Penerimaan Taruna Baru PIP Semarang Jalur Non Reguler (Mandiri)

by | May 30, 2022 | Blog, Sekolah Kedinasan | 0 comments

PIP Semarang Jalur Non Reguler – PIP Semarang membuka kesempatan bagi masyarakat Indonesia untuk menjadi taruna pelayaran. Salah satu jalur yang dibuka yaitu non reguler atau bisa disebut sebagai jalur mandiri. Jalur mandiri ini membuka pendaftaran untuk jenis program Diploma-IV.

Jalur Non Reguler (mandiri) PIP Semarang membuka 3 program studi yaitu D IV Nautika, D IV Teknika, dan D IV Tata Laksana Angkutan Laut dan Kepelabuhan. Apa saja ketentuan dan informasi lainnya? Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

Persyaratan

  1. WNI.
  2. Usia minimal 16 tahun dan maksimal 23 tahun per 1 September 2022.
  3. Tinggi minimal pria 160 cm dan wanita 155 cm.
  4. Nilai rata-rata ijazah:
  • Lulusan tahun T-1 dan sebelumnya, memiliki nilai rata-rata ujian yang tertulis di ijazah tidak kurang dari 7,0 (skala penilaian 1-10) atau 70,00 (skala penilaian 10-100) atau 2,8 (skala penilaian 1-4).
  • Bagi ijazah belum terbit, dapat menggunakan daftar nilai ujian sekolah dan atau nilai rapor dengan rata-rata nilai komponen pengetahuan pada semester 1 sampai 5 tidak kurang dari 7,0 (skala penilaian 1-10) atau 70,00 (skala penilaian 10-100) atau 2,8 (skala penilaian 1-4).

5. Berbadan sehat, tidak cacat fisik dan mental, bebas HIV/AIDS serta bebas narkoba.

6. Tidak bertato atau bekas tato, tidak bertindik atau bekas tindik pada anggota badan lainnya, kecuali yang disebabkan oleh ketentuan agama/adat.

7. Tidak sedang menjalani dan atau terancam hukuman pidana karena melakukan kejahatan.

8. Belum pernah diberhentikan secara tidak hormat dan atau mengundurkan diri sebagai taruna/taruni di lingkungan Badan Pengembangan SDM Perhubungan.

9. Bersedia diberhentikan dengan tidak hormat jika melakukan tindakan kriminal antara lain mengkonsumsi dan atau memperjualbelikan narkoba, melakukan tindakan kekerasan, dan melakukan tindakan asusila atau penyimpangan seksual.

10. Ketajaman penglihatan normal dan tidak buta warna.

11. Bersedia menandatangani surat pernyataan calon taruna/taruni bermaterai yang berisi tentang kesanggupan tidak menikah sebelum dan selama pendidikan, baik surat pernyataan dalam bentuk tertulis atau secara digital.

12. Menyetujui hasil seleksi penerimaan taruna/taruni baru, bersedia diberhentikan secara tidak hormat jika terbukti melakukan tindak kriminal.

13. Memiliki surat elektronik/email dan nomor telepon yang aktif.

14. Lulus SMA/MA/SMK/sederajat, dengan ketentuan syarat ijazah sebagai berikut:

No. Program Studi Persyaratan Ijazah/Peminatan/Bidang Keahlian/Program Keahlian
1 D IV Nautika SMA/MA peminatan MIPA/IPA/sederajat.SMK Kompetensi Nautika Kapal Niaga (yang telah approved DJPL).
2 D IV Teknika SMA/MA peminatan MIPA/IPA/sederajat.SMK Kompetensi Teknika Kapal Niaga (yang telah approved DJPL).SMK/MAK program keahliah:Teknik MesinTeknik OtomotifTeknik Elektronika (kecuali Kompetensi Teknik Audio Video dan Instrumentasi Medik)Teknik KetenagalistrikanTeknik Instrumentasi IndustriTeknik Perkapalan Khusus Kompetensi Teknik Permesinan Kapal dan Teknik Kelistrikan Kapal
3 D IV Tata Laksana Angkutan Laut dan Kepelabuhan SMA/MA peminatan MIPA/IPA/sederajatSMA/MA peminatan IPS/sederajatSMK program keahlian Pelayaran Kapal Niaga (yang telah approved DJPL)SMK/MAK Bidang Keahlian Bisnis dan ManajemenSMK/MAK Bidang Keahlian Teknologi Informasi dan Komunikasi

Baca juga Berbagai Informasi Mengenai Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang

Tata Cara Pendaftaran

  • Pendaftar wajib memastikan email yang akan digunakan masih aktif.
  • Melakukan pendaftaran online dan mengunggah dokumen melalui portal https://pendaftaran.pip-semarang.ac.id dimulai 12 April – 13 Mei 2022.
  • Pengisian formulir pendaftaran harus sesuai dengan berkas yang akan diunggah ketika dinyatakan lulus seleksi atau ketika proses daftar ulang berlangsung. Berkasnya antara lain:
  1. Foto terbaru, setengah badan menggunakan kemeja putih berlatar belakang merah, menghadap ke depan (format jpg, maksimal 500kb).
  2. KTP, bagi pendaftar yang belum memiliki KTP dapat menggunakan Surat Keterangan Kependudukan (format pdf, maks 500kb).
  3. Ijazah SMA/MA/SMK/MAK/sederajat bagi pendaftar yang telah LULUS (format pdf, maks 500kb).
  4. Bagi peserta yang ijazah belum terbit dapat menggunakan SKL/Surat Keterangan Masih Aktif di semester akhir dengan melampirkan Rekap Nilai Ujian Sekolah dan atau Rekap Nilai Rapor semester 1 s.d 5 (format pdf, maks 500kb).
  5. KK (format pdf, maks 500kb).
  6. Akta Kelahiran (format pdf, maks 500kb).
  7. Surat Keterangan Spektrum (khusus lulusan SMK/MAK). Surat keterangan ini hanya diperuntukkan bagi lulusan SMK/MAK yang nama program studinya belum disesuaikan dengan Perdirjen Dikdasmen Nomor 06/D.D5/KK/2018 tahun 2018. (format dapat diunduh di https://pendaftaran.pip-semarang.ac.id (format file pdf maks 500 kb dan dijadikan 1 file ijazah/SKL).
  8. Surat pernyataan calon taruna/taruni bermaterai Rp10.000 (format pdf, maks 500kb).
  9. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) terbaru (format pdf, maks 500kb).
  10. Kartu ujian seleksi yang telah distempel dan paraf oleh panitia pada setiap tahapan seleksi (format pdf, maks 500kb).
  • Poin (1), (2), dan (3)/(4) digunakan untuk diunggah pada proses pendaftaran.
  • Poin (1) s.d (10) digunakan untuk diunggah pada proses daftar ulang.

Tahapan dan Biaya Seleksi

  1. Tahapan seleksi tidak menggunakan sistem gugur, kecuali seleksi administrasi.
  2. Jadwal dan ketentuan pelaksanaan tiap seleksi akan diumumkan lebih lanjut melalui portal https://pendaftaran.pip-semarang.ac.id.
  3. Biaya seleksi dibayarkan secara total dari semua tahapan, kecuali pada tahapan seleksi administrasi.
  4. Tata cara pembayaran telah disediakan di https://pendaftaran.pip-semarang.ac.id.
  5. Biaya pendaftaran Rp135.000.
  6. Biaya pendaftaran dan biaya seleksi tidak dapat ditarik kembali bila sudah disetorkan.
  7. Tahapan dan biaya seleksi sebagai berikut.

8. Setiap transaksi pembayaran dilakukan menggunakan VA (Virtual Account) di akun masing-masing pendaftar.

9. Setiap informasi terbaru terkait pelaksanaan sipencatar Non Reguler diinformasikan melalui portal https://pendaftaran.pip-semarang.ac.id, media sosial, website resmi PIP Semarang.

Jadwal Pelaksanaan

  • Pendaftaran dan seleksi administrasi : 12 April – 13 Mei 2022
  • Perpanjangan masa pendaftaran : 13 – 31 Mei 2022
  • Seleksi : Juni
  • Pengumuman kelulusan : Juni

Catat Penerimaan Taruna Baru PIP Semarang Jalur Non Reguler (Mandiri) di atas jika kamu ingin menjadi taruna di sekolah kedinasan ini. Jangan lupa untuk segera mendaftar, ya!


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Baca Juga Yang Lainnya…

Raih Impian Masuk Kampus Pilihanmu Bersama Indonesia College. Tersedia Bimbingan Khusus PTN dan Sekolah Kedinasan