PTN yang membuka jurusan Manajemen berikut ini.

Universitas Indonesia (UI)

Prodi S1 Manajemen sebagai bagian dari Departemen Manajemen, Fakultas Ekonomi UI. Prodi ini telah terakreditasi A oleh BAN-PT. Kurikulum 2016 dan 2020 Manajemen UI menargetkan mahasiswa bisa menyelesaikan perkuliahan dengan mengambil minimal 144 SKS dalam waktu 8 semester.

Bagi mahasiswa yang mengikuti Kurikulum 2020 (angkatan 2020 dan selanjutnya), wajib menyelesaikan minimal 144 SKS yang terdiri dari 110 SKS mata kuliah wajib, 6 SKS tugas akhir, dan 34 SKS mata kuliah pilihan.

Institut Teknologi Bandung (ITB)

Program Studi Sarjana Manajemen ITB masuk ke dalam Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM). Di tahun terakhir perkuliahan, mahasiswa akan memilih major dalam bidang bisnis manajemen, bidangnya antara lain Pemasaran, Keuangan, Sumber Daya Manusia, dan Operasi. Alumni SBM ITB memiliki prospek kerja yang sangat luas, antara lain: entrepreneur, konsultan, bidang keuangan, industri jasa maupun manufaktur.

Universitas Gadjah Mada (UGM)

Program sarjana Manajemen UGM masuk ke dalam Fakultas Ekonomika dan Bisnis. Lulusan prodi ini nantinya akan mendapat gelar S.E. (Sarjana Ekonomi). Prodi ini telah terakreditasi A oleh BAN-PT serta juga terakreditasi internasional oleh AACSB untuk Sekolah Bisnis.

Lulusan prodi di UGM ini menguasai 4 kompetensi utama di bidang manajemen, yaitu Pengembangan Proses Bisnis dan Inovasi, Penemuan, Penciptaan dan Pengantaran Nilai Pelanggan, Pengelolaan Keuangan Berbasis Nilai, dan Memimpin Perubahan. Jumlah SKS yang harus ditempuh mahasiswa prodi ini adalah 144 SKS (96 SKS wajib dan 48 SKS pilihan).

Universitas Airlangga (UNAIR)

Jurusan Manajemen Unair masuk ke dalam Fakultas Ekonomi & Bisnis. Prodi ini memiliki visi yaitu menjadi program studi S1 Manajemen yang inovatif, terkemuka di tingkat nasional dan internasional berdasarkan moral agama. Mata kuliah yang dipelajari di Manajemen Unair antara lain Akuntansi Dasar, Pengantar Teori Ekonomi, Pengantar Manajemen, Kewirausahaan, Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran, Manajemen Sumber Daya Manusia, dan masih banyak lainnya.

Baca juga Mengenal Manajemen, Program Studi Terketat di SNMPTN 2021

Universitas Padjadjaran (UNPAD)

Jurusan Manajemen Unpad masuk ke dalam Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB). Lulusan ini nantinya akan mendapat gelar Sarjana Ekonomi (S.E.). Prodi ini telah terakreditasi A oleh BAN-PT. Lokasi kampus jurusan Manajemen berada di Kampus Unpad Jatinangor.

Universitas Diponegoro (UNDIP)

Jurusan Manajemen Undip masuk ke dalam Fakultas Ekonomika & Bisnis. Untuk memenuhi tuntutan kompetisi global saat ini pada tahun 2016, Departemen Manajemen Undip membuka kelas internasional yaitu international business. Kelas ini menawarkan program single degree (regular) dan program double degree. Mata kuliah yang ada di Manajemen Undip antara lain Pengantar Manajemen, Pengantar Bisnis, Matematika Bisnis, Pengantar Akuntansi, Manajemen Keuangan, Statistika Bisnis, Kewirausahaan, dan lainnya.

Universitas Andalas (UNAND)

Manajemen Unand masuk ke dalam Departemen Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Prodi Manajemen telah didirikan sejak Fakultas Ekonomi Unand didirikan. Prodi ini telah terakreditasi A oleh BAN-PT. Jumlah SKS yang harus ditempuh mahasiswa prodi ini adalah minimum 144 SKS. Peminatan di Manajemen Unand, antara lain:

  • Manajemen Keuangan
  • Manajemen Pemasaran
  • Manajemen Sumber Daya Manusia
  • Manajemen Stratejik
  • Kewirausahaan

Universitas Brawijaya (UB)

Jurusan Manajemen UB masuk ke dalam Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Pada saat ini, jurusan Manajemen UB memiliki beberapa bidang konsentrasi keilmuan, yaitu Bidang Manajemen Pemasaran, Manajemen Keuangan, Manajemen Operasional, Manajemen Strategi, dan Manajemen Sumber Daya Manusia. Manajemen UB merupakan salah satu jurusan yang memiliki peminat yang banyak.

IPB University

Jurusan Manajemen IPB masuk ke dalam Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi dan Manajemen. Saat ini di Departemen Manajemen mempunyai 4 divisi dalam pengembangan keilmuan antara lain Divisi Manajemen Pemasaran, Manajemen Keuangan, Manajemen Produksi dan Operasi serta Manajemen Sumber Daya Manusia dan Organisasi. Manajemen menjadi salah satu departemen yang masuk ke dalam kategori 5 besar peminat terbanyak di IPB.

Universitas Sebelas Maret (UNS)

Manajemen UNS masuk ke dalam Fakultas Ekonomi dan Bisnis dan telah terakreditasi A oleh BAN-PT. Kurikulum prodi S1 Manajemen UNS didesain dengan memasukkan mata kuliah yang menunjang keunggulan nasional seperti Kewirausahaan, PSM (Praktik Simulasi Manajerial), dan KKM (Mata Kuliah Magang), serta Keunggulan Internasional seperti Strategi Pemasaran Global, Manajemen Keuangan Internasional, dan Manajemen Sumber Daya Manusia Internasional, serta Bisnis Internasional.

Kurikulum Prodi S1 Manajemen UNS juga menawarkan mata kuliah Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris derta Komunikasi Bisnis yang bersifat wajib bagi semua mahasiswa. Hampir semua referensi yang dipakai adalah buku berbahasa asing dalam rangka menunjang kemampuan mahasiswa berbahasa Inggris. Beberapa kelas juga telah dikembangkan bilingual dan full berbahasa Inggris.

Universitas Negeri Malang (UNM)

Jurusan Manajemen UNM masuk ke dalam Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Prodi Manajemen sebagai salah satu prodi favorit di UNM. Mata kuliahnya antara lain Pengantar Ilmu Ekonomi, Pengantar Manajemen, Pengantar Akuntansi, Pengantar Bisnis, Kewirausahaan, Manajemen Pemasaran, Manajemen Keuangan, Manajemen SDM, Manajemen Perbankan, Statistik, Perpajakan, dan lainnya.

Inilah Beberapa PTN yang Membuka Jurusan Manajemen. Semoga artikel di atas membantu kamu yang sedang mencari universitas negeri yang membuka jurusan Manajemen.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…