Mata Kuliah Ilmu Kelautan Apa Saja? Cek Penjelasannya!

Mata Kuliah Ilmu Kelautan Apa Saja? Cek Penjelasannya!

Ilmu kelautan adalah disiplin ilmu yang menggabungkan studi dari berbagai mata pelajaran untuk memahami lingkungan laut, kehidupan laut, dan interaksinya. Yuk, simak mata kuliah yang dipelajari di jurusan Ilmu Kelautan di sini!

Mahasiswa Baru Harus Tahu, Beda KRS dan SKS

oleh | Jul 6, 2021 | Blog | 0 Komentar

KRS dan SKS – Saat memasuki dunia perkuliahan, ada beberapa istilah yang mungkin terdengar asing di telinga mahasiswa baru. Di dunia pendidikan yang sangat berbeda dengan masa sekolah ini, ada berbagai istilah khusus yang hanya ditemui di dunia perkuliahan.

Setelah melakukan daftar ulang, seorang mahasiswa pasti akan mendengar istilah KRS dan SKS. Ke dua istilah tersebut akan selalu muncul di dunia perkuliahan terutama saat memulai semester baru. Namun, karena masih berstatus mahasiswa baru, biasanya KRS dan SKS yang diberikan untuk semester pertama sudah ditentukan dari kampus.

Mengerti sistem KRS dan SKS sangatlah penting bagi seorang mahasiswa. Dua hal tersebut akan sangat berpengaruh terhadap jalannya perkuliahan di semester-semester berikutnya. Nah, supaya lebih memahami tentang dua istilah tersebut, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Apa Itu KRS?

KRS merupakan singkatan dari Kartu Rencana Studi. Sesuai namanya, kartu ini akan berisi rencana mata kuliah yang diambil oleh seorang mahasiswa selama 1 semester. Di dalam kartu ini, akan terdapat beberapa hal yaitu nama mata kuliah, SKS, nama dosen, identitas mahasiswa, pengesahan, dan lain-lain.

Pengisian KRS dilakukan sebelum semester baru dimulai. Akan ada namanya waktu pengisian KRS yang memungkinkan mahasiswa untuk menyusun rencana studinya untuk 1 semester. Meskipun pengisian KRS dilakukan secara mandiri, mahasiswa tetap bisa berkonsultasi untuk menentukan pilihan mata kuliah. Konsultasi ini dilakukan dengan Dosen Pembimbing Akademik (PA) yang telah ditentukan.

Di kampus-kampus tertentu, waktu pengisian KRS bisa seolah menjadi medan perang. Banyak mahasiswa yang rela bergadang dan mencari koneksi internet tercepat supaya bisa mendapatkan mata kuliah yang diinginkan. Hal ini terjadi karena adanya kuota mahasiswa untuk setiap mata kuliah.

Selain itu, ada pula kampus yang sudah menyediakan KRS dalam bentuk paket. Mahasiswa yang mendapatkan sistem ini tidak perlu repot memilih dan menyusun KRS-nya sendiri karena semua sudah dipilihkan oleh pihak kampus.

Baca juga Apa Bedanya Fakultas, Jurusan Kuliah, dan Program Studi?

Lalu, Apa Bedanya dengan SKS?

KRS dan SKS

KRS dan SKS merupakan dua hal yang berbeda, namun sangat berkaitan. KRS merupakan mata kuliah yang akan diambil oleh seorang mahasiswa. Sedangkan SKS atau Satuan Kredit Semester merupakan beban mata kuliah yang dipilih.

Setiap mata kuliah memiliki beban perkuliahan yang berbeda-beda. Biasanya, mata kuliah umum dan tidak wajib akan terdiri dari 2 SKS. Sedangkan mata kuliah wajib dari program studi akan memiliki 3 SKS atau bahkan lebih. Salah satu mata kuliah dengan beban terbanyak yaitu skripsi dengan total 6 SKS.

SKS sendiri merupakan waktu perkuliahan yang akan ditempuh selama satu minggu. Biasanya, 1 SKS sama dengan 50 menit. Jadi, kalau kamu memilih mata kuliah dengan total 3 SKS, kamu akan mendapat kuliah tersebut selama 150 menit dalam 1 minggu. Kamu mungkin akan mengikuti perkuliahan selama lebih dari 1 kali seminggu untuk mata kuliah dengan SKS yang lebih banyak.

