Berbagai Program Internasional di Universitas Pertamina

Berbagai Program Internasional di Universitas Pertamina

Universitas Pertamina memiliki berbagai program internasional yang bisa kamu jadikan pilihan. Universitas ini juga memiliki banyak mitra perguruan tinggi, baik dalam negeri maupun mancanegara. Kamu tertarik untuk mengikuti salah satu programnya? Yuk, simak selengkapnya di sini!

Informasi PMB Universitas Ciputra Surabaya Tahun 2023/2024

Informasi PMB Universitas Ciputra Surabaya Tahun 2023/2024

Universitas Ciputra Surabaya membuka penerimaan mahasiswa baru. Jalur pendaftaran yang dibuka terdiri dari Jalur Reguler, Jalur Sekolah Kerjasama, dan Jalur Undangan Prestasi. Bagi kamu yang ingin mendaftar, simak infonya di sini!

Berbagai Beasiswa di Universitas Budi Luhur Tahun 2022

Berbagai Beasiswa di Universitas Budi Luhur Tahun 2022

Universitas Budi Luhur menyediakan beberapa beasiswa dan hanya berlaku di Kelas Reguler S1/D3. Beasiswa di Universitas Budi Luhur berikut ini merupakan beasiswa di tahun 2022, yuk, simak informasi selengkapnya di sini!

Kedokteran Universitas Brawijaya: Sejarah, Visi Misi, Kurikulum, dan Jalur Masuk

oleh | Mei 14, 2022 | Blog, Kedokteran, PTN | 0 Komentar

Kedokteran Unbraw – Fakultas kedokteran Universitas Brawijaya merupakan fakultas kedokteran terbaik di Indonesia dan banyak peminatnya. Fakultas Kedokteran Unbraw membuka berbagai program studi ilmu kedokteran, salah satunya yaitu prodi Kedokteran.

Pada tahun 2014 Program Studi Sarjana Kedokteran FKUB telah terakreditasi A oleh BAN PT, dan pada tahun 2018 telah mendapat sertifikasi dari Asean University Network Quality Assurance (AUN-QA). Yuk, cari tahu lebih lanjut tentang Kedokteran Universitas Brawijaya di bawah ini!

Sejarah Pendidikan Kedokteran di FKUB

Sekolah Tinggi Kedokteran Malang (STKM) merupakan cikal bakal berdirinya Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya yang didirikan pada tanggal 14 September 1963. Pada bulan Juni 1947, Balai Perguruan Tinggi Kedokteran Malang terpaksa menghentikan kegiatannya setelah Belanda berhasil menduduki kota Malang.

Pemikiran untuk mendirikan kembali Sekolah Tinggi Kedokteran di Malang muncul kembali pada tahun 1960 – 1962. Panitia ad hoc Ikatan Dokter Indonesia cabang Malang memulai pembentukan Panitia Pendiri Fakultas Kedokteran dengan dukungan tokoh-tokoh masyarakat Malang. Pada tanggal 14 Januari 1974, STKM resmi bergabung dengan Universitas Brawijaya dan berganti nama menjadi Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya.

Program Studi Pendidikan Dokter merupakan perubahan status dari jurusan Kedokteran pada tahun 2012. Kemudian pada tahun 2016 berdasarkan perubahan struktur organisasi di FKUB, menjadi Program Studi Sarjana Kedokteran yang berada di bawah jurusan Kedokteran.

Visi, Misi, dan Nilai Kedokteran FKUB

Visi

Menjadi institusi Pendidikan Kedokteran yang terkemuka dan bertaraf internasional dan berjiwa entrepreneur untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan di bidang kedokteran yang terkemuka, bertaraf internasional dan berjiwa entrepreneur untuk membangun masa depan bangsa dengan dilandasi nilai-nilai universal.
  2. Mengembangkan penelitian di bidang kedokteran terkini yang berbasis biomedik dan emergensi medisin, mempublikasikan hasilnya serta dimanfaatkan untuk pendidikan dan pengabdian masyarakat.
  3. Menyelenggarakan pengabdian masyarakat di bidang kedokteran untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.
  4. Menjalin dan meningkatkan mutu kerja sama baik di tingkat nasional maupun internasional.

