Yuk, Mengenal Lebih Jauh Program IISMA dan Pendaftarannya

Yuk, Mengenal Lebih Jauh Program IISMA dan Pendaftarannya

Kampus Merdeka mempunyai beberapa program, salah satunya yaitu program IISMA. Program ini merupakan program pertukaran dengan universitas lain dari seluruh dunia untuk bertukar budaya. Yuk, simak lebih lengkap mengenai program IISMA di sini!

Yuk! Mengenal Gerakan Indonesia Mengajar dan Programnya

Yuk! Mengenal Gerakan Indonesia Mengajar dan Programnya

Gerakan Indonesia Mengajar (IM) merupakan inisiatif masyarakat yang berani memajukan pendidikan mulai dari pelosok Indonesia. Kamu tertarik untuk ikut? Yuk, simak info selengkapnya mengenai Indonesia Mengajar di sini!

Informasi Lengkap Pendaftaran Beasiswa Merdeka Pendidikan

Informasi Lengkap Pendaftaran Beasiswa Merdeka Pendidikan

Beasiswa Merdeka Pendidikan merupakan program persembahan dari Kitabisa dengan membantu pelajar (SMA/SMK dan mahasiswa) aktif yang membutuhkan biaya pendidikan tambahan. Kamu tertarik untuk ikut? Yuk, simak informasi selengkapnya di sini!

Mengenal Fakultas Kedokteran (Universitas Islam Malang) Unisma

oleh | Nov 2, 2022 | Blog, Kedokteran, PTS | 0 Komentar

Kedokteran Unisma – Universitas Islam Malang (Unisma) merupakan perguruan tinggi swasta di kota Malang. Unisma membuka berbagai fakultas, salah satunya yaitu Fakultas Kedokteran. Fakultas Kedokteran Unisma membuka prodi Kedokteran, yaitu program studi pendidikan dokter dan program studi profesi dokter.

Fakultas Kedokteran Unisma adalah fakultas kedokteran pertama yang berdiri di lingkungan perguruan tinggi Nahdlatul Ulama di Indonesia. Prodi Pendidikan Dokter dan Profesi Dokter Unisma telah terakreditasi Baik Sekali oleh LAM-PTKes.

Kamu tertarik untuk kuliah Kedokteran di salah satu universitas di Malang ini, yuk, simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Program Studi Pendidikan Dokter

Kurikulum pendidikan di Program Studi Pendidikan Dokter disusun dengan berorientasi pada perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, dengan landasan Aqidah Islam, serta berorientasi pada kepentingan masyarakat. Beban studi di Program Studi Pendidikan Dokter Unisma adalah 149 SKS yang terdiri dari 118 SKS muatan kurikulum inti dan 31 SKS muatan lokal.  Beban studi ini ditempuh dengan masa studi minimal 7 semester dan maksimal 13 semester.

Kurikulum Berbasis Kompetensi Program Studi Pendidikan Dokter  yang disempurnakan tahun 2018 terbagi dalam 4 tahap yaitu Basic Medical Science, System-Physiology, Departemental-Pathology, dan yang terakhir adalah Excellent Moslem Doctor. Masing-masing tahap berlangsung selama satu tahun ajaran (2 semester).

Materi-materi kuliah di Kedokteran Unisma terintegrasikan dalam blok-blok, dimana setiap tahap terdiri dari tiga hingga lima blok. Secara keseluruhan Kurikulum Berbasis Kompetensi Program Studi Kedokteran FK Unisma yang disempurnakan tahun 2018 terdiri dari 149 Satuan Kredit Semester (SKS) yang terdiri dari 112 SKS blok dan 37 SKS General Studies.

Baca juga Persyaratan Mahasiswa dan Tahapan Pendidikan di Kedokteran UIN Malang

Program Studi Profesi Dokter

Kurikulum pendidikan di Program Studi Profesi Dokter disusun dengan berorientasi pada perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, dengan landasan Aqidah Islam, serta berorientasi pada kepentingan masyarakat. Tahap pendidikan profesi di Program Studi Profesi Dokter Fakultas Kedokteran Unisma terdiri dari 40 SKS yang ditempuh selama 2 tahun, meliputi hospital based training dan community/public health center based training.

Sebagian besar kegiatan pengajaran pada jenjang Program Pendidikan Profesi adalah berbentuk Pengalaman Belajar Klinik (PBK) dan Pengalaman Belajar Lapangan (PBL)meliputi bed side teaching, tutorial klinik, clinical supervisor dan clinical coassistency, laporan kasus dan referat. Dalam pelaksanaannya 1 SKS pendidikan profesi setara dengan 3 minggu, 2 SKS 5 minggu, dan 4 SKS setara dengan 10 minggu mengikuti kegiatan kepaniteraan klinik di laboratorium yang bersangkutan.

Itulah artikel Mengenal Fakultas Kedokteran (Universitas Islam Malang) Unisma. Semoga bisa menjadi referensimu dalam memilih jurusan kuliah kedokteran yang tepat, ya!


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Program Praktisi Mengajar merupakan salah satu bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Kemdikbudristek. Yuk, simak selengkapnya mengenai program Praktisi Mengajar di sini!

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

QS Asia University Rankings (QS AUR) merilis daftar perguruan tinggi terbaik di Asia setiap tahunnya. Nah, artikel kali ini akan membahas daftar 15 perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia menurut QS AUR 2023. Apa saja daftarnya? Simak di sini!

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

Kamu sebentar lagi akan lulus sekolah menengah dan bingung akan ambil jurusan apa? Ternyata ada beberapa jurusan yang langka di Indonesia dan bisa kamu jadikan pertimbangan untuk melanjutkan studi. Apa saja daftarnya? Yuk, simak di sini!