Berbagai Program Internasional di Universitas Pertamina

Berbagai Program Internasional di Universitas Pertamina

Universitas Pertamina memiliki berbagai program internasional yang bisa kamu jadikan pilihan. Universitas ini juga memiliki banyak mitra perguruan tinggi, baik dalam negeri maupun mancanegara. Kamu tertarik untuk mengikuti salah satu programnya? Yuk, simak selengkapnya di sini!

Informasi PMB Universitas Ciputra Surabaya Tahun 2023/2024

Informasi PMB Universitas Ciputra Surabaya Tahun 2023/2024

Universitas Ciputra Surabaya membuka penerimaan mahasiswa baru. Jalur pendaftaran yang dibuka terdiri dari Jalur Reguler, Jalur Sekolah Kerjasama, dan Jalur Undangan Prestasi. Bagi kamu yang ingin mendaftar, simak infonya di sini!

Berbagai Beasiswa di Universitas Budi Luhur Tahun 2022

Berbagai Beasiswa di Universitas Budi Luhur Tahun 2022

Universitas Budi Luhur menyediakan beberapa beasiswa dan hanya berlaku di Kelas Reguler S1/D3. Beasiswa di Universitas Budi Luhur berikut ini merupakan beasiswa di tahun 2022, yuk, simak informasi selengkapnya di sini!

Kampus yang Membuka Jurusan Akuntansi, Yuk Disimak!

oleh | Agu 15, 2022 | Blog, PTN, PTS | 0 Komentar

Kampus yang Membuka Jurusan Akuntansi – Jurusan Akuntansi menjadi salah satu program studi yang populer di rumpun ilmu ekonomi. Hampir semua perguruan tinggi ternama membuka jurusan ini. Mahasiswa jurusan ini akan mempelajari perhitungan dan cara membuat laporan keuangan.

Lulusan jurusan Akuntansi sangat dibutuhkan di berbagai bidang. Lulusan prodi ini juga memiliki prospek kerja yang menjanjikan. Bagi kamu yang memiliki ketertarikan dengan hitung-hitungan, jurusan ini cocok untuk kamu jadikan pilihan. Nah, kampus apa saja yang membuka jurusan ini? Yuk, perhatikan di bawah ini Kampus yang Membuka Jurusan Akuntansi, Yuk Disimak!

Universitas Airlangga (UNAIR)

Akuntansi Unair masuk ke dalam Departemen Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis serta telah terakreditasi A oleh BAN-PT. Lulusan prodi ini nantinya bergelar SA (Sarjana Akuntansi). Mahasiswa Akuntansi Unair harus menempuh dan menyelesaikan minimal 144 SKS terdiri atas 126 SKS mata kuliah wajib, 12 SKS mata kuliah pilihan, dan 6 SKS skripsi.

Mata kuliah yang dipelajari di Akuntansi Unair antara lain Akuntansi Dasar, Pengantar Bisnis, Komunikasi Bisnis, Pengantar Manajemen, Statistika, Akuntansi Keuangan, Perpajakan, Akuntansi Biaya, Internal Audit, Teori Akuntansi, dan masih banyak lagi.

Universitas Indonesia (UI)

Akuntansi UI merupakan salah satu program studi di Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Kurikulum prodi S1 Akuntansi sudah selaras dengan kebijakan Kampus Merdeka Belajar yang dicanangkan oleh Kemendikbud RI serta sudah menyesuaikan dengan International Education Standard oleh IAESB.

Mata kuliah yang dipelajari mahasiswa Akuntansi UI antara lain Pengantar Ekonomi, Pengantar Bisnis, Pengantar Akuntansi, Akuntansi Biaya, Manajemen Keuangan, Perpajakan, Kewirausahaan, dan lainnya.

Universitas Gadjah Mada (UGM)

Jurusan Akuntansi UGM merupakan salah satu program studi di Fakultas Ekonomika dan Bisnis. Lulusan jurusan ini nantinya akan mendapatkan gelar S.E. (Sarjana Ekonomi). Akuntansi UGM telah mendapat akreditasi A oleh BAN-PT.

Mahasiswa prodi ini dididik untuk menguasai sistem informasi akuntansi dan teknologi, pengauditan, akuntansi keuangan, manajemen, dan publik. Kurikulum didesain untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja di era teknologi informasi, termasuk keahlian dalam hal big data dan digital analytics.

Universitas Padjadjaran (UNPAD)

Jurusan Akuntansi Unpad merupakan salah satu jurusan di Fakultas Ekonomi & Bisnis. Lulusan jurusan ini nantinya akan mendapat gelar Sarjana Ekonomi (S.E.). Akuntansi Unpad telah terakreditasi A oleh BAN-PT. Lokasi kampus Akuntansi Unpad berada di Kampus Jatinangor.

Baca juga Yuk, Lebih Mengenal Jurusan Akuntansi, Mata Kuliah, dan Kampusnya!

Universitas Atma Jaya Jakarta

Akuntansi Universitas Atma Jaya masuk ke dalam Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Ada 2 jenis perkuliahan di prodi ini yaitu program reguler dan Atma Jaya International Program of Accounting (AIPA). Prodi ini berfokus pada pengauditan berbasis teknologi informasi dan perpajakan internasional.

Akuntansi Universitas Atma Jaya menawarkan mata kuliah unggulan berupa praktik pengauditan, pengauditan sistem informasi, perpajakan internasional, praktik perpajakan, praktik akuntansi keuangan, praktik sistem informasi akuntansi, dan pelaporan berkelanjutan.

