Mengenal Jurusan Agroteknologi, Program Penting di Industri Pertanian

by | Dec 1, 2021 | Blog, Jurusan Kuliah | 0 comments

Jurusan Agroteknologi – Industri pertanian merupakan sektor penting dalam keberlangsungan hidup manusia. Sektor ini memproduksi bahan pangan yang merupakan kebutuhan dasar setiap orang. Oleh karena itu, studi di bidang pertanian sangat penting dan perlu dilakukan untuk mendukung industri ini.

Sebagai salah satu negara agraris, Indonesia membutuhkan sumber daya manusia yang ahli di bidang pertanian. Saat ini, ada berbagai jurusan kuliah yang fokus pada pendidikan di bidang pertanian. Salah satu jurusan yang bisa dipilih jika ingin mendalami ilmu ini yaitu Agroteknologi.

Agroteknologi merupakan program pendidikan di bidang pertanian yang bisa ditemukan di banyak perguruan tinggi. Apa sebenarnya jurusan ini? Apa yang akan dipelajari oleh mahasiswa? Yuk, cek penjelasannya di bawah ini!

Apa Itu Jurusan Agroteknologi?

Mudahnya, Agroteknologi adalah studi yang menggabungkan pembelajaran di bidang pertanian dan teknologi. Mahasiswa jurusan ini akan belajar untuk melakukan pengelolaan pertanian dengan menggunakan teknologi untuk menghasilkan produk dengan kualitas terbaik.

Sebagai jurusan yang bergerak di bidang pertanian, mahasiswa Agroteknologi akan belajar berbagai seluk beluk agronomi. Mahasiswa akan dibekali ilmu tentang kualitas tanah, produksi tanaman, fisiologi, hama, pemupukan, dan lain sebagainya. Ilmu tersebut lalu digabungkan dengan penggunaan teknologi.

Selain pembelajaran di bidang teknologi pertanian, mahasiswa juga akan belajar ilmu-ilmu lainnya. Mahasiswa akan belajar seluk beluk produk pertanian mulai dari penyediaan bahan baku, transportasi, pemrosesan, rantai penyaluran produk, dan lain-lain. Guna mendukung hal ini, mahasiswa juga mendapat ilmu lain seperti wirausaha dan manajemen.

Baca juga 8 Prospek Kerja untuk Mahasiswa Jurusan Manajemen.

Materi yang Dipelajari Mahasiswa Agroteknologi

Perkuliahan di jurusan Agroteknologi dilakukan di dalam ataupun luar kelas. Mahasiswa akan mendapatkan materi dari perkuliahan di dalam kelas. Lalu, ilmu tersebut akan diperdalam dengan melakukan praktik.

Materi pembelajaran di jurusan ini disesuaikan dengan kebutuhan dan kompetensi lulusan yang diharapkan. Perguruan tinggi telah menyusun kurikulum dan mata kuliah untuk penyampaian materi tersebut. Berikut ini contoh mata kuliah Agroteknologi di Universitas Muhammadiyah Malang.

jurusan agroteknologi
jurusan agroteknologi
jurusan agroteknologi
jurusan agroteknologi
jurusan agroteknologi

Perguruan Tinggi yang Membuka Jurusan Ini

Jurusan Agroteknologi bisa ditemukan di berbagai perguruan tinggi terutama yang memiliki Fakultas Pertanian. Jurusan ini tersebar di banyak institusi baik itu negeri atau swasta. Beberapa perguruan tinggi yang membuka jurusan ini yaitu:

  • Universitas Muhammadiyah Malang
  • Universitas Padjadjaran
  • Universitas Sebelas Maret
  • Universitas Jenderal Soedirman
  • Universitas Gunadarma
  • Universitas Kristen Satya Wacana
  • Institut Pertanian Stiper Yogyakarta
  • Universitas Islam Riau
  • Universitas Halu Oleo

Itulah artikel tentang Mengenal Jurusan Agroteknologi, Program Penting di Industri Pertanian. Kamu bisa memilih jurusan ini jika tertarik untuk mempelajari pertanian.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Baca Juga Yang Lainnya…

Raih Impian Masuk Kampus Pilihanmu Bersama Indonesia College. Tersedia Bimbingan Khusus PTN dan Sekolah Kedinasan