Di dalam satu semester, mahasiswa bisa menentukan SKS yang diambil. Kampus biasanya akan memberi jatah SKS yang bisa diambil berbeda-beda untuk setiap mahasiswa. Seorang mahasiswa dengan IPK yang lebih tinggi boleh mengambil SKS sampai batas maksimal, yaitu 24 SKS. Sedangkan mahasiswa dengan IPK lebih rendah, hanya dibatasi maksimal 20 atau 22 SKS.

Pengambilan SKS akan sangat berpengaruh terhadap perkuliahan yang ditempuh. Semakin banyak SKS yang diambil, tentu beban perkuliahan akan semakin banyak. Kamu perlu ingat, bahwa saat berkuliah, waktu milik mahasiswa tidak hanya dipakai untuk datang ke kelas tapi juga mengerjakan tugas. Semakin banyak SKS akan sama dengan semakin banyak mata kuliah sehingga tugas juga semakin padat.

Tips Mengambil SKS dan Menyusun KRS

Apakah kamu sudah paham mengenai beda KRS dan SKS? Ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan saat menyusun rencana studi selama 1 semester, di antaranya yaitu sebagai berikut.

  • Konsultasi dengan PA untuk keperluan memilih mata kuliah yang tepat.
  • Tanya dengan kakak tingkat mengenai mata kuliah yang tersedia.
  • Hitung total SKS yang diambil untuk setiap semesternya.
  • Perhatikan dosen dan juga jadwal mata kuliah yang diambil.
  • Rencanakan mata kuliah yang akan diambil saat pengumuman KRS.
  • Pilih mata kuliah yang sesuai minat.
  • Segera mengisikan KRS saat masa pengisian dibuka.
  • Pastikan SKS yang diambil cukup untuk syarat kelulusan (syarat lulus S1 yaitu 144 SKS).

Dua istilah dunia perkuliahan yang mahasiswa baru harus tahu, beda KRS dan SKS. Di masa perkuliahan, ke dua hal tersebut akan sangat berpengaruh dengan masa studi dan kelancaran kuliah. Kamu bisa ikuti tips di atas supaya bisa lebih mudah saat menyusun rencana studi.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…

Lebih Mengenal Seperti Apa Itu Jurusan Geodesi

Lebih Mengenal Seperti Apa Itu Jurusan Geodesi

Geodesi merupakan salah satu cabang keilmuan dengan basis ilmu matematika terapan. Kamu tertarik untuk melanjutkan kuliah di jurusan Geodesi? Yuk, kenalan lebih jauh dengan jurusannya di sini!

10 PTKIN Terbaik di Indonesia Versi Webometrics Tahun 2022

10 PTKIN Terbaik di Indonesia Versi Webometrics Tahun 2022

Dilansir dari laman resmi Webometrics, ada beberapa PTKIN yang masuk dalam kriteria pemeringkatan per Juli 2022. Melalui pemeringkatan Webometrics, kamu bisa mengecek daftar PTKIN terbaik di Indonesia yang bisa kamu pilih sebagai pilihan kampus. Berikut daftarnya!

Beasiswa Umum LPDP: Persyaratan dan Komponen Biayanya

Beasiswa Umum LPDP: Persyaratan dan Komponen Biayanya

LPDP 2022 menawarkan 3 kategori beasiswa yaitu Beasiswa Umum, Beasiswa Targeted, dan Beasiswa Afirmasi. Di kategori Beasiswa Umum terbagi menjadi 3 beasiswa, apa saja? Yuk, simak di sini info lebih lengkapnya!

Yuk, Mengenal Lebih Jauh Politeknik AKA Bogor!

Yuk, Mengenal Lebih Jauh Politeknik AKA Bogor!

Politeknik AKA Bogor merupakan perguruan tinggi di lingkungan Kementerian Perindustrian yang menyelenggarakan pendidikan profesional di bidang kimia analis. Yuk, simak selengkapnya di sini!