Mau Dapat Beasiswa Kuliah Kedokteran? Ikuti Tips-tips Ini, Yuk!

oleh | Des 3, 2021 | Blog, Kedokteran, Tips | 0 Komentar

Beasiswa Kedokteran – Saat ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah biaya. Biaya pendidikan ini berbeda-beda untuk setiap perguruan tinggi. Selain itu, biaya pendidikan di beberapa program studi pun terbilang lebih mahal seperti misalnya Kedokteran.

Kedokteran merupakan program studi yang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Hanya saja, bukan hal baru jika kuliah di program ini memang lebih mahal baik untuk biaya per semester atau pun biaya lainnya seperti tugas. Hal ini haruslah menjadi pertimbangan matang sebelum calon mahasiswa memilih untuk kuliah Kedokteran.

Meskipun terkenal cukup mahal, bukan berarti mahasiswa tidak bisa mendapatkan keringanan. Beberapa perguruan tinggi memberikan beasiswa khusus untuk mahasiswa Kedokteran yang memenuhi persyaratan tertentu. Bagaimana cara mendapatkannya?

Tips Mendapatkan Beasiswa

Beasiswa tentunya tidak bisa didapatkan begitu saja. Ada banyak hal yang perlu dilakukan supaya bisa dinyatakan lolos dan layak untuk menerima beasiswa. Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu lakukan supaya sukses mendapatkan beasiswa kedokteran.

Mencari informasi program beasiswa

Jika ingin mendapatkan beasiswa, tentunya kamu perlu untuk rajin mencari informasi. Carilah informasi beasiswa terutama untuk kedokteran. Kamu bisa menemukan informasi beasiswa ini dari laman resmi perguruan tinggi atau pemberi beasiswa. Kumpulkan informasi sebanyak mungkin supaya memudahkanmu ketika akan mendaftar.

Membaca dan memahami persyaratan yang diperlukan

Setelah menemukan informasi terkait beasiswa yang diinginkan, langkah selanjutnya yaitu membaca persyaratan dengan seksama. Perhatikan persyaratan dan juga dokumen yang diperlukan. Pastikan kamu memenuhi persyaratan yang diajukan. Siapkan juga dokumen yang diminta secara teliti.

Mencari informasi pelaksanaan seleksi

Beasiswa kuliah diberikan kepada mahasiswa yang berhasil lolos seleksi. Supaya bisa mempersiapkan diri dengan lebih baik, kamu bisa mencari informasi terkait pelaksanaan seleksi ini terutama dari mahasiswa yang telah berhasil lolos. Pelajari setiap tahapan yang akan dilalui sehingga kamu bisa lebih siap menghadapi seleksi.

Baca juga Mata Kuliah Mahasiswa Kedokteran yang Perlu Diketahui.

Beasiswa Kedokteran di Berbagai Perguruan Tinggi

beasiswa kedokteran

Berbagai perguruan tinggi di Indonesia menyelenggarakan program beasiswa khusus bagi mahasiswa di program Kedokteran. Mahasiswa bisa mendaftarkan diri jika ingin mendapatkan beasiswa ini. Beberapa perguruan tinggi yang menyediakan beasiswa ini yaitu sebagai berikut.

Universitas Indonesia

Universitas Indonesia memberikan beasiswa untuk mahasiswa yang terdaftar di Fakultas Kedokteran. Beasiswa ini diberikan untuk 3-5 orang saja per angkatan. Penerima beasiswa akan mendapatkan beberapa hal seperti biaya BOP, biaya hidup per semester, dana pengembangan daerah asal, dan mentorship.

Universitas Airlangga

Perguruan tinggi lainnya yang memberikan beasiswa yaitu Universitas Airlangga. Beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa aktif Unair yang memiliki prestasi. Jika ingin mendapatkan beasiswa dari Unair, kamu perlu mengikuti seleksi dalam beberapa tahapan seperti seleksi berkas, psikotes, dan wawancara.

UNIKA Atma Jaya

Universitas Katolik Atma Jaya termasuk perguruan tinggi dengan program Kedokteran terbaik di Indonesia. Mahasiswa yang belajar di kampus ini berkesempatan untuk mendapatkan beasiswa. Beasiswa yang diberikan yaitu berupa potongan SPP, biaya SKS sebesar 50-100 persen, dan biaya kuliah pokok.

Universitas Pelita Harapan

Beasiswa Kedokteran juga bisa kamu dapatkan jika berkuliah di Universitas Pelita Harapan atau UPH. Beasiswa yang diberikan cukup beragam yaitu beasiswa platinum, gold, silver, dan bronze. Mahasiswa yang mendapatkan beasiswa akan memperoleh keringanan biaya registrasi, biaya SKS, dan juga biaya term.

Itulah artikel tentang Mau Dapat Beasiswa Kuliah Kedokteran? Ikuti Tips-tips Ini, Yuk! Jika tertarik kuliah di program ini, kamu bisa mencoba untuk mendaftar beasiswa guna mendapat keringanan biaya. Semoga sukses!


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…