Yuk, Mengenal Lebih Jauh Program IISMA dan Pendaftarannya

Yuk, Mengenal Lebih Jauh Program IISMA dan Pendaftarannya

Kampus Merdeka mempunyai beberapa program, salah satunya yaitu program IISMA. Program ini merupakan program pertukaran dengan universitas lain dari seluruh dunia untuk bertukar budaya. Yuk, simak lebih lengkap mengenai program IISMA di sini!

Yuk! Mengenal Gerakan Indonesia Mengajar dan Programnya

Yuk! Mengenal Gerakan Indonesia Mengajar dan Programnya

Gerakan Indonesia Mengajar (IM) merupakan inisiatif masyarakat yang berani memajukan pendidikan mulai dari pelosok Indonesia. Kamu tertarik untuk ikut? Yuk, simak info selengkapnya mengenai Indonesia Mengajar di sini!

Informasi Lengkap Pendaftaran Beasiswa Merdeka Pendidikan

Informasi Lengkap Pendaftaran Beasiswa Merdeka Pendidikan

Beasiswa Merdeka Pendidikan merupakan program persembahan dari Kitabisa dengan membantu pelajar (SMA/SMK dan mahasiswa) aktif yang membutuhkan biaya pendidikan tambahan. Kamu tertarik untuk ikut? Yuk, simak informasi selengkapnya di sini!

Mengenal Jurusan Perencanaan Wilayah Dan Kota

oleh | Jun 17, 2022 | Blog, Jurusan Kuliah | 0 Komentar

Jurusan Perencanaan Wilayah Dan Kota –  Saat ini pembangunan di beberapa wilayah atau daerah di Indonesia masih kurang begitu memperhatikan tata kota yang baik. Oleh karenanya, peran lulusan prodi Perencanaan Wilayah dan Kota sangat diperlukan. Apa itu jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota? Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) dikenal juga dengan jurusan Teknik Planologi.

Sebagai mahasiswa PWK, kamu akan dibekali keterampilan menyusun rencana tata ruang hingga mengevaluasi berbagai kebijakan dan program. Hasil karya dari mahasiswa PWK diperlukan untuk menciptakan kondisi masa mendatang yang lebih baik lagi. Kamu akan berkontribusi kepada masyarakat untuk menciptakan kota yang nyaman, asri, dan layak dihuni.  

Bagi kamu yang ingin membangun kota dengan penataan yang baik jurusan ini bisa dijadikan pilihan. Jurusan ini cocok untuk kamu yang senang menganalisis dan memecahkan masalah. Bagi kamu yang ingin melanjutkan studi di prodi ini, yuk, Mengenal Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota di bawah ini.

Mengenal Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota

Sebagai mahasiswa PWK, kamu akan melakukan perencanaan wilayah, menentukan tata guna lahan, sampai sistem transportasi. Dalam perencanaan, kamu harus bisa melihat dari berbagai aspek seperti aspek sosial, ekonomi, dan politik. Hal terpenting dengan rencana ini, kamu harus bisa menyelesaikan permasalahan di wilayah tersebut untuk masa sekarang maupun masa mendatang.

Sebagai mahasiswa PWK, kamu akan mempelajari ilmu yang sangat luas. Di prodi ini, kamu juga akan mempelajari mata kuliah bidang studi lain seperti geologi lingkungan, perpetaan, dan masih banyak lainnya. Selain mata kuliah keteknikan, kamu juga akan mempelajari ilmu-ilmu yang berkaitan dengan ilmu ekonomi, sosial, dan politik.

Jurusan ini mempelajari kondisi ruang di masa sekarang dan merencanakannya untuk kebutuhan di masa depan. Sebagai mahasiswa PWK kamu tidak hanya memperhatikan pada estetika bangunan di saja tetapi juga berkaitan dengan fungsi dan relasinya dengan penduduk yang ada di wilayah tersebut.

Pengetahuan dan keahlian yang diajarkan di jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota:

  • Kemampuan analisis
  • Kemampuan melakukan observasi
  • Detail dan terstruktur
  • Kemampuan problem solving
  • Kemampuan berpikir rasional
  • Kemampuan meneliti
  • Kemampuan komunikasi
  • Senang melakukan riset

Baca juga Mengenal Jurusan Arkeologi: Info Kuliah, Mata Kuliah, Daftar Kampus hingga Prospek Kerja

Apa yang Dipelajari Mahasiswa Perencanaan Wilayah dan Kota

Ada beberapa kampus yang membuka jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota di Indonesia. Tentunya, masing-masing kampus memiliki kurikulum yang tidak sama. Sebagai contoh, berikut mata kuliah Perencanaan Wilayah dan Kota di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).

Kampus yang Membuka Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota

Ada beberapa perguruan tinggi yang membuka jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota di Indonesia. Diantaranya merupakan perguruan tinggi negeri terbaik di Indonesia. Berikut daftar kampus yang membuka jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota.

  • Universitas Terbuka
  • Universitas Indonesia
  • Universitas Gadjah Mada
  • Universitas Hasanuddin
  • Universitas Diponegoro
  • Universitas Tarumanegara
  • Universitas Semarang
  • Universitas Lampung
  • Universitas Brawijaya
  • Institut Teknologi Bandung
  • Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Program Praktisi Mengajar merupakan salah satu bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Kemdikbudristek. Yuk, simak selengkapnya mengenai program Praktisi Mengajar di sini!

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

QS Asia University Rankings (QS AUR) merilis daftar perguruan tinggi terbaik di Asia setiap tahunnya. Nah, artikel kali ini akan membahas daftar 15 perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia menurut QS AUR 2023. Apa saja daftarnya? Simak di sini!

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

Kamu sebentar lagi akan lulus sekolah menengah dan bingung akan ambil jurusan apa? Ternyata ada beberapa jurusan yang langka di Indonesia dan bisa kamu jadikan pertimbangan untuk melanjutkan studi. Apa saja daftarnya? Yuk, simak di sini!