Yuk, Mengenal Lebih Jauh Program IISMA dan Pendaftarannya

Yuk, Mengenal Lebih Jauh Program IISMA dan Pendaftarannya

Kampus Merdeka mempunyai beberapa program, salah satunya yaitu program IISMA. Program ini merupakan program pertukaran dengan universitas lain dari seluruh dunia untuk bertukar budaya. Yuk, simak lebih lengkap mengenai program IISMA di sini!

Yuk! Mengenal Gerakan Indonesia Mengajar dan Programnya

Yuk! Mengenal Gerakan Indonesia Mengajar dan Programnya

Gerakan Indonesia Mengajar (IM) merupakan inisiatif masyarakat yang berani memajukan pendidikan mulai dari pelosok Indonesia. Kamu tertarik untuk ikut? Yuk, simak info selengkapnya mengenai Indonesia Mengajar di sini!

Informasi Lengkap Pendaftaran Beasiswa Merdeka Pendidikan

Informasi Lengkap Pendaftaran Beasiswa Merdeka Pendidikan

Beasiswa Merdeka Pendidikan merupakan program persembahan dari Kitabisa dengan membantu pelajar (SMA/SMK dan mahasiswa) aktif yang membutuhkan biaya pendidikan tambahan. Kamu tertarik untuk ikut? Yuk, simak informasi selengkapnya di sini!

Persyaratan, Jadwal, dan Biaya Pendaftaran Seleksi Mandiri Unsoed

oleh | Mei 25, 2022 | Blog, Jalur Masuk PTN | 0 Komentar

Seleksi Mandiri Unsoed – Selain SNMPTN dan SBMPTN, Unsoed membuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur Mandiri. Jalur ini biasa disebut jalur Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) Mandiri. SPMB Mandiri Unsoed meliputi dua jalur yaitu SPMB Mandiri UTBK dan SPMB Mandiri Non UTBK.

Pola seleksi SPMB Mandiri UTBK menggunakan nilai UTBK tahun 2022, nilai rapor SMA/SMK/MA/sederajat (semester 1-6), prestasi akademik dan lainnya termasuk prestasi olahraga dan seni serta keagamaan. Sedangkan, Seleksi SPMB Mandiri Non UTBK menggunakan nilai rapor SMA/SMK/MA, prestasi akademik dan prestasi lainnya. Yuk, simak lebih lengkapnya berikut ini.

Jalur Seleksi

Terdapat dua jalur seleksi SPMB Mandiri Unsoed, antara lain:

  1. SPMB Mandiri UTBK

Pola penerimaan mahasiswa baru yang menggunakan nilai UTBK tahun 2022, nilai rapor, dan prestasi siswa. SPMB Mandiri UTBK diperuntukkan bagi pendaftar Program Sarjana (Kelas Reguler dan Kelas Internasional) dan Program Diploma.

2. SPMB Mandiri Non UTBK

Pola penerimaan mahasiswa baru yang dilakukan melalui nilai rapor dan prestasi siswa SPMB Mandiri Non UTBK diperuntukkan bagi pendaftar Program Sarjana (Kelas Internasional) dan Program Diploma.

Peserta diperbolehkan mengikuti 2 jalur seleksi (SPMB Mandiri UTBK maupun SPMB Mandiri Non UTBK) dengan melakukan pendaftaran pada masing-masing jalur seleksi sesuai ketentuan yang berlaku.

Persyaratan Peserta

SPMB Mandiri UTBK

  • Memiliki nilai UTBK tahun 2022 yang dikeluarkan oleh LTMPT.
  • Memiliki nilai rapor SMA/SMK/MA semester 1-6.
  • Untuk calon peserta yang memiliki prestasi akademik, olahraga, seni, dan keagamaan, diminta untuk mengunggah dokumen bukti prestasi. Prestasi kejuaraan yang diperhitungkan adalah prestasi peringkat pertama sampai ketiga (atau sederajat) pada kegiatan kejuaraan/perlombaan tingkat Kabupaten, Provinsi, Nasional, dan Internasional.
  • Bersedia membayar Iuran Pengembangan Institusi yang dibayarkan satu kali saat registrasi mahasiswa baru sebagai sumbangan untuk peningkatan mutu proses pembelajaran dan prestasi kemahasiswaan.

