Berbagai Program Internasional di Universitas Pertamina

Berbagai Program Internasional di Universitas Pertamina

Universitas Pertamina memiliki berbagai program internasional yang bisa kamu jadikan pilihan. Universitas ini juga memiliki banyak mitra perguruan tinggi, baik dalam negeri maupun mancanegara. Kamu tertarik untuk mengikuti salah satu programnya? Yuk, simak selengkapnya di sini!

Informasi PMB Universitas Ciputra Surabaya Tahun 2023/2024

Informasi PMB Universitas Ciputra Surabaya Tahun 2023/2024

Universitas Ciputra Surabaya membuka penerimaan mahasiswa baru. Jalur pendaftaran yang dibuka terdiri dari Jalur Reguler, Jalur Sekolah Kerjasama, dan Jalur Undangan Prestasi. Bagi kamu yang ingin mendaftar, simak infonya di sini!

Berbagai Beasiswa di Universitas Budi Luhur Tahun 2022

Berbagai Beasiswa di Universitas Budi Luhur Tahun 2022

Universitas Budi Luhur menyediakan beberapa beasiswa dan hanya berlaku di Kelas Reguler S1/D3. Beasiswa di Universitas Budi Luhur berikut ini merupakan beasiswa di tahun 2022, yuk, simak informasi selengkapnya di sini!

Jurusan-Jurusan Favorit di SBMPTN UI Prodi Saintek dan Soshum

oleh | Agu 10, 2022 | Blog, Jurusan Kuliah, PTN | 0 Komentar

Jurusan Favorit di UI – Universitas Indonesia (UI) merupakan salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Tak heran, banyak calon mahasiswa yang berminat untuk kuliah di UI. Kampus yang berada di Depok ini memiliki berbagai jurusan yang menjadi incaran pelajar di SBMPTN.

Masing-masing di kelompok Saintek dan Soshum SBMPTN UI terdapat beberapa jurusan yang yang punya banyak peminat dibanding dengan beberapa jurusan lainnya. Yuk, simak di bawah ini Jurusan-Jurusan Favorit di SBMPTN UI Prodi Saintek dan Soshum.

JURUSAN FAVORIT SBMPTN SAINTEK UI

Pendidikan Dokter

Peminat jurusan Pendidikan Dokter UI tahun 2021 sebesar 2.750 dengan daya tampung tahun 2022 sebesar 54. Jurusan ini masuk ke dalam Fakultas Kedokteran. Prodi Kedokteran hanya dibuka pada program pendidikan S1 Reguler dengan kuota jalur masuk 50% dari jalur SNMPTN, dan 50% dari jalur SBMPTN dan SIMAK-UI.

Kurikulum FKUI terdiri dari tiga tahap, antara lain:

  1. Tahap pertama, general education pada semester 1
  2. Tahap kedua, medical sciences pada semester 2-6
  3. Tahap ketiga, clinical practice pada semester 7-10. Tahap ini dilengkapi dengan masa internship selama 1 tahun.

Farmasi

Peminat jurusan Farmasi UI tahun 2021 sebesar 721 dengan daya tampung tahun 2022 sebanyak 29. Jurusan ini masuk ke dalam Fakultas Farmasi. Prodi Sarjana Fakultas Farmasi mensyaratkan 144-146 SKS yang harus ditempuh mahasiswa.

Prodi Farmasi dibuka di 2 program pendidikan, yaitu sarjana reguler dan sarjana paralel. Jalur masuk untuk kelas sarjana reguler melalui SNMPTN, SBMPTN, dan SIMAK-UI. Sedangkan, untuk kelas paralel melalui SIMAK-UI dan PPKB.

Arsitektur

Peminat jurusan Arsitektur UI tahun 2021 sebesar 727 dengan daya tampung tahun 2022 sebanyak 18. Jurusan ini masuk ke dalam Fakultas Teknik. Misi Departemen Arsitektur FTUI adalah memberikan pendidikan arsitektur berkualitas yang mendorong pengetahuan perancangan, keterampilan yang diperlukan bagi pribadi lulusan dan profesional, dan nilai/sikap yang dibutuhkan sebagai anggota masyarakat serta sikap peduli/tanggap terhadap persoalan-persoalan yang berkaitan dengan ruang kehidupan manusia.

Ilmu Komputer

Peminat jurusan Ilmu Komputer UI tahun 2021 sebesar 1.562 dengan daya tampung tahun 2022 sebanyak 45. Jurusan ini masuk ke dalam Fakultas Ilmu Komputer. Prodi Sarjana Ilmu Komputer terdiri dari program reguler dan paralel.

Prodi Sarjana Ilmu Komputer menawarkan keseimbangan antara fondasi keilmuan yang kokoh di bidang ilmu komputer dan keterampilan profesional dalam bidang teknologi informasi. Fondasi Ilmu Komputer yang diberikan antara lain matematika diskret, pemrograman, struktur data & algoritma, arsitektur komputer, basis data, sistem operasi, jaringan komputer, teori komputasi, rekayasa perangkat lunak, serta sistem cerdas.

Ilmu Kesehatan Masyarakat

Peminat jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat UI tahun 2021 sebesar 883 dengan daya tampung tahun 2022 sebanyak 45. Jurusan ini masuk ke dalam Fakultas Kesehatan Masyarakat. Prodi di Sarjana Kesehatan Masyarakat UI memiliki 9 peminatan.

Prodi ini hanya dibuka pada program pendidikan S1 Reguler dengan kuota jalur masuk 50% dari jalur SNMPTN dan 50% dari jalur SBMPTN dan SIMAK-UI.

Teknik Industri

Peminat jurusan Teknik Industri UI tahun 2021 sebesar 819 dengan daya tampung tahun 2022 sebanyak 33. Jurusan ini masuk ke dalam Fakultas Teknik. Mahasiswa di jurusan ini diarahkan untuk menjawab kebutuhan industri nasional akan sarjana rekayasa industri yang memiliki kemampuan untuk merancang, meningkatkan, mengoperasikan, dan memelihara sebuah sistem manufaktur dan jasa yang terintegrasi dan multi tingkatan dalam rangka peningkatan produktifitas dan kualitas dari sistem melalui proses pemecahan masalah yang terstuktur.

Sistem Informasi

Peminat jurusan Sistem Informasi UI tahun 2021 sebesar 1.397 dengan daya tampung tahun 2022 sebanyak 45. Jurusan ini masuk ke dalam Fakultas Ilmu Komputer. Prodi ini dibuka pada kelas sarjana reguler dan sarjana paralel. Jalur masuk untuk kelas sarjana reguler melalui SNMPTN, SBMPTN, dan SIMAK-UI. Sedangkan untuk kelas paralel melalui SIMAK-UI dan PPKB.  

Pendidikan Dokter Gigi

Peminat jurusan Pendidikan Dokter Gigi UI tahun 2021 sebesar 712 dengan daya tampung tahun 2022 sebanyak 34. Jurusan ini masuk ke dalam Fakultas Kedokteran Gigi. Prodi Kedokteran Gigi hanya dibuka pada program pendidikan S1 Reguler dengan kuota jalur masuk 50% dari jalur SNMPTN, dan 50% dari SBMPTN dan SIMAK-UI.

Ada 2 tahap yang harus dilalui mahasiswa untuk mendapatkan gelar sebagai dokter gigi yang boleh berpraktik. Tahap pertama adalah Program Pendidikan Akademik Kedokteran Gigi yang dilaksanakan dengan pembelajaran aktif menggunakan metode pembelajaran berdasarkan problem based learning yang lebih menekankan pembelajaran student centered learning.

Kurikulum yang dilaksanakan sesuai dengan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) yang sesuai dengan yang telah ditetapkan oleh Konsil Kedokteran Indonesia. Mahasiswa harus menyelesaikan kurikulum selama 7 semester/14 blok (144 SKS) untuk menjadi Sarjana Kedokteran Gigi (SKG). Tahap kedua adalah program Pendidikan Akademik Profesi.

Baca juga 8 Jurusan Favorit di Unair, Banyak Diminati di SNMPTN

JURUSAN FAVORIT SBMPTN SOSHUM UI

Ilmu Hukum

Peminat jurusan Ilmu Hukum UI tahun 2021 sebesar 3.161 dengan daya tampung tahun 2022 sebanyak 94. Jurusan ini masuk ke dalam Fakultas Hukum. Fakultas Hukum UI untuk program sarjana kelas regular dan kelas paralel hanya memiliki satu program studi yaitu Program Studi Ilmu Hukum. Dalam menempuh pendidikan di FHUI, mahasiswa dapat mengarahkan minatnya dalam bidang ilmu hukum tertentu, melalui Program Kekhususan (PK).

Psikologi

Peminat jurusan Psikologi UI tahun 2021 sebesar 2.910 dengan daya tampung tahun 2022 sebanyak 58. Jurusan ini masuk ke dalam Fakultas Psikologi. Fakultas Psikologi UI merupakan Fakultas Psikologi pertama di Indonesia dan menjadi acuan pengembangan fakultas-fakultas psikologi lainnya di Indonesia.

Proses pembelajaran di Fakultas Psikologi UI menggunakan teknik yang terkini serta menarik dengan metode belajar yang mengarah pada student-centered learning, seperti diskusi, collaborative learning, dan problem-based learning.

Ilmu Komunikasi

Peminat jurusan Ilmu Komunikasi UI tahun 2021 sebesar 1.978 dengan daya tampung tahun 2022 sebanyak 31. Jurusan ini masuk ke dalam Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Dalam program Sarjana Ilmu Komunikasi, mahasiswa akan diarahkan pada peminatan-peminatan yang mencakup secara khusus bidang Jurnalisme, Komunikasi Media, Hubungan Masyarakat, dan Periklanan.

Prodi ini dibuka pada kelas sarjana reguler dan sarjana paralel. Jalur masuk untuk kelas sarjana reguler melalui SNMPTN, SBMPTN, dan SIMAK-UI. Sedangkan, untuk kelas paralel melalui SIMAK-UI dan PPKB.

Kriminologi

Peminat jurusan Kriminologi UI tahun 2021 sebesar 1.400 dengan daya tampung tahun 2022 sebanyak 27. Jurusan ini masuk ke dalam Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Program studi ini dibuka pada kelas sarjana reguler, jalur masuknya antara lain SNMPTN, SBMPTN, dan SIMAK-UI.

Manajemen

Peminat jurusan Manajemen UI tahun 2021 sebesar 2.691 dengan daya tampung tahun 2022 sebanyak 54. Jurusan ini masuk ke dalam Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Prodi S1 Manajemen memiliki jalur-jalur konsentrasi yakni manajemen pemasaran, manajemen keuangan, dan manajemen sumber daya manusia. Prodi ini hanya dibuka pada program pendidikan S1 Reguler dengan kuota jalur masuk 50% dari jalur SNMPTN, dan 50% dari jalur SBMPTN dan SIMAK-UI.

Akuntansi

Peminat jurusan Akuntansi UI tahun 2021 sebesar 1.996 dengan daya tampung tahun 2022 sebanyak 60. Jurusan ini masuk ke dalam Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Prodi ini dibuka pada kelas sarjana reguler dan sarjana paralel. Jalur masuk untuk kelas sarjana reguler melalui SNMPTN, SBMPTN, dan SIMAK-UI. Sedangkan, untuk kelas paralel melalui SIMAK-UI dan PPKB.

Ilmu Hubungan Internasional

Peminat jurusan Ilmu Hubungan Internasional UI tahun 2021 sebesar 1.268 dengan daya tampung tahun 2022 sebanyak 21. Jurusan ini masuk ke dalam Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Prodi ini hanya dibuka pada program pendidikan S1 Reguler dengan kuota jalur masuk 50% dari jalur SNMPTN, dan 50% dari jalur SBMPTN dan SIMAK-UI.

Kurikulum yang diberikan antara lain Diplomasi dan Analis Politik Luar Negeri, Teori Ekonomi Politik Internasional, Isu-Isu Keamanan Transnasional, dan Kebijakan Luar Negeri Indonesia. Lulusan prodi ini banyak yang berkarir sebagai diplomat atau bekerja di organisasi-organisasi internasional.

Sastra Inggris

Peminat jurusan Sastra Inggris UI tahun 2021 sebesar 857 dengan daya tampung tahun 2022 sebanyak 14. Jurusan ini masuk ke dalam Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya. Mata kuliah yang disampaikan bukan hanya terkait kemampuan bahasanya, namun juga mengenai aspek sastra dan budaya masyarakatnya.

Prodi ini dibuka pada kelas sarjana reguler dan sarjana paralel. Jalur masuk kelas sarjana reguler melalui SNMPTN, SBMPTN, dan SIMAK-UI. Sedangkan, untuk kelas paralel melalui SIMAK-UI dan PPKB.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Trackbacks/Pingbacks

  1. Jurusan Universitas Multimedia Nusantara (UMN) dan Persyaratan Masuknya | LKBB Indonesia college - […] Baca juga Jurusan-Jurusan Favorit di SBMPTN UI Prodi Saintek dan Soshum […]
  2. 17 Jurusan Favorit dan Peminat Terbanyak di SBMPTN Unpad | LKBB Indonesia college - […] Baca Juga Jurusan-Jurusan Favorit di SBMPTN UI Prodi Saintek dan Soshum […]

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…