Yuk, Mengenal Lebih Jauh Program IISMA dan Pendaftarannya

Yuk, Mengenal Lebih Jauh Program IISMA dan Pendaftarannya

Kampus Merdeka mempunyai beberapa program, salah satunya yaitu program IISMA. Program ini merupakan program pertukaran dengan universitas lain dari seluruh dunia untuk bertukar budaya. Yuk, simak lebih lengkap mengenai program IISMA di sini!

Yuk! Mengenal Gerakan Indonesia Mengajar dan Programnya

Yuk! Mengenal Gerakan Indonesia Mengajar dan Programnya

Gerakan Indonesia Mengajar (IM) merupakan inisiatif masyarakat yang berani memajukan pendidikan mulai dari pelosok Indonesia. Kamu tertarik untuk ikut? Yuk, simak info selengkapnya mengenai Indonesia Mengajar di sini!

Informasi Lengkap Pendaftaran Beasiswa Merdeka Pendidikan

Informasi Lengkap Pendaftaran Beasiswa Merdeka Pendidikan

Beasiswa Merdeka Pendidikan merupakan program persembahan dari Kitabisa dengan membantu pelajar (SMA/SMK dan mahasiswa) aktif yang membutuhkan biaya pendidikan tambahan. Kamu tertarik untuk ikut? Yuk, simak informasi selengkapnya di sini!

PMB Unjaya Yogyakarta: Punya Beberapa Jalur Seleksi Masuk, Yuk Cek di Sini!

oleh | Jul 4, 2022 | Blog, PTS | 0 Komentar

PMB Unjaya – Universitas Jenderal Achmad Yani (Unjaya) merupakan PTS di bawah naungan Yayasan Kartika Eka Paksi TNI AD. Kampus ini merupakan hasil penggabungan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) dan Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

Kampus ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas penjunjang pendidikan dengan biaya kuliah terjangkau dan dapat diangsur. Ada beberapa jalur seleksi masuk Unjaya yang bisa kamu pilih. Yuk, simak ketentuan dan informasi lebih lengkapnya di bawah ini.

Jalur Seleksi (Penelusuran Minat dan Kemampuan) PMDK

Jalur ini merupakan seleksi penerimaan calon mahasiswa melalui seleksi prestasi bidang akademik (rapor dan nilai UN), olahraga dan seni, atau undangan institusi. PMDK memungkinkan calon mahasiswa diterima tanpa mengikuti tes akademik dan mendapatkan potongan biaya pada semester 1, dengan ketentuan yang ditetapkan oleh Pimpinan Unjaya.

Persyaratan Umum

  • WNI.
  • Siswa/i SMA/MA/SMK/sederajat.
  • Lulusan SMA/MA/SMK/Paket C.

Persyaratan Khusus

Prodi yang Didaftar Persyaratan Khusus
Prodi Keperawatan (S1)Prodi Kebidanan (S1)Prodi Farmasi (S1)Prodi Rekam Medis dan Informasi Kesehatan (D3)Prodi Kebidanan (D3)Prodi Teknologi Bank Darah (D3) SMA/MA/SMK/Paket C seluruh jurusan.Khusus untuk prodi Farmasi (S1) berasal dari SMA/MA jurusan IPA dan SMK Kesehatan jurusan Farmasi/Farmasi Industri.Tinggi badan minimal 150 cm (Kebidanan dan Keperawatan putri) dan 155 cm (Keperawatan putra).Nilai rata-rata rapor semester 1-5 untuk lulusan tahun 2022 atau ijazah dan nilai dibelakangnya untuk lulusan tahun 2021 dan tahun sebelumnya minimal 7,5 atau sertifikat prestasi non akademik/atlit minimal tingkat kabupaten.Surat keterangan sehat dari dokter RS/puskesmas/klinik.Surat keterangan tidak buta warna dari dokter RS/puskesmas/klinik.Surat keterangan bebas HBsAg (Hepatitis B) dari dokter RS/puskesmas/PMI/Lab. Diagnostik.
Prodi Informatika (S1)Prodi Teknologi Informasi (S1)Prodi Teknik Industri (S1)Prodi Sistem Informasi (S1)Prodi Hukum (S1)Prodi Akuntansi (S1)Prodi Psikologi (S1)Prodi Manajemen (S1) SMA/MA/SMK/Paket C seluruh jurusan.Nilai rata-rata rapor semester 1-5 untuk lulusan tahun 2022, atau ijazah dan nilai dibelakangnya untuk lulusan tahun 2021 dan tahun sebelumnya minimal 7.0 atau sertifikat prestasi non akademik/atlit minimal tingkat Kabupaten.

Prosedur Seleksi

  1. Pendaftar membuat akun pada Sistem Informasi Calon Mahasiswa (Sicama) di https://sicama.unjaya.ac.id. Username dan password akan dikirimkan untuk diaktifkan melalui email yang dimasukkan saat pembuatan Sicama. Proses ini dapat dilakukan di mana saja (tidak harus datang ke kampus).
  2. Setelah akun aktif, pendaftar melakukan login ke aplikasi Sicama dan mengisi formulir pendaftaran, serta memilih Jalur Seleksi PMDK (sesuai jalur PMDK yang dipilih), kemudian pilih prodi yang didaftar, kemudian klik tombol SIMPAN.
  3. Pendaftar melakukan pembayaran biaya pendaftaran melalui BNI Virtual Account (VA) sesuai petunjuk di Sicama. Pada gelombang khusus proses ini tidak dilakukan karena gratis.
  4. Pendaftar mendapatkan konfirmasi pembayaran pendaftaran di Sicama.
  5. Pendaftar mengunggah scan berkas dokumen pendukung (sesuai jalur PMDK yang dipilih) ke aplikasi Sicama, dengan ketentuan berkas sebagai berikut.

6. Bagi pendaftar yang dinyatakan diterima diumumkan melalui akun masing-masing pendaftar di Sicama maksimal 5 hari kerja.

7. Bagi pendaftar yang dinyatakan diterima diwajibkan melakukan Registrasi Keuangan dan Pemberkasan Dokumen sesuai jadwal yang telah ditetapkan di Sicama.

8. Selesai.

Biaya dan Jadwal Pendaftaran

  • Gelombang Khusus: gratis
  • Gelombang 1 s.d 3: Rp200.000

Baca juga Ingin Kuliah di UT? Simak Informasi Pendaftarannya di Sini!

Jalur Seleksi One Day Service (ODS)

Jalur ini merupakan seleksi penerimaan calon mahasiswa melalui seleksi tes yang diselenggarakan dimana seluruh tahapan seleksi dimulai dari pendaftaran sampai dengan hasil tes selesai dalam waktu satu hari. Seleksi ODS dilaksanakan di Sekretariat PMB Unjaya dan dapat dilakukan secara online melalui Sicama.

Persyaratan Umum

  • WNI.
  • Siswa/i SMA/MA/SMK/sederajat.
  • Lulusan SMA/MA/SMK/Paket C/sederajat.

Persyaratan Khusus

Prodi yang Didaftar Persyaratan Khusus
Prodi Keperawatan (S1)Prodi Kebidanan (S1)Prodi Farmasi (S1)Prodi Rekam Medis dan Informasi Kesehatan (D3)Prodi Kebidanan (D3)Prodi Teknologi Bank Darah (D3) SMA/MA/SMK/Paket C seluruh jurusan.Khusus untuk prodi Farmasi (S1) berasal dari SMA/MA jurusan IPA dan SMK Kesehatan jurusan Farmasi/Farmasi Industri.Tinggi badan minimal 150 cm (Kebidanan dan Keperawatan putri) dan 155 cm (Keperawatan putra).Surat keterangan sehat dari dokter RS/puskesmas/klinik.Surat keterangan tidak buta warna dari dokter RS/puskesmas/klinik.Surat keterangan bebas HBsAg (Hepatitis B) dari dokter RS/puskesmas/PMI/Lab. Diagnostik.
Prodi Informatika (S1)Prodi Teknologi Informasi (S1)Prodi Teknik Industri (S1)Prodi Sistem Informasi (S1)Prodi Hukum (S1)Prodi Akuntansi (S1)Prodi Psikologi (S1)Prodi Manajemen (S1) SMA/MA/SMK/Paket C seluruh jurusan.

Prosedur dan Tahapan Seleksi

  1. Pendaftar membuat akun pada sistem Informasi Calon Mahasiswa (Sicama) di https://sicama.unjaya.ac.id. Username dan password akan dikirimkan untuk diaktifkan melalui email yang dimasukkan saat pembuatan akun Sicama. Proses ini dapat dilakukan dimana saja (tidak harus datang ke kampus).
  2. Setelah akun aktif, pendaftar melakukan login ke aplikasi Sicama dan mengisi formulir pendaftaran, serta memilih Jalur Seleksi ODS, menentukan waktu pelaksanaannya, kemudian pilih prodi yang didaftar, kemudian klik tombol SIMPAN.
  3. Pendaftar melakukan pembayaran biaya pendaftaran melalui BNI Virtual Account (VA) sesuai petunjuk di Sicama. Pendaftar mendapatkan konfirmasi pembayaran pendaftaran di Sicama.
  4. Pendaftar melakukan ujian Computer Based Test (CBT) secara online di Sicama dan menerima hasil ujian maksimal 1×24 jam setelahnya melalui Sicama.
  5. Khusus untuk mendaftar prodi di Fakultas Kesehatan, setelah melakukan ujian CBT pendaftar diwajibkan mengunggah:
  • Scan PDF surat keterangan sehat dari dokter rumah sakit/puskesmas/klinik.
  • Scan PDF surat keterangan tidak buta warna dari dokter rumah sakit/puskesmas/klinik.
  • Scan PDF surat keterangan bebas HBsAg (Hepatitis) dari dokter rumah sakit/puskesmas/klinik/PMI/Lab. Diagnostik.