Universitas Diponegoro (UNDIP)

Jurusan Akuntansi Undip merupakan salah satu jurusan di Fakultas Ekonomika dan Bisnis. Kurikulum diselaraskan dengan kompetisi yang dipersyaratkan International Education Standards (IES) yang disusun oleh International Aacounting Education Standard Board (IAESB).

Mahasiswa prodi Akuntansi Undip harus memenuhi 147 SKS untuk mendapatkan gelar Sarjana Akuntansi dan mahasiswa dapat mengambil kurang dari 24 SKS. Mata kuliahnya antara lain Pengantar Akuntansi, Pengantar Manajemen, Matematika Bisnis, Pengantar Bisnis, Perpajakan, Statistika Bisnis, Kewirausahaan, dan lainnya.

Universitas Sebelas Maret (UNS)

Jurusan Akuntansi UNS masuk ke dalam Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Prodi ini telah terakreditasi A oleh BAN-PT. jurusan ini mengedepankan pembinaan suasana kebebasan akademik yang didukung teknologi informasi.

Mahasiswa prodi Akuntansi UNS diajarkan untuk menguasai dan bersertifikat Software SAP. Mahasiswa prodi ini juga dididik untuk menjunjung tinggi etika, berkompeten, dan siap bersaing di kancah nasional dan internasional.

Universitas Islam Indonesia (UII)

Jurusan Akuntansi UII masuk ke dalam Fakultas Bisnis dan Ekonomika. Jurusan ini berada di kampus UII Condongcatur, Depok, Sleman. Departemen Akuntansi UII memiliki beberapa program, antara lain D3 Akuntansi, S1 Akuntansi (Bisnis & Teknologi), International Undergraduate Program in Accounting (Business & Technology), dan S2 Magister Akuntansi.

Lulusan prodi ini nantinya akan mendapat gelar Sarjana Akuntansi (S.Ak.). Akuntansi UII telah terakreditasi Unggul oleh BAN-PT serta telah mendapat akreditasi internasional ACCA. Association of Chartered Certified Accountants (ACCA) adalah wadah global bagi akuntan profesional.  

Telkom University

Akuntansi Telkom University masuk ke dalam Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB). Prodi ini resmi beroperasi pada tahun 2008 dan telah mendapatkan akreditasi A oleh BAN-PT. Walaupun termasuk prodi baru, Akuntansi Telkom University memiliki peminat yang tinggi dengan peningkatan jumlah mahasiswa yang signifikan setiap tahunnya.

Proses pembelajaran di prodi ini tidak hanya di kelas namun juga ada pengenalan kerja melalui kegiatan yaitu kuliah umum, company visit, dan magang yang diadakan setiap semester. Mahasiswa Akuntansi Telkom University juga dilengkapi dengan kompetensi tambahan berupa pelatihan sertifikasi, sebagai berikut:

  • Qualified Internal Auditor Level Dasar I dan II
  • Brevet Pajak A dan B
  • System Analysis and Program Development (SAP)

Mata kuliah wajib di prodi ini antara lain Ekonomi Mikro, Ekonomi Makro, Matematika Ekonomi, Akuntansi Keuangan, Akuntansi Biaya, Akuntansi Manajemen, Akuntansi Sektor Publik, dan Teori Akuntansi.

Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Jurusan Akuntansi UPI masuk ke dalam Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis (FPEB). Akuntansi UPI telah terakreditasi Unggul oleh BAN-PT. Mata kuliah yang dipelajari di Akuntansi UPI antara lain Pengantar Ekonomi Makro, Pengantar Manajemen, Matematika Ekonomi, Akuntansi Keuangan Dasar, Pengantar Bisnis, Statistika, Ekonomi & Bisnis Syariah, Akuntansi Perpajakan, dan lainnya.

Universitas BSI

Prodi Akuntansi (D3) di Universitas BSI sebelumnya di bawah naungan Akademi Manajemen Keuangan Bina Sarana Informatika (AMK BSI) dan diselenggarakan tahun 2008. Lalu terjadi perubahan dikarenakan penggabungan beberapa institusi termasuk AMK BSI menjadi Universitas Bina Sarana Informatika. Saat ini, prodi Akuntansi D3 dan S1 Universitas BSI berada di Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS)

Akuntansi UMS masuk ke dalam Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Prodi Akuntansi UMS telah terakreditasi A. Total SKS yang wajib ditempuh 146 SKS dengan kompetensi utama 119 SKS, kompetensi pendukung 36 SKS, dan kompetensi lain 18 SKS.

Mata kuliah yang dipelajari antara lain Akuntansi Pengajar, Manajemen Pengantar, Matematika Ekonomi, Bisnis Pengantar, Statistika, Praktik Akuntansi, Akuntansi Biaya, Pengauditan, Ekonometrika Pengantar, Praktik Perpajakan, Akuntansi Keuangan Syariah, Ekonomika Islam, dan lainnya.

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)

Akuntansi UMY masuk ke dalam Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Mata kuliah yang dipelajari antara lain Pengantar Ekonomi, Dasar-Dasar Manajemen, Akuntansi Pengantar, Kewirausahaan, Akuntansi Biaya, Akuntansi Manajemen, Manajemen Keuangan, Manajemen Biaya, Akuntansi Bank Syariah, Manajemen Keuangan Syariah, dan lainnya.

Keunggulan prodi Akuntansi UMY menghasilkan akuntan profesional di bidang akuntansi, berorientasi global, mampu berdaptasi terhadap perubahan lingkungan bisnis di masa depan, dan memiliki landasan etika dan akhlak yang Islami.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…