Mata Kuliah yang Dipelajari di Program Studi PGSD

oleh | Agu 2, 2022 | Blog, Mata Kuliah | 0 Komentar

Mata Kuliah PGSD – Program studi di bidang pendidikan merupakan pilihan program studi yang cukup banyak diminati calon mahasiswa. Di antara banyaknya pilihan jurusan di bidang pendidikan, salah satu yang banyak peminatnya yaitu jurusan PGSD. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) berfokus menghasilkan lulusan yang siap menjadi guru di tingkat SD.

Mahasiswa jurusan ini akan dididik untuk memiliki kemampuan guna bisa menjadi guru SD. Mahasiswa PGSD akan dibekali berbagai ilmu, seperti materi-materi di tingkat sekolah dasar berbagai mata pelajaran, serta pembentukan karakter anak-anak.

Apakah kamu tertarik masuk jurusan PGSD? Simak, mata kuliahnya di bawah ini.

Mata Kuliah Umum

Meskipun program studi PGSD memiliki fokus pendidikan yang tidak sama, setiap mahasiswa diwajibkan untuk mengambil mata kuliah umum. Mata kuliah yang diajarkan bisa berbeda-beda antara satu kampus dengan kampus yang lainnya.

Mahasiswa prodi PGSD diharuskan mengambil mata kuliah umum ini. Berikut mata kuliah umum yang dipelajari oleh mahasiswa PGSD, antara lain:

  • Pendidikan Pancasila
  • Pendidikan Kewarganegaraan
  • Bahasa Indonesia
  • Pendidikan Agama

Baca juga Yuk, Mengenal Lebih Jauh Jurusan PGSD!

Mata Kuliah PGSD

Selain mata kuliah umum, mahasiswa prodi PGSD juga diwajibkan untuk mengambil mata kuliah lain sesuai dengan jurusannya. Di prodi ini, mahasiswa pastinya harus mengambil mata kuliah di lingkup PGSD. Masing-masing prodi PGSD di setiap perguruan tinggi akan menerapkan kurikulum program studi yang berbeda-beda.

Program studi PGSD banyak dibuka di kampus-kampus Indonesia. Tentunya, kurikulum di prodi PGSD berbeda-beda di setiap kampus. Sebagai referensi, berikut distribusi mata kuliah program studi PGSD UPI Kampus Cibiru jenjang S1.

Di semester 6 prodi PGSD UPI, terdapat mata kuliah peminatan, antara lain:

  • Peminatan Pendalaman Materi
  • Peminatan Penelitian SD
  • Peminatan Pembelajaran Digital di SD
  • Peminatan Filsafat dan Pedagogik
  • Peminatan Pembelajaran Abad XXI di SD

Kurikulum mata kuliah prodi PGSD di atas merupakan contoh dan setiap kampus memiliki kurikulum yang tidak sama. Semoga artikel Mata Kuliah yang Dipelajari di Program Studi PGSD di atas membantu kamu dalam mengetahui mata kuliah yang ada di jurusan PGSD.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

Kampus yang Membuka Jurusan Akuntansi, Yuk Disimak!

Kampus yang Membuka Jurusan Akuntansi, Yuk Disimak!

Jurusan Akuntansi menjadi salah satu program studi yang populer di rumpun ilmu ekonomi. Hampir semua perguruan tinggi ternama membuka jurusan ini. Yuk, simak di sini daftar kampus yang membuka jurusan ini!

4 Jalur Masuk ITS yang Perlu Kamu Ketahui

4 Jalur Masuk ITS yang Perlu Kamu Ketahui

ITS merupakan salah satu kampus yang favorit dan ternama di Indonesia. Bagi kamu yang tertarik untuk kuliah di ITS, ada 4 jalur masuk yang dibuka. Yuk, simak selengkapnya di sini!

Inilah Beberapa PTN yang Membuka Jurusan Manajemen

Inilah Beberapa PTN yang Membuka Jurusan Manajemen

Jurusan Manajemen merupakan pilihan jurusan Soshum yang banyak diambil mahasiswa. Kamu tertarik untuk melanjutkan studi di Manajemen? Yuk, simak beberapa PTN yang membuka jurusan Manajemen di sini!

Ketahui Apa Saja Jurusan Favorit yang Ada di ITS

Ketahui Apa Saja Jurusan Favorit yang Ada di ITS

ITS merupakan salah satu PTN favorit yang ada di kota Surabaya. Program sarjana ITS menyediakan 32 pilihan program studi dari 6 bidang fakultas. Yuk, simak apa saja jurusan favorit ITS di sini!