6. Bagi pendaftar yang dinyatakan diterima diwajibkan melakukan Registrasi Keuangan dan Pemberkasan Dokumen sesuai jadwal yang telah ditetapkan di Sicama.

7. Selesai.

Biaya dan Jadwal Pendaftaran

Pendaftar seleksi ODS dapat memilih maksimal 2 prodi dengan biaya pendaftaran sebesar Rp200.000.

Jalur Seleksi Berbasis Nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK)

Jalur ini merupakan seleksi kolektif yang memungkinkan calon mahasiswa Unjaya mendaftar dengan tanpa tes dan bebas biaya pendaftaran serta mendapatkan potongan biaya di semester 1 dengan menggunakan nilai hasil UTBK yang dikelola oleh LTMPT.

Persyaratan Umum

  • WNI.
  • Lulusan SMA/MA/SMK/Paket C sederajat yang memenuhi persyaratan khusus.
  • Mempunyai skor nilai UTBK.

Persyaratan Khusus

Prodi yang Didaftar Persyaratan Khusus
Prodi Keperawatan (S1)Prodi Kebidanan (S1)Prodi Rekam Medis dan Informasi Kesehatan (D3)Prodi Kebidanan (D3)Prodi Teknologi Bank Darah (D3) SMA/MA/SMK seluruh jurusan.Mempunyai sertifikat hasil UTBK LTMPT.Surat keterangan sehat, tidak buta warna dari dokter RS/puskesmas/klinik.Surat keterangan bebas HBsAg dari dokter RS/puskesmas/PMI/Lab. Diagnostik.Tinggi badan minimal 150 cm (Kebidanan dan Keperawatan putri) dan 155 cm (Keperawatan putra).
Prodi Informatika (S1)Prodi Teknologi Informasi (S1)Prodi Teknik Industri (S1)Prodi Sistem Informasi (S1)Prodi Hukum (S1)Prodi Akuntansi (S1)Prodi Psikologi (S1)Prodi Manajemen (S1) SMA/MA/SMK seluruh jurusan.Mempunyai sertifikat hasil UTBK LTMPT.

Prosedur dan Tahapan Seleksi

  1. Buat akun di Sistem Informasi Calon Mahasiswa (Sicama) sicama.unjaya.ac.id. Pastikan email yang dimasukkan aktif karena username akan dikirimkan ke email.
  2. Isi formulir secara lengkap, pastikan pilihan Jalur Seleksi UTBK, kemudian kilik tombol SIMPAN.
  3. Unggah berkas yang disyaratkan di menu unggah berkas, antara lain:
  • PDF kartu identitas (KTP/Kartu Pelajar)
  • PDF sertifikat UTBK LTMPT
  • PDF surat keterangan sehat, tidak buta warna dari dokter RS/puskesmas/klinik (tambahan bagi pendaftar di fakultas kesehatan)
  • PDF surat keterangan bebas HBsAg (Hepatitis B) dari dokter RS/puskesmas/Lab. Diagnostik/PMI (tambahan bagi pendaftar di fakultas kesehatan)

4. Bagi pendaftar yang dinyatakan lulus diwajibkan untuk melakukan registrasi sesuai jadwal di Sicama.

5. Jika dinyatakan diterima, melakukan registrasi sesuai jadwal yang ditetapkan dan melakukan pemberkasan sesuai ketentuan di https://pmb.unjaya.ac.id/pemberkasan-dokumen/

Jadwal Pendaftaran

Jalur Seleksi Jogjaversitas.id

Jogjaversitas merupakan portal seleksi bersama Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia Wilayah V DIY. Calon mahasiswa baru Unjaya Yogyakarta dapat juga mendaftar melalui portal tersebut dengan fasilitas gratis biaya pendaftaran.

Prosedur Pendaftaran

  1. Pendaftar melakukan proses pendaftaran secara online melalui laman https://pmb.jogjaversitas.id.
  2. Setelah dinyatakan lