Yuk, Mengenal Lebih Jauh Program IISMA dan Pendaftarannya

Yuk, Mengenal Lebih Jauh Program IISMA dan Pendaftarannya

Kampus Merdeka mempunyai beberapa program, salah satunya yaitu program IISMA. Program ini merupakan program pertukaran dengan universitas lain dari seluruh dunia untuk bertukar budaya. Yuk, simak lebih lengkap mengenai program IISMA di sini!

Yuk! Mengenal Gerakan Indonesia Mengajar dan Programnya

Yuk! Mengenal Gerakan Indonesia Mengajar dan Programnya

Gerakan Indonesia Mengajar (IM) merupakan inisiatif masyarakat yang berani memajukan pendidikan mulai dari pelosok Indonesia. Kamu tertarik untuk ikut? Yuk, simak info selengkapnya mengenai Indonesia Mengajar di sini!

Informasi Lengkap Pendaftaran Beasiswa Merdeka Pendidikan

Informasi Lengkap Pendaftaran Beasiswa Merdeka Pendidikan

Beasiswa Merdeka Pendidikan merupakan program persembahan dari Kitabisa dengan membantu pelajar (SMA/SMK dan mahasiswa) aktif yang membutuhkan biaya pendidikan tambahan. Kamu tertarik untuk ikut? Yuk, simak informasi selengkapnya di sini!

Mengenal Jurusan Arkeologi: Info Kuliah, Mata Kuliah, Daftar Kampus hingga Prospek Kerja

oleh | Jun 11, 2022 | Blog, Jurusan Kuliah, Mata Kuliah, Prospek Kerja | 0 Komentar

Mengenal jurusan arkeologi – Beberapa waktu lalu sedang ramai mengenai kenaikan tiket masuk ke Candi Borobudur dengan harga yang cukup fantastis untuk mencegah wisatawan menaiki area stupa. Sebagai salah satu cagar budaya bersejarah di Indonesia, Candi Borobudur sudah sewajarnya dijaga dan dirawat ekstra agar tidak rusak bahkan runtuh karena merupakan bukti sejarah yang banyak menyimpan cerita. Sejarah dan cerita-cerita di balik bangunan atau benda ini menjadi surga bagi para arkeolog untuk menemukan peninggalan sejarah di dalamnya.

Ya, arkeolog merupakan profesi yang menekuni hal ini untuk menemukan dan mengungkap kisah yang tersimpan di masa lampau melalui temuan-temuan di berbagai belahan dunia. Menarik sekali bukan? Meskipun masih jarang terdengar di Indonesia, bidang arkeologi ini sangat menarik untuk ditekuni.

Ingin menjadi arkeolog dan mempelajari bidang ini lebih dalam? Simak dahulu informasi mengenai jurusan arkeologi di bawah ini, ya!

Kenalan dengan jurusan arkeologi

Arkeologi merupakan jurusan yang akan selalu bersinggungan dengan sejarah, terutama berkaitan dengan sumber-sumber primer dari masa lampau. Banyak sekali misteri dan kisah yang belum terungkap mengenai peradaban di masa lalu baik di era prasejarah hingga kerajaan kuno. Oleh, karena itu jurusan arkeologi hadir untuk menemukan dan merangkai kisah-kisah tersebut dari sisa-sisa peradaban yang ditemukan.

Jika kamu adalah orang dengan rasa ingin tahu yang tinggi, jurusan ini tentunya akan cocok untuk kamu. Berbagai fakta baru dari masa lalu dapat kamu temukan melalui bidang arkeologi. Kamu juga berkesempatan datang ke berbagai tempat untuk menemukan bukti-bukti sejarah yang sebelumnya tidak diketahui.

Baca juga: Tertarik Kuliah di Sosiologi? Yuk, Cek Mata Kuliahnya di Sini!

Mata Kuliah

Tidak hanya berkutat dengan teori atau cerita sejarah, dengan berkuliah di jurusan arkeologi kamu juga akan banyak dikenalkan dengan berbagai metode yang dibutuhkan untuk menganalisis artefak hingga benda-benda bersejarah lainnya. Penasaran di arkeologi akan belajar apa saja? Berikut mata kuliah yang akan ditemui di jurusan arkeologi:

  • Pengantar Arkeologi
  • Pengantar Museologi
  • Pengantar Arkeologi Tekstual
  • Pengantar Teori Arkeologi
  • Pengantar Manajemen Sumber Daya Arkeologi
  • Pengantar Filsafat dan Pemikiran Modern
  • Kepurbakalaan Indonesia
  • Metode Arkeologi
  • Metode Ekskavasi
  • Metode Survei Arkeologi
  • Dasar Konservasi dan Restorasi
  • Peradaban Kuno
  • Kebudayaan Indonesia
  • Kerajaan-kerajaan Kuno di Indonesia
  • Ikonografi
  • Epigrafi dan Sejarah Kuno
  • Epigrafi Indonesia
  • Arkeologi Religi
  • Arkeologi Seni
  • Arkeologi Industri
  • Arkeologi Publik
  • Arkeologi Ekologi
  • Arkeologi Sosial
  • Arkeologi Maritim
  • Kajian Koleksi & Tata Pamer Museum
  • Praktikum Arkeologi Laboratorium
  • Praktikum Arkeologi Lapangan
  • Dan masih banyak lagi.

Daftar kampus dengan jurusan arkeologi

Jurusan arkeologi adalah salah satu jurusan yang masih langka di perguruan tinggi Indonesia. Hanya ada 6 kampus melalui Fakultas Ilmu Budaya yang menawarkan program studi arkeologi bagi mahasiswanya. Berikut adalah kampus dengan jurusan arkeologi:

  1. Universitas Indonesia (UI)
  2. Universitas Gadjah Mada (UGM)
  3. Universitas Hasanuddin (UNHAS) 
  4. Universitas Halu Oleo (OHO)
  5. Universitas Jambi (UNJA)
  6. Universitas Udayana (UNUD)

Prospek kerja

Sedikitnya kampus yang membuka jurusan arkeologi di Indonesia menjadikan kesempatan untuk berkarir menjadi arkeolog profesional terbuka lebar bagi sarjana arkeologi. Terlebih masih banyak situs-situs bersejarah yang belum terjamah di berbagai daerah di Indonesia. Beberapa pilihan karir berikut bisa jadi pilihan untuk seorang sarjana arkeologi:

Arkeolog

Profesi ini mungkin yang akan langsung terlintas bagi seorang yang lulus dari jurusan arkeologi.  Kamu bisa bekerja menjadi seorang arkeolog baik di instansi pemerintahan, swasta hingga Non-Governmental Organization (NGO) yang concern terhadap bidang arkeologi. Seorang arkeologi biasanya bertugas untuk meneliti berbagai barang peninggalan seperti artefak, fosil, dokumen dan teks kuno hingga situs-situs bersejarah.

Pengelola museum

Selama kuliah, kamu akan mendapatkan banyak materi mengenai pengelolaan barang bersejarah yang biasanya juga dipertunjukkan di museum. Maka dari itu, berkarir sebagai pengelola museum bisa jadi pilihan yang tepat juga untuk lulusan arkeologi. Nantinya kamu akan mengelola dan merawat barang-barang bersejarah agar dapat ditampilkan kepada pengunjung dengan baik. 

Jurnalis

Lulusan arkeologi juga berkesempatan menjadi seorang jurnalis untuk meliput dan menyajikan informasi mengenai benda, situs bersejarah hingga penemuan terbaru lainnya. Menjadi jurnalis juga memberikan kamu kesempatan untuk travelling mengunjungi berbagai situs bersejarah di berbagai penjuru Indonesia bahkan dunia. 

Pemandu wisata sejarah

Mahasiswa arkeologi selama kuliah akan banyak mempelajari sejarah dan kisah-kisah dari suatu objek bersejarah. Hal ini menjadi kesempatan untuk kamu bisa membagikan cerita-cerita di berbagai situs bersejarah tersebut kepada orang lain, salah satunya dengan menjadi pemandu wisata sejarah. Banyak objek wisata bersejarah yang menarik wisatawan datang untuk mengetahui kisah di baliknya, dan di sinilah kamu akan bertugas. Seru bukan?

Kamu tertarik untuk menjadi seorang arkeolog atau pengelola museum? Jangan ragu untuk berkuliah di bidang ini, ya! Semoga artikel Mengenal Jurusan Arkeologi: Info Kuliah, Mata Kuliah,  Daftar Kampus hingga Prospek Kerja dapat membantu kamu.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Trackbacks/Pingbacks

  1. Mengenal Jurusan Perencanaan Wilayah Dan Kota | LKBB Indonesia college - […] Baca juga Mengenal Jurusan Arkeologi: Info Kuliah, Mata Kuliah, Daftar Kampus hingga Prospek Kerja […]

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Program Praktisi Mengajar merupakan salah satu bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Kemdikbudristek. Yuk, simak selengkapnya mengenai program Praktisi Mengajar di sini!

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

QS Asia University Rankings (QS AUR) merilis daftar perguruan tinggi terbaik di Asia setiap tahunnya. Nah, artikel kali ini akan membahas daftar 15 perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia menurut QS AUR 2023. Apa saja daftarnya? Simak di sini!

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

Kamu sebentar lagi akan lulus sekolah menengah dan bingung akan ambil jurusan apa? Ternyata ada beberapa jurusan yang langka di Indonesia dan bisa kamu jadikan pertimbangan untuk melanjutkan studi. Apa saja daftarnya? Yuk, simak di sini!