Jadi Jurusan Langka di Indonesia, Ini 3 Universitas Jurusan Kriminologi yang Bisa Kamu Coba

oleh | Jan 3, 2024 | Blog, Jurusan Kuliah, PTN, PTS | 0 Komentar

Universitas Jurusan Kriminologi – Jurusan kriminologi menjadi aspek ilmu yang akan mempelajari mengenai kejahatan, mulai dari penelitian mengenai jenis, penyebab, hingga pengendalian kejahatan yang ada. Kamu juga akan diajarkan teknik-teknik penyelidikan. Mulai dari mempelajari rekam sidik jari, reka ulang perkara, olah TKP (tempat kejadian perkara), bahkan jejak darah dari sebuah peristiwa tindak kriminal.

Mempelajari ilmu kriminologi berarti juga akan berhubungan dengan ilmu-ilmu lainnya seperti sosiologi, psikologi, psikiatri, ekonomi, sejarah, biologi, geografi, antropologi, filsafat, politik, hukum, dan bahkan ilmu jurnalistik.

Prospek Kerja Lulusan Jurusan Kriminologi

Prospek kerja lulusan jurusan kriminologi ini juga masih terbilang tinggi karena belum banyak alumni dari jurusan langka ini di Indonesia. Para alumni jurusan ini nantinya akan dibutuhkan di bidang Kepolisian, Kejaksaan, dan juga Pengadilan. Beberapa lembaga pemerintahan yang berkaitan dengan hal-hal berbau kriminal juga banyak membutuhkan, seperti:

Baca juga: Bingung Mau Melanjutkan Spesialis Apa? Ini Pilihan Dokter Spesialis yang Banyak Dibutuhkan

  • Badan Intelijen Negara (BIN)
  • Badan Narkotika Nasional (BNN)
  • Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT)
  • Kementerian Hukum dan HAM
  • Komisi Nasional Anti Kekerasan Terhadap Perempuan (Komnas Perempuan)
  • Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM)
  • Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)

Beberapa pilihan karir yang bisa kamu geluti: Kriminolog, Jurnalis, Analis data, Intelijen, Peneliti, Konsultan, dan juga Dosen.

3 Pilihan Universitas Jurusan Kriminologi

Sampai sekarang ini, di Indonesia baru tersedia 3 pilihan kampus yang menawarkan program studi atau jurusan kriminologi ini. Padahal peminatnya sudah semakin membludak melihat prospek karir yang masih sangat dibutuhkan dan sangat menjanjikan. Nah, berikut 3 pilihan kampusnya:

1.    Universitas Indonesia

Jurusan ini berada di Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik, dan sudah terakreditasi A dari BAN-PT dengan berdasar pada Surat Keputusan Nomor 725/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2017. Mahasiswanya akan diajarkan untuk meguasai dasar-dasar ilmiah dan pengetahuan serta metodologi kriminologi supaya bisa merumuskan kebijakan pencegahan dan juga cara menanggulanginya dalam masalah sosial.

Nah, Universitas Indonesia juga menyediakan 3 jenjang studi, mulai dari S1, S2 sampai dengan S3 Kriminologi. Jadi nantinya lulusannya bisa langsung melanjutkan di UI untuk mendapatkan gelar magister sampai dengan doktor.

2.    Universitas Islam Riau

Selanjutnya ada juga di Universitas Islam Riau (UIR) yang merupakan salah satu perguruan tinggi swasta terbaik di Riau yang sudah menyediakan program pendidikan sampai dengan doktor. Program Studi Kriminologi (S-1) di Universitas Islam Riau sudah terakreditasi B berdasarkan Keputusan BAN-PT No. 179/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/S/I/2021 yang berlaku sampai 2025 nanti. Prodi ini masuk dalam fakultas Ilmu Sosial dan Politik.

3.    Universitas Budi Luhur

Universitas Budi Luhur merupakan perguruan tinggi swasta yang terletak di Jl. Ciledug Raya, RT 10/RW 2, Petukangan Utara, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Kampus ini sudah masuk dalam peringkat 30 besar kampus terbaik versi UniRank 2023.

Nah, untuk mahasiswa dengan program studi Kriminologi di Universitas Budi Luhur, akan mendapatkan pendidikan Cyber Crime yang menerapkan aspek pengamanan siber, jaringan komputer, dan informasi. Lulusannya akan memiliki kemampuan untuk mengkaji konsep-konsep teknis terkait pembuatan kode rahasia (encryption), mendeteksi penyusup pada sebuah system dan kejahatan cyber lainnya. Jadi lulusannya sudah dibekali pengenalan metode, teknik pertahanan, dan tindakan perlawanannya.

Kemudian ada juga program Crime Journalism Investigation yang menekankan pada jurnalistik, yakni peliputan peristiwa kejahatan. Jadi lulusannya sudah dibekali pengetahuan dan juga keterampilan dalam mengolah data melalui teknik investigasi untuk mengupas fakta kriminal, serta nantinya bisa melaporkan kepada publik dalam bentuk berita.

Nah dari 3 pilihan universitas jurusan kriminologi di atas, kamu tertarik melanjutkan di kampus mana? Pastikan untuk memikirkannya dengan matang karena tantangannya pun pasti akan berat. Semoga sukses!


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTNKedokteranSekolah KedinasanIUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

4 Skill Dokter Umum yang Wajib Dikuasai

4 Skill Dokter Umum yang Wajib Dikuasai

Dokter umum akan menjalani proses pendidikan panjang untuk memantapkan keterampilan dalam menangani pasien. Berikut beberapa skill dokter umum yang wajib dikuasai.