Bingung Mau Melanjutkan Spesialis Apa? Ini Pilihan Dokter Spesialis yang Banyak Dibutuhkan

by | Dec 29, 2023 | Blog, Jurusan Kuliah, Kedokteran | 0 comments

Dokter Spesialis yang Banyak Dibutuhkan – Profesi dokter sampai kapanpun akan selalu dibutuhkan untuk menangani masalah-masalah kesehatan masyarakat. Sama seperti penyakit yang banyak sekali jenisnya, profesi dokter juga terbagi lagi menjadi banyak pilihan untuk berfokus pada satu masalah kesehatan. Dokter ini disebut dengan dokter spesialis.

Nah, dari banyaknya masalah kesehatan yang selalu bermunculan, kira-kira apa saja dokter spesialis yang banyak dibutuhkan masyarakat?

Dokter Spesialis yang Banyak Dibutuhkan

Semakin berkembangnya zaman, semakin berkembang pula bidang-bidang keilmuan baru. Seperti dokter yang juga sudah menyediakan banyak bidang spesialis dan berfokus pada masing-masing masalah kesehatan. Berikut beberapa pilihan dokter spesialis yang banyak dibutuhkan di masyarakat:

1.    Dokter Anak

Dokter anak ditugaskan untuk menangani bayi, balita, sampai dengan remaja. Fokusnya pada kesehatan fisik, mental dan termasuk juga kesehatan emosional anak usia 0-18 tahun. Tugas utamanya adalah diagnosis dan melakukan pengobatan bagi anak untuk penyakit ringan, akut, dan kronis. 

Baca juga: Mau Daftar Kedinasan IPDN? Cek Persyaratan IPDN Berikut!

Dokter anak akan melakukan pemeriksaan dan penanganan seputar masalah kesehatan fisik atau gangguan mental, seperti kecemasan, depresi, atau gangguan tumbuh kembang lainnya. Selain itu beberapa keluhan lainnya bisa seputar masalah kesehatan anak, seperti difteri, infeksi saluran pernapasan, alergi, infeksi telinga, malnutrisi, sampai dengan kanker.

2.    Kardiologi

Dokter kardiologi adalah spesialis yang menangani penyakit yang mempengaruhi jantung dan pembuluh darah. Tugasnya adalah menangani masalah tekanan darah tinggi, serangan jantung serta masalah jantung lainnya. Dokter akan melakukan tes seperti elektrokardiogram untuk mencapai diagnosis yang tepat dan melakukan prosedur medis yang berhubungan dengan penyakit kardiovaskular.

3.    Psikiatri

Psikiatri merupakan dokter yang menangani masalah gangguan jiwa, emosional, hingga perilaku. Tugasnya untuk menangani kesehatan mental pasien serta meresepkan obat dan tes lab mengenai masalah tersebut. Saat ini masalah kesehatan mental semakin marak terjadi dan jadi hal kritis, maka dari itu prikiatri atau dokter kejiwaan juga semakin dibutuhkan.

4.    Penyakit Dalam

Dokter spesialis penyakit dalam bertugas menangani semua jenis penyakit dalam, seperti masalah jantung, ginjal, hati dan paru-paru. Organ-organ ini sangat vital dan dokter tidak bisa mendiagnosa dengan mata telanjang alias sering membutuhkan pemeriksaan lebih mendalam.

Rata-rata yang membutuhkan penanganan merupakan pasien usia dewasa dengan kondisi medis yang kompleks, penyakit yang kronis dan juga kombinasi dari berbagai penyakit yang perlu ditangani.

5.    Obstetri/Ginekologi

Obstetri merupakan ilmu kedokteran yang khusus mempelajari kehamilan dan persalinan. Masalah ini juga berarti akan termasuk proses sebelum persalinan, selama persalinan, dan juga sesudah persalinan. Sementara, ginekologi sendiri adalah ilmu kedokteran yang fokus mempelajari masalah reproduksi wanita, seperti vagina, rahim, ovarium, dan tuba falopi.

Kedua konteks ini masih dalam satu tema yakni Obgyn. Jadi dokter obgyn ini nantinya akan menangani masalah menstruasi dan kesuburan, penyakit infeksi menular seksual (IMS), gangguan hormon, sampai dengan melakukan prosedur medis pada organ panggul dan saluran kemih. 

6.    Neurologi

Selanjutnya ada dokter spesialis neurologi yang menangani masalah kesehatan otak dan sistem saraf. Untuk jenis penyakit yang biasa ditangani seperti stroke, epilepsi, Alzheimer, Parkinson, dan penyakit otak atau saraf lainnya.  Dokter neurologi juga biasanya berkolaborasi dengan dokter bedah otak untuk menangani pasien yang butuh tindakan operasi dengan prosedur tertentu.

Jadi itu dia 6 dokter spesialis yang banyak dibutuhkan sekarang ini. Kamu rencana mau jadi dokter spesialis apa?


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTNKedokteranSekolah KedinasanIUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Baca Juga Yang Lainnya…

Raih Impian Masuk Kampus Pilihanmu Bersama Indonesia College. Tersedia Bimbingan Khusus PTN dan Sekolah Kedinasan