Persiapan yang Harus Kamu Lakukan Sebelum Ikut Seleksi IUP Kedokteran UGM

oleh | Feb 20, 2021 | Blog, IUP UGM, Kedokteran | 0 Komentar

International Undergraduate Program (IUP) Kedokteran di UGM merupakan salah satu program studi yang peminatnya terbilang cukup tinggi. Hal ini dikarenakan berbagai keuntungan yang didapat jika tergabung dalam kelas IUP.

Selain mendapatkan ilmu tentang kedokteran, mahasiswa yang tergabung dalam kelas IUP juga akan mendapat kesempatan untuk melangsungkan pendidikan di universitas partner UGM di luar negeri. Universitas-universitas tersebut tersebar di Asia, Australia, dan Eropa.

Guna menyaring potensi-potensi dari para pendaftarnya, UGM melakukan seleksi yang cukup ketat untuk kelas IUP. Terdapat berbagai tahapan seleksi yang perlu dihadapi oleh peserta sebelum akhirnya lolos dan menjadi mahasiswa IUP Kedokteran UGM.

Supaya tidak kaget saat mengikuti seleksi, ada baiknya bagi pendaftar untuk mempersiapkan diri terlebih dahulu. Simak berbagai tips persiapan seleksi IUP Kedokteran UGM di bawah ini.

Cari Informasi Terkini Terkait Pendaftaran IUP UGM

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum mendaftar di IUP Kedokteran UGM yaitu update tentang berbagai informasi terkait. Ketahui berbagai poin penting dari pendaftaran seperti persyaratan, jadwal, tahapan seleksi, hingga biaya masuk.

Sebagai gambaran, pendaftaran IUP Kedokteran UGM terbuka bagi lulusan SMA/MA jurusan IPA dengan ijazah tiga tahun terakhir. Pelaksanannya sendiri dilakukan dalam 3 gelombang yang jadwalnya akan diberitahukan melalui laman resmi Fakultas Kedokteran UGM atau http://um.ugm.ac.id/.

Ketahui Berbagai Jenis dan Tahapan Seleksi

Seleksi mahasiswa baru program IUP Kedokteran UGM memiliki sistem yang berbeda dibandingkan dengan penerimaan reguler atau IUP program studi lainnya. Terdapat serangkaian tes yang harus dilakukan jika ingin diterima menjadi mahasiswa di program ini.

Terdapat 6 tahapan dalam seleksi ini yaitu.

  • Academic English Proficiency Test (AcEPT)
  • Gadjah Mada Scholastic Test (GMST)
  • Minnesota Multiphasic Personality Inventory (MMPI)
  • Situational Judgement Test (SJT)
  • Interview

Pada gelombang pertama penerimaan tahun 2021 ini, seleksi tersebut akan dilaksanakan selama 3 hari. Hari pertama yaitu AcEPT dan dilanjutkan GMST di hari kedua. Kemudian, peserta yang lolos dua tahapan tersebut akan melanjutkan tes-tes lainnya di hari ketiga.

Mengasah Kemampuan Bahasa Inggris

Memiliki skill bahasa Inggris yang mumpuni sangat penting jika ingin lolos seleksi IUP Kedokteran UGM. Hal ini dikarenakan seluruh rangkaian tes masuknya dilakukan dengan bahasa Inggris baik tes tertulis maupun tes lisan.

Supaya lancar saat mengerjakan tes, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris. Salah satunya yaitu rajin membaca publikasi berbahasa Inggris (jurnal, artikel, atau berita). Hal ini dilakukan untuk memperbanyak vocabulary terutama kata-kata ilmiah.

Banyak Latihan Soal

Ujian tertulis merupakan tahapan awal dari seleksi IUP Kedokteran UGM. Peserta yang tidak lolos AcEPT dan GMST akan langsung dinyatakan gugur sehingga tidak bisa melanjutkan ke tahapan berikutnya. Oleh karena itu, persiapan yang matang perlu untuk dilakukan.

Perbanyak latihan soal terkait ke dua tes tersebut. Akan lebih baik apabila soal yang dipakai menggunakan bahasa Inggris sehingga pendaftar bisa lebih terbiasa.

Kemudian, cari juga contoh tes MMPI dan SJT berbahasa Inggris. Banyak orang yang ketika dihadapkan dengan ke dua tes tersebut akan merasa kaget dan kewalahan karena banyaknya soal yang diajukan. Akrabkan diri dengan tes tersebut sehingga saat ujian dapat mengerjakannya secara maksimal.

Melakukan Simulasi Seleksi

Supaya persiapan yang dilakukan lebih matang, bisa juga melakukan simulasi rangkaian tes dalam seleksi IUP Kedokteran UGM. Pada tes tertulis, simulasi ini akan berguna untuk membiasakan diri mengerjakan soal dalam waktu yang sudah disediakan.

Sedangkan pada tes lisan (wawancara), simulasi bisa memberikan kamu waktu untuk mempersiapkan jawaban atas berbagai pertanyaan yang diajukan. Terlebih lagi, wawancara dilakukan dengan bahasa Inggris. Simulasi ini akan membantu untuk melatih speaking sebelum ujian.

Ikut Bimbel Khusus IUP UGM

Selain tips-tips di atas, pertimbangkan juga untuk mengikuti bimbingan belajar yang fokus pada hal tersebut. Melalui bimbel ini, kamu akan mendapatkan berbagai materi sesuai dengan tes yang akan diujikan. Tidak hanya itu, di sini juga tersedia try out dan simulasi interview guna memberikan pengalaman seleksi yang sesungguhnya.

Bagi kamu yang ingin mendaftar kelas IUP UGM program studi selain kedokteran, bisa baca artikel Tips Lolos Berbagai Tahapan Seleksi IUP UGM, ya, untuk mengetahui macam-macam tes lainnya beserta tips mengerjakan.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

UNY Buka Seleksi Mandiri Berbagai Jalur

UNY Buka Seleksi Mandiri Berbagai Jalur

Seleksi Mandiri UNY – Tahun ajaran 2021/2022 akan segera dimulai. Berbagai perguruan tinggi baik negeri maupun swasta sudah mulai menerima peserta didik baru. Bagi universitas negeri, secara umum terdapat 3 jalur yang dibuka, yaitu SNMPTN, SBMPTN, dan Seleksi Mandiri....

8 Program Studi Terfavorit di UNY

8 Program Studi Terfavorit di UNY

Prodi Terfavorit UNY – Memilih jurusan kuliah merupakan kembimbangan yang umum bagi siapa pun yang ingin melanjutkan pendidikan. Berbagai pertimbangan seperti prospek kerja, tuntutan orang tua, atau kesesuaian minat merupakan aspek-aspek yang mempengaruhi pemilihan...

7 Tips Sukses UTBK Saat Berpuasa Ramadhan

7 Tips Sukses UTBK Saat Berpuasa Ramadhan

Tips UTBK – Pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer atau UTBK gelombang kedua dimulai pada Senin, 26 April 2021. Ujian ini dilaksanakan secara serempak di seluruh wilayah Indonesia dengan berbagai pusat tes yang telah ditentukan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan...