Mengenal Sejarah Dan Persyaratan Masuk Kedokteran Yarsi

oleh | Apr 15, 2020 | Blog | 0 Komentar

Sejarah Singkat Universitas Yarsi – Universitas YARSI didirikan oleh Yayasan Rumah Sakit Islam Indonesia (YARSI) pada awalnya sebagai Sekolah Tinggi Kedokteran YARSI pada tanggal 15 April 1967 dengan satu program studi kedokteran. Pendirian Sekolah Tinggi Kedokteran YARSI bertolak dari keprihatinan atas langkanya tenaga medik di Indonesia dan masih sangat terbelakangnya umat Islam dalam berpartisipasi di bidang pelayanan dan pendidikan kesehatan. Pada saat itu di Jakarta belum ada satu pun lembaga pendidikan kedokteran dan rumah sakit yang dikelola oleh lembaga Islam. Dalam perjalanannya, pada tahun 1969, sesuai dengan ketentuan undang-undang nomor 22 tahun 1961, lembaga ini berubah menjadi Sekolah Tinggi Kedokteran YARSI. Dengan adanya lembaga pendidikan ini, terbuka kesempatan bagi calon mahasiswa untuk mendapat pendidikan kedokteran dengan bekal iman Islam yang membimbing manusia akan hakekat kehidupan yang pada dasarnya hanya mencari keridhoan ALLAH SWT.

Universitas YARSI menempati areal kampus strategis di jalan Letnan Jenderal Suprapto, Cempaka Putih Jakarta Pusat yang menempati areal seluas 2,5 ha. Dengan modal yang dimiliki,Universitas YARSI berusaha mengoptimalkan aset yang ada untuk berkomitmen dan berkonsentrasi dalam proses pembelajaran bagi mahasiswa. Pihak Yayasan YARSI sampai tahun 2009 sudah dapat membangun 5 menara yang sangat megah, dengan 14 lantai yang representatif, serta beberapa gedung lain yang menurut rencana dibangun untuk mendukung semua kegiatan pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Mengenal Visi Misi Dari Kedokteran Yarsi

Visi Dari Kedokteran Yarsi adalah – untuk mewujudkan fakultas kedokteran islam yang bermutu, terpandang, berwibawa dan juga mampu berkompetisi pada forum Nasional dan internasional.

Misi Dari Kedokteran Yarsi Adalah

Berdasarkan dari visi yang sebelum nya sudah di tetapkan, maka Fakultas kedokteran universitas Yarsi mempunyai misi berikut ini :

  • Untuk mewujudkan pendidikan kedokteran yang bermutu dan juga diakreditasi baik secara nasional dan juga internasional dan dapat menghasilkan dokter muslim yang bermutu dan mengamalkan profesinya sesuai dengan syariat islam.
  • Untuk melaksanakan kajian dan juga penelitian yang bermutu, sehingga menghasilkan pengetahuan dan juga teknologi baru yang bermanfaat bagi kemanusian yang sesuai dengan syariat islam
  • Untuk melaksanakan berbagai bentuk pengabdian kepada masyarakat sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat sesuai dengan ajaran islam
  • Untuk mengembangkan kelembagaan yang bertata kelola baik atau ( Good Faculty Governance ) dan juga berorientasi pada mutu dan mampu bersaing di kanca Nasional dan Internasional

Persyaratan masuk Fakultas Kedokteran GIGI Yarsi

  1. Pas foto terbaru ukuran 3×4, berwarna, 4 lembar.
  2. Menyerahkan Surat Keterangan dari Kepala sekolah yang menyatakan bahwa pendaftar adalah siswa kelas 12 dan fotokopi rapor (rapor kelas 10, 11, dan 12). Menyerahkan fotokopi Ijazah dan SKHUN yang telah dilegalisir kepala sekolah dan fotocopy rapor lengkap (Bagi lulusan Tahun Ajaran 2018 dan 2017 ).
  3. Memperlihatkan Rapor dan Kartu Keluarga asli.
  4. Menyerahkan bukti tanda pemeriksaan kesehatan dari Klinik YARSI.
  5. Calon Mahasiswa harus berasal dari SMA/MA jurusan IPA.
  6. Menyerahkan dokumen (Surat Penyetaraan UN) kepada petugas PMB agar diproses lebih lanjut (Khusus Lulusan Sekolah Luar Negeri, Kelas Akselerasi, Sekolah dengan program Internasional).

Prosedur Pendaftaran Masuk Kedokteran Yarsi

  1. Mengisi formulir pendaftaran di sini
  2. Calon mahasiswa baru wajib melengkapi berkas persyaratan kepada petugas PMB Universitas YARSI.
  3. Calon mahasiswa baru wajib mengikuti Pemeriksaan Kesehatan di Klinik YARSI dan menyerahkan bukti pemeriksaan ke petugas PMB Universitas YARSI. Mohon download form Pernyataan di bawah ini dan Anda wajib mengisi formulir Pernyataan Kesehatan tersebut (dibubuhi tanda tangan orang tua/wali diatas materai Rp 6.000,00) yang akan diserahkan ke konter PMB pada saat mencetak Kartu Ujian.
  4. Bagi wilayah JABODETABEK : Pengambilan kartu ujian dan Pemeriksaan Kesehatan dilaksanakan sehari setelah pengisian formulir pendaftaran sesuai dengan jadwal yang ditentukan.
    Bagi wilayah diluar JABODETABEK : Pengambilan kartu ujian dan Pemeriksaan Kesehatan dilaksanakan maksimal 2 (dua) hari sebelum Hari Ujian berlangsung.
  5. Melakukan pembayaran formulir pendaftaran mahasiswa baru sebesar Rp. 750.000,- (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah) ke Rekening atas nama Yayasan YARSI melalui Bank Mandiri Nomor 120.000.000.108.6 atau Bank BRI Nomor 2079.01.00000530.8
  6. Menyerahkan bukti pembayaran formulir pendaftaran ke petugas PMB Universitas YARSI langsung atau melalui nomor fax 021 4213065 atau email ke pmb@yarsi.ac.id
  7. Mencetak Kartu Ujian masuk dan jadwal pelaksanaan Seleksi Tahap 1 (Tes Kemampuan Dasar Akademik/TKDA) .
  8. Bagi Calon mahasiswa baru yang telah lengkap persyaratan administrasi maka dilanjutkan ke Seleksi Penerimaan Tahap 1 (Tes Kemampuan Dasar Akademik/TKDA) yang terdiri dari Matematika, Kimia, Fisika, dan Biologi.
  9. Pengumuman resmi hasil Seleksi Tahap 1 dapat dilihat melalui situs ( www.yarsi.ac.id/pendaftaran-mahasiswa-baru.html ) atau di konter PMB Universitas YARSI.
  10. Apabila dinyatakan memenuhi syarat dalam hasil Seleksi Tahap 1, maka diwajibkan mengikuti Seleksi Tahap 2 (meliputi Tes Bakat dan Kemampuan serta Tes Kesehatan Lanjutan).
  11. Keputusan penerimaan mahasiswa baru adalah setelah dinyatakan Lulus Seleksi Tahap 1 dan Seleksi Tahap 2.
  12. Pengumuman diinformasikan melalui website Universitas YARSI.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

Cara Dan Tahapan Pendaftaran AKPOL Terbaru

Cara Dan Tahapan Pendaftaran AKPOL Terbaru

Akademi kepolisian atau sering disebut juga dengan AKPOL merupakan sebuah sekolah ikatan dinas yang dinaungi oleh kalemdikpol dengan tujuan untuk mendidik dan mencetak para taruna Akpol menjadi perwira polri nantinya.