Pilihan Prospek Kerja Jurusan Kesehatan Masyarakat, Apa Saja?

oleh | Sep 25, 2021 | Blog, Program Studi | 0 Komentar

Prospek Kerja Kesehatan Masyarakat – Kuliah di bidang kesehatan memang memiliki banyak peminat. Berkuliah di bidang ini memungkinkan lulusannya untuk nanti bisa bekerja di lingkup kesehatan. Di Indonesia sendiri, jurusan di bidang kesehatan cukup beragam dan salah satunya yaitu Kesehatan Masyarakat.

Jurusan Kesehatan Masyarakat merupakan program kuliah yang masih berada dalam rumpun ilmu kesehatan. Dibandingkan dengan jurusan kesehatan lainnya, program ini mungkin tidak begitu populer. Padahal, prospek kerja lulusan dari jurusan Kesehatan Masyarakat sangat luas karena banyak dibutuhkan.

Supaya kamu semakin bersemangat untuk masuk ke jurusan Kesehatan Masyarakat, berikut ini beberapa prospek kerja yang bisa diambil setelah lulus nanti. Simak sampai selesai, ya!

Kuliah Kesehatan Masyarakat

Sebelum masuk ke prospek kerja lulusan, kamu perlu terlebih dahulu mengetahui apa itu jurusan Kesehatan Masyarakat. Secara umum, di jurusan ini kamu akan mempelajari tentang berbagai hal mulai dari ilmu medis, ilmu sosial, manajemen, dan lain-lain. Ilmu tersebut dipelajari sesuai dengan tujuan jurusan ini.

Lulusan dari program ini diharapkan akan memiliki kompetensi dan kemampuan dalam bidang kesehatan masyarakat. Mahasiswa tidak hanya mempelajari ilmunya, tapi juga mengerti analisis masalah, mengidentifikasi, memecahkan, serta mengimplementasikan hasil belajarnya di masyarakat.

Berdasarkan laman program studi Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, lulusan dari jurusan ini diharapkan untuk bisa:

  • Melakukan kajian dan analisis.
  • Memahami dasar-dasar ilmu kesehatan masyarakat.
  • Merencanakan dan mengembangkan kebijakan.
  • Melakukan komunikasi efektif.
  • Merencanakan dan mengelola sumber dana.
  • Mengidentifikasi determinan sosial budaya.
  • Melakukan pemberdayaan masyarakat.
  • Memimpin dan berfikir sistem.

Di program ini sendiri, mahasiswa bisa memilih beberapa peminatan sesuai dengan tujuan kuliah. Di UI, ada beberapa peminatan di program Kesehatan Masyarakat yaitu:

  • Biostatistik
  • Epidemiolog
  • Informatika Kesehatan
  • Kesehatan Reproduksi
  • Manajemen Asuransi Kesehatan
  • Manajemen Informasi Kesehatan
  • Manajemen Pelayanan Kesehatan
  • Manajemen Rumah Sakit
  • Promosi Kesehatan
  • Keselamatan dan Kesehatan Kerja
  • Kesehatan Lingkungan

Baca juga 7 Jurusan Kuliah yang Menjanjikan di Era Digital.

Prospek Kerja Kesehatan Masyarakat

prospek kerja kesehatan masyarakat

Melihat peminatan jurusan yang banyak, tidak mengherankan jika lulusan jurusan ini memiliki pilihan pekerjaan yang cukup beragam. Kamu bisa bekerja di lingkungan kesehatan dan di luar itu. Beberapa prospek kerja yang bisa kamu ambil sebagai lulusan Kesehatan Masyarakat yaitu sebagai berikut.

Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)

Pilihan karier yang bisa diambil oleh lulusan Kesehatan Masyarakat salah satunya yaitu Keselamatan dan Kesehatan Kerja atau K3. Pekerjaan ini biasanya dibutuhkan oleh sebuah perusahaan untuk mengawasi dan memastikan keselamatan karyawannya yang bekerja di bidang berisiko tinggi seperti pabrik.

Epidemiolog

Bekerja sebagai epidemiolog akan membuatmu berkutat dengan penyakit yang mungkin menular di masyarakat. Kamu akan bekerja untuk menganalisis insiden, penyebaran, serta pengendalian penyakit dalam suatu populasi. Seorang epidemiolog akan mencari sumber penyakit, mencegah, dan merencanakan pengobatannya.

Biostatistician

Biostatistician akan cocok jika kamu tertarik dengan penelitian, biologi, matematika, dan juga statistika. Bekerja di bidang ini akan membuatmu berkutat dengan data, mengolahnya, serta melakukan pengembangan. Seorang biostatistician juga akan bisa bekerja di laboratorium baik itu milik pemerintah, rumah sakit, atau perusahaan swasta.

Administrator Pelayanan Kesehatan Masyarakat

Prospek kerja Kesehatan Masyarakat yang berikutnya yaitu menjadi healthcare administrator. Kamu akan bekerja di bidang kesehatan, tepatnya yaitu memastikan bahwa pelayanan yang dilakukan oleh tenaga medis tetap berkualitas dan efektif. Selain itu, kamu juga akan melakukan analisis ekonomi lingkungan, fasilitas kesehatan, dan perencanaan program.

Dosen

Jika tertarik untuk menjadi seorang pengajar, kamu bisa memilih jalan sebagai dosen. Setelah lulus S1, kamu perlu melanjutkan kuliah ke jenjang Magister terlebih dahulu. Kemudian, kamu bisa mendaftar sebagai dosen. Ketika menjadi dosen, kamu tidak hanya menjadi pengajar, namun juga melakukan penelitian untuk mengembangkan ilmu Kesehatan Masyarakat.

Itulah penjelasan tentang pilihan prospek kerja jurusan Kesehatan Masyarakat, apa saja? Lulusan program ini memiliki kompetensi yang luas karena mempelajari banyak hal seperti ilmu kesehatan dan ilmu masyarakat. Oleh karena itu, wajar saja jika lulusannya bisa bekerja dalam berbagai bidang.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

Mengenal Kelas Internasional di UII Yogyakarta

Mengenal Kelas Internasional di UII Yogyakarta

Kelas Internasional UII – Melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dapat dilakukan dengan mengikuti program perkuliahan di universitas. Program pendidikan yang bisa diikuti tidaknya kelas reguler, namun ada juga program lainnya seperti kelas ekstensi dan...

Kampus Swasta Terbaik Indonesia Versi Webometrics 2021

Kampus Swasta Terbaik Indonesia Versi Webometrics 2021

Kampus Swasta Terbaik – Melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi merupakan pilihan banyak orang selepas lulus dari Sekolah Menengah Atas. Pendidikan ini bisa didapat dari berbagai perguruan tinggi baik negeri maupun swasta. Di Indonesia sendiri, banyak yang...