SPMB Mandiri Non UTBK

  • Lulusan SMA/SMK/MA/sederajat, lulus tahun 2022, 2021, dan 2020 untuk Program Sarjana Kelas Internasional.
  • Lulusan SMA/SMK/MA/sederajat, lulus tahun 2022, 2021, 2020, 2019, dan 2018 untuk Program Diploma Tiga.
  • Memiliki nilai rapor SMA/SMK/MA semester 1-6.
  • Untuk calon peserta yang memiliki prestasi akademik, olahraga, seni, dan keagamaan diminta untuk mengunggah dokumen bukti prestasi. Prestasi kejuaraan yang diperhitungkan adalah prestasi peringkat pertama sampai ketiga (atau sederajat) pada kegiatan kejuaraan/perlombaan tingkat Kabupaten, Provinsi, Nasional, dan Internasional.
  • Bersedia membayar Iuran Pengembangan Institusi yang dibayarkan satu kali saat registrasi mahasiswa baru sebagai sumbangan untuk peningkatan mutu proses pembelajaran dan prestasi kemahasiswaan.

Pemilihan Program Studi

SPMB Mandiri UTBK

  1. Peserta dapat memilih prodi sebanyak-banyaknya 4 prodi, yaitu 2 prodi sarjana (kelas reguler dan atau kelas internasional) dan 2 prodi diploma.
  2. Peserta yang memiliki nilai UTBK Saintek hanya dapat memilih prodi yang masuk dalam kelompok Saintek.
  3. Peserta yang memiliki nilai UTBK Soshum hanya dapat memilih prodi yang masuk dalam kelompok Soshum.
  4. Peserta yang memiliki nilai UTBK Saintek serta Soshum (Campuran) dapat memilih prodi yang masuk kelompok Saintek serta Soshum.
  5. Khusus Prodi Kedokteran Umum dan Kedokteran Gigi harus memiliki nilai UTBK Saintek (kelompok UTBK Saintek) dan lulusan SMA/MA dari jurusan IPA.
  6. Khusus Prodi Farmasi harus memiliki nilai UTBK Saintek dan lulusan SMA/MA/SMK lingkup Biologi IPA.
  7. Urutan dalam pemilihan prodi menyatakan prioritas pilihan.

SPMB Mandiri Non UTBK

  1. Terdapat 3 kelompok ujian yaitu Saintek, Soshum, dan Campuran.
  2. Peserta dapat memilih prodi sebanyak-banyaknya 4 prodi, yaitu Program Sarjana (Kelas Internasional) dan 2 Program Studi Diploma.
  3. Urutan dalam pemilihan prodi menyatakan prioritas pilihan.

Baca juga Penerimaan Mahasiswa Baru ISI Yogyakarta Jalur Mandiri Sarjana Terapan dan Sarjana 2022

Jenis Mapel yang Harus Diisi

  • SMA/MA/Paket C IPA : Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Fisika, Kimia, Biologi
  • SMA/MA/Paket C IPS : Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Ekonomi, Geografi, Sosiologi, Sejarah
  • SMA/MA/Paket C Bahasa : Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Bahasa Asing, Antropologi, Sastra Indonesia, Sejarah
  • SMA/MA Teologi : Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris
  • SMK : Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris

Biaya Pendaftaran

  • Saintek/Soshum : Rp300.000
  • Campuran :  Rp 350.000

Biaya seleksi dapat dibayarkan melalui salah satu bank berikut: Bank Mandiri, BNI, BRI, BTN, dan Bank Jateng.

Jadwal SPMB Mandiri 2022

SPMB Mandiri UTBK

Pendaftaran: 13 Juni – 1 Juli 2022

Pengumuman: 11 Juli 2022

Registrasi: 13 Juli – 19 Juli 2022

SPMB Mandiri Non UTBK

Pendaftaran: 13 Juni – 13 Juli 2022

Pengumuman: 20 Juli 2022

Registrasi: 25 Juli – 29 Juli 2022

Itulah Persyaratan, Jadwal, dan Biaya Pendaftaran Seleksi Mandiri Unsoed. Semoga artikel di atas membantu kamu yang ingin mengikuti SPMB Mandiri Unsoed tahun 2022.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Trackbacks/Pingbacks

  1. Persyaratan, Daya Tampung, Biaya Pendaftaran, dan Jadwal Seleksi Mandiri Unnes | LKBB Indonesia college - […] Persyaratan, Jadwal, dan Biaya Pendaftaran Seleksi Mandiri Unsoed […]

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Program Praktisi Mengajar merupakan salah satu bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Kemdikbudristek. Yuk, simak selengkapnya mengenai program Praktisi Mengajar di sini!

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

QS Asia University Rankings (QS AUR) merilis daftar perguruan tinggi terbaik di Asia setiap tahunnya. Nah, artikel kali ini akan membahas daftar 15 perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia menurut QS AUR 2023. Apa saja daftarnya? Simak di sini!

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

Kamu sebentar lagi akan lulus sekolah menengah dan bingung akan ambil jurusan apa? Ternyata ada beberapa jurusan yang langka di Indonesia dan bisa kamu jadikan pertimbangan untuk melanjutkan studi. Apa saja daftarnya? Yuk, simak di sini!