Yuk, Mengenal Lebih Jauh Program IISMA dan Pendaftarannya

Yuk, Mengenal Lebih Jauh Program IISMA dan Pendaftarannya

Kampus Merdeka mempunyai beberapa program, salah satunya yaitu program IISMA. Program ini merupakan program pertukaran dengan universitas lain dari seluruh dunia untuk bertukar budaya. Yuk, simak lebih lengkap mengenai program IISMA di sini!

Yuk! Mengenal Gerakan Indonesia Mengajar dan Programnya

Yuk! Mengenal Gerakan Indonesia Mengajar dan Programnya

Gerakan Indonesia Mengajar (IM) merupakan inisiatif masyarakat yang berani memajukan pendidikan mulai dari pelosok Indonesia. Kamu tertarik untuk ikut? Yuk, simak info selengkapnya mengenai Indonesia Mengajar di sini!

Informasi Lengkap Pendaftaran Beasiswa Merdeka Pendidikan

Informasi Lengkap Pendaftaran Beasiswa Merdeka Pendidikan

Beasiswa Merdeka Pendidikan merupakan program persembahan dari Kitabisa dengan membantu pelajar (SMA/SMK dan mahasiswa) aktif yang membutuhkan biaya pendidikan tambahan. Kamu tertarik untuk ikut? Yuk, simak informasi selengkapnya di sini!

Pendaftaran Sipencatar STIP Jakarta Jalur Non Reguler Mandiri

oleh | Jun 3, 2022 | Blog, Sekolah Kedinasan | 0 Komentar

STIP Jakarta Jalur Non Reguler –  Sekolah kedinasan dalam naungan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membuka penerimaan taruna baru melalui jalur Non Reguler Mandiri. Salah satu sekolah kedinasan yang ikut dalam penerimaan ini yaitu STIP Jakarta. Pada seleksi jalur ini, STIP Jakarta membuka pendaftaran untuk 3 program studi yaitu Nautika, Teknika, dan Ketatalaksanaan Angkutan Laut dan Kepelabuhan (KALK). 

Sekolah kedinasan ini mengundang putra dan putri terbaik bangsa Indonesia lulusan SMA/sederajat untuk dididik menjadi Taruna/Taruni Diklat Perhubungan yang professional dibidang transportasi untuk memenuhi kebutuhan Industri/Operator Transportasi. Pendaftaran dibuka pada 11 April sampai 15 Juli 2022.

Bagi kamu yang berminat mendaftar, simak informasinya berikut ini.

Persyaratan Program Studi

  • Calon taruna/taruni hanya berhak memilih 1 Program studi yang ditawarkan.
  • Calon taruna/taruni wajib memperhatikan secara seksama program studi yang tersedia sesuai dengan persyaratan ijazah kelulusan / jurusan dari SMA/sederajat sebelum melakukan pendaftaran.
  • Kesalahan pendaftaran terhadap pilihan Program Studi tidak dapat dianulir.
  • Calon taruna/taruni dapat memilih program studi yang ditawarkan tanpa dibatasi domisili asal.

Program Studi dan Persyaratan Ijazah Kelulusan/Jurusan

  1. D-IV Nautika

SMA/MA (IPA) sederajat, SMK Pelayaran Kapal Niaga Jurusan Nautika Kapal Niaga (yang telah approved direktorat jenderal perhubungan laut (DJPL)).

2. D-IV Teknika

SMA/MA (IPA) sederajat, SMK Pelayaran Kapal Niaga Jurusan Nautika Kapal Niaga (yang telah approved Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (DJPL)), SMK Jurusan Teknik Mesin, Teknik Otomotif, Teknik Elektronika (Kecuali Teknik Audio Video dan Instrumentasi Medik), Teknik Ketenagalistrikan, Teknik Pemesinan Kapal, Teknik Instrumentasi Industri, Teknik Industri.

3. D-IV KALK (Ketatalaksanaan Angkutan Laut dan Kepelabuhan)

SMA/MA (IPA dan IPS) sederajat, SMK Pelayaran Kapal Niaga Jurusan KPN, SMK Bidang Bisnis dan Pemasaran, Manajemen Perkantoran, Akutansi dan Keuangan, Teknik Komputer dan Informatika, Teknik Telekomunikasi, Logistik.

Baca juga Penerimaan Taruna Baru PIP Semarang Jalur Non Reguler (Mandiri)

Persyaratan Pendaftaran

1. WNI.

2. Usia maksimal 23 tahun dan minimal 16 tahun pada 1 September 2022.

3. Persyaratan nilai (bukan hasil pembulatan) Calon Taruna / Taruni Non Reguler Mandiri:

  • Untuk lulusan tahun 2021 dan sebelumnya, memiliki nilai rata-rata ujian yang tertulis pada ijazah tidak kurang dari 7,0 (skala penilaian 1-10) / 70,00 (skala penilaian 10-100) / 2,8 (skala penilaian 1-4).
  • Untuk lulusan tahun 2022 memiliki nilai rata-rata rapor untuk komponen pengetahuan pada 2 semester (semester genap kelas XI serta semester gasal kelas XII) 70,00 (skala penilaian 10-100) dengan ketentuan pada saat pendaftaran ulang yang bersangkutan dinyatakan lulus dengan menunjukkan Ijazah Sekolah Lanjutan Tingkat Atas/Sederajat.
  • Untuk lulusan tahun 2021 dan sebelumnya, jika nilai rata-rata ijazah menggunakan skala penilaian 1-10 atau skala penilaian 1-4 diwajibkan untuk mengkonversi nilai tersebut menjadi skala penilaian 10-100 dengan melampirkan surat keterangan dari Sekolah Asal yang ditandatangani Kepala Sekolah.

4. Bagi lulusan luar negeri atau memiliki ijazah berbahasa asing melampirkan surat penyetaraan / persamaan ijazah dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

5. Tinggi badan Pria 160 cm dan Wanita 155 cm.

6. Berbadan sehat, tidak cacat fisik dan mental, bebas HIV/AIDS serta bebas narkoba.

7. Calon taruna tidak bertato/bekas tato dan tidak di tindik/bekas tindik telinganya/anggota badan lainya, kecuali yang disebabkan oleh ketentuan agama/adat (dibuktikan dengan surat keterangan dari pemuka agama/adat).

8. Calon taruni tidak bertato/bekas tato dan tidak di tindik/bekas tindik anggota badan lainya selain telinga dan tidak bertindik/bekas tindik di telinga lebih dari 1 pasang (telinga kanan dan kiri), kecuali yang disebabkan oleh ketentuan agama/adat (dibuktikan dengan surat keterangan dari pemuka agama/adat).

9. Ketajaman penglihatan normal dan tidak ada kelainan buta warna baik persial maupun total dengan melampirkan surat pernyataan tidak buta warna pada saat pendaftaran.

10. Tidak sedang menjalani dan terancam hukuman pidana karena melakukan kejahatan.

11. Belum pernah diberhentikan dengan tidak hormat dan / atau mengundurkan diri sebagai taruna/taruni perguruan tinggi di lingkungan Kementerian Peruhubungan.

12. Bersedia diberhentikan dengan tidak hormat jika melakukan tindakan kriminal antara lain mengkomsumsi dan/atau memperjualbelikan narkoba, melakukan tindakan kekerasan (Perkelahian, Pemukulan, Pengeroyokan, Perundungan) dan melakukan tindakan asusila atau penyimpangan seksual.

13. Dinyatakan gugur apabila terbukti melakukan pemalsuan identitas/dokumen.

14. Melakukan pembayaran biaya pendaftaran sesuai perguruan tinggi yang dituju (besaran biaya dapat dilihat di http://sipencatar.stipjakarta.ac.id).

15. Bersedia menandatangani formulir pernyataan calon Taruna/Taruni SIPENCATAR Kementerian Perhubungan Tahun 2022 (bermaterai 10.000 rupiah).

16. Memiliki email dan nomor telepon yang masih aktif dan valid untuk sarana penyampaian perkembangan informasi proses seleksi (disarankan menggunakan gmail).

Tahapan, Jenis, dan Biaya Seleksi

1. Seleksi Sipencatar mempunyai 2 tahapan:

  • Seleksi Tahap I menggunakan sistem gugur.
  • Seleksi Tahap II tidak menggunakan sistem gugur.

2. Biaya seleksi setiap tahapan menjadi tanggungan calon taruna/taruni.

3. Tata cara pembayaran seleksi melalui code billing/virtual account setelah dokumen diverifikasi oleh panitia.

Jadwal Seleksi

1.           Pendaftaran: 11 April – 15 Juli 2022

2.           Seleksi Administrasi

3.           Test Potensi Akademik

4.           Pengumuman TPA

5.           Pembayaran Test Tahap 2

6.           Tes Kesehatan, Psikotes, Tes Kesamaptaan dan Wawancara

7.           Pantukhir

8.           Pengumuman Hasil Kelulusan

9.           Daftar Ulang

10.        Lapor Diri

11.        Pertemuan Orang Tua CATAR

12.        Masuk Asrama

13.        Madatukar

14.        Awal Perkuliahan Semester I

Bagi kamu yang ingin mendaftar jalur ini, masih ada kesempatan! Simak, Pendaftaran Sipencatar STIP Jakarta Jalur Non Reguler Mandiri di atas, ya!


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Program Praktisi Mengajar merupakan salah satu bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Kemdikbudristek. Yuk, simak selengkapnya mengenai program Praktisi Mengajar di sini!

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

QS Asia University Rankings (QS AUR) merilis daftar perguruan tinggi terbaik di Asia setiap tahunnya. Nah, artikel kali ini akan membahas daftar 15 perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia menurut QS AUR 2023. Apa saja daftarnya? Simak di sini!

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

Kamu sebentar lagi akan lulus sekolah menengah dan bingung akan ambil jurusan apa? Ternyata ada beberapa jurusan yang langka di Indonesia dan bisa kamu jadikan pertimbangan untuk melanjutkan studi. Apa saja daftarnya? Yuk, simak di sini!