6 List Wajib Resolusi Tahun Baru untuk Calon Mahasiswa

by | Dec 30, 2023 | Blog, Tips | 0 comments

Resolusi Tahun Baru – Pergantian tahun adalah momen untuk merenungkan perjalanan yang telah dilalui dan menatap masa depan dengan harapan baru. Resolusi Tahun Baru menjadi sebuah ritual yang bisa menginspirasi kita untuk melakukan perubahan positif dalam hidup.

Walaupun seringkali daftar yang dibuat tidak bisa selalu tercapai, tapi menyiapkan semangat untuk memperbaiki kualitas diri harus selalu ada. Contohnya seperti untuk mengejar impian dengan tekad yang kuat. Nah, buat kamu yang masih bingung harus membuat daftar resolusi apa saja yang akan dibuat di pergantian tahun ini, coba simak artikel ini sampai habis, yuk!

6 List Resolusi Tahun Baru

Sebenarnya resolusi setiap orang pasti berbeda-beda, karena tidak semua orang punya cita-cita yang sama. Namun, mungkin list ini bisa jadi referensi buat kamu yang masih bingung dan belum ada gambaran ke depannya.

1.    Belajar Hal Baru

Belajar hal baru membuka pintu untuk pertumbuhan pribadi yang tidak terbatas. Ini jadi kesempatan untuk memperluas wawasan, mengasah keterampilan, dan juga memperkaya pengalaman hidup kamu. Dengan setiap pengetahuan baru yang diperoleh, kamu memberi kesempatan untuk berkembang menjadi versi yang lebih baik dari diri kamu yang sebelumnya.

Konteks “belajar hal baru” ini juga sangat luas. Yang pasti, kamu bisa mencoba mengenal hal-hal yang belum pernah kamu tau sebelumnya. Contohnya belajar menanam tanaman dan berkebun, atau hal-hal lainnya.

Baca juga: Bingung Mau Melanjutkan Spesialis Apa? Ini Pilihan Dokter Spesialis yang Banyak Dibutuhkan

2.    Lebih Mengenal Diri Sendiri

Resolusi ini biasanya dianggap sepele, tapi nyatanya masih banyak sekali orang yang belum mengenal diri mereka sendiri, lho. Biasanya orang-orang yang belum kenal diri sendiri suka plin-plan dalam memutuskan sesuatu, dan tidak tau maunya apa. Hal ini bisa sangat berdampak ke diri sendiri karena merasa tidak berambisi dan tidak puas pada keputusan yang diambil.

Jadi resolusi ini jadi resolusi wajib kamu, ya! Caranya kamu bisa mulai dengan evaluasi diri dengan mendengar pendapat orang lain tentang kamu. Dengan begitu, kamu bisa melihat kamu “yang sebenarnya”.

3.    Memperdalam Skill

Nah dengan mengenal diri sendiri juga nantinya kamu jadi bisa mengetahui minat dan kemampuan kamu ada di bidang apa, lho. Kalau kamu merasa memiliki potensi dalam bidang bahasa, sebaiknya kamu bisa memperdalam kemampuan itu dengan belajar otodidak atau ikut kursus.

Dengan skill, kamu bisa melihat masa depan kamu dengan lebih baik. Kamu mungkin bisa memantapkan diri untuk masuk jurusan yang sesuai dengan skill, bahkan berkarir dengan skill yang kamu miliki. Biasanya kalau orang mengerjakan sesuatu sesuai dengan apa yang mereka kuasai dan mereka suka, mereka juga akan enjoy melakukannya.

4.    Masuk PTN Favorit

Kembali lagi ke poin bahwa kamu adalah calon mahasiswa yang sedang berjuang masuk perguruan tinggi negeri impian kamu. Kamu juga bisa masukkan ini ke list resolusi yang bisa kamu seriusi. Dengan begitu, kamu bisa jauh lebih bersemangat karena kamu selalu mengingat dan berambisi untuk mencapai tujuan itu. Nah, yang terpenting adalah usahanya, jadi tidak cuma sekedar semangat dan niat saja, ya!

Kalau kamu mengidam-idamkan masuk UGM, jangan lupa untuk cari tau bagaimana seleksinya, berapa besar peluang lolosnya, bagaimana tingkat persaingannya, dan jangan lupa untuk belajar ekstra dengan ikut bimbel misalnya.

5.    Hidup Lebih Sehat

Karena setahun itu bukan waktu yang sebentar, kamu juga harus mengingat kondisi kesehatan tubuh kamu. Karena dalam mencapai resolusi juga butuh usaha, kamu juga harus punya kesehatan tubuh yang prima supaya bisa menikmati prosesnya dengan baik.

Untuk hidup sehat, kamu bisa memperhatikan asupan makanan kamu. Perbanyak makan sayur, buah, protein, dan banyak lagi nutrisi lain yang harus terpenuhi. Kamu juga harus mengelola jadwal tidur, serta bisa berolahraga ringan setiap hari atau minimal seminggu 2-3 kali.

6.    Perbanyak Relasi

Jadi calon mahasiswa, kenalan dengan banyak orang di kampus bisa jadi kunci buat mendapatkan pengalaman kuliah yang lebih seru. Siapa tau dari sana bisa menemukan teman diskusi, partner mengerjakan tugas, atau bahkan mentor keren yang bisa sangat membantu dalam perjalanan studimu. Tidak jarang juga yang bisa menemukan relasi bagus dan bisa mengantarkan ke karir yang bagus juga.

Meskipun terkadang terlewat atau berubah pikiran, yang terpenting adalah kamu bisa terus bergerak maju, mengambil langkah kecil yang membawa perubahan untuk mewujudkan apa yang kamu inginkan. Jadi apakah kamu sudah bisa menentukan daftar resolusi yang pas?


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTNKedokteranSekolah KedinasanIUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Baca Juga Yang Lainnya…

Raih Impian Masuk Kampus Pilihanmu Bersama Indonesia College. Tersedia Bimbingan Khusus PTN dan Sekolah Kedinasan