Nilai

  1. Profesionalisme
  2. Dedikatif
  3. Futuristik
  4. Komitmen dan Kebersamaan
  5. Unggul
  6. Berjiwa Entrepreneur

Kompetensi Lulusan

Merujuk pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT) dan Standar Kompetensi Dokter Indonesia (SKDI), PSSKed menerapkan pendekatan pendidikan berbasis luaran (outcome based education) dalam bentuk Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK).

Standar Kompetensi Lulusan PSSKed, terdiri dari Area Kompetensi merupakan Capaian Pembelajaran Program (Program Learning Outcome) yang dijabarkan menjadi capaian pembelajaran mata kuliah kompetensi/blok hingga tujuan pembelajaran (Learning Objective) pada tiap kegiatan akademik.

Baca juga Serba-serbi Pendidikan Kedokteran di Universitas Brawijaya

Kurikulum

Kurikulum Pendidikan Dokter FKUB adalah kurikulum yang memposisikan area kompetensi SKDI-2012 sebagai tema pembelajaran Blok (Instructional Block Theme). Kurikulum berisi rangkaian tema blok yang mendukung pembelajaran area kompetensi terkait sepanjang pendidikan, disusun dengan struktur longitudinal terintegrasi sehingga kompetensi yang diharapkan dapat dicapai pada akhir pendidikan dokter.

Tahap Pendidikan Akademik meliputi sub-tahap Ilmu Dasar Kedokteran (Basic Medical Scienced) selama 2 semester yakni Semester I dan II serta sub-tahap Kedokteran Klinik (Clinical Sciences) 5 semester yakni Semester III, IV, V, VI, VII. Tahap Pendidikan Akademik memiliki beban studi total 148 SKS dengan masing-masing semester memiliki beban studi 20-23 SKS.

Pendidikan Dokter merupakan pendidikan berkelanjutan yang terdiri dari Tahap Pendidikan Akademik selama 7 semester, kemudian dilanjutkan ke Tahap Pendidikan Profesi selama 4 semester, sehingga seluruhnya berlangsung dalam 11 semester.

Pendekatan proses belajar mengajar di Kedokteran FKUB menggunakan pendekatan SPICES dan Doctoring Curriculum. Implementasi pendekatan SPICES meliputi pembelajaran yang bersifat Student centered, Problem-based, Integrated, Community oriented, Elective, Systematic.

Persyaratan Calon Mahasiswa Kedokteran

Calon mahasiswa baru FK prodi Kedokteran jalur seleksi SNMPTN, SBMPTN, SMUB, dan SPI wajib lolos syarat kesehatan, antara lain:

  • Tidak memiliki cacat tubuh atau ketunaan (tuna netra, tuna rungu, tuna wicara, dan tuna daksa).
  • Tidak boleh buta warna total maupun parsial.
  • Tidak ada gangguan jiwa.
  • Bebas narkoba.
  • IQ minimal 100.

Jalur Masuk Kedokteran Universitas Brawijaya

Berikut sistem penerimaan mahasiswa Kedokteran Universitas Brawijaya, antara lain.

  • SNMPTN: Seleksi berdasarkan penelusuran prestasi akademik dan/atau portofolio calon mahasiswa. Kuota daya tampung setiap program pendidikan sarjana kedokteran ditetapkan 20% dari daya tampung prodi.
  • SBMPTN: dilakukan berdasarkan hasil UTBK saja atau hasil UTBK dan kriteria lain yang ditetapkan bersama oleh PTN.
  • Seleksi Mandiri Universitas Brawijaya (SMUB): seleksi masuk yang diselenggarakan secara mandiri oleh Universitas Brawijaya.
  • Seleksi Program Internasional (SPI): seleksi yang dilakukan melalui ujian tulis dan wawancara berdasarkan kemitraan dengan pihak luar negeri yang diselenggarakan melalui koordinasi International Office Universitas Brawijaya.

Itulah Kedokteran Universitas Brawijaya: Sejarah, Visi Misi, Kurikulum, dan Jalur Masuk. Perhatikan informasi di atas bagi kamu yang ingin melanjutkan studi di Kedokteran UB.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Trackbacks/Pingbacks

  1. Serba-serbi Pendidikan Dokter di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta | LKBB Indonesia college - […] Baca juga Kedokteran Universitas Brawijaya: Sejarah, Visi Misi, Kurikulum, dan Jalur Masuk […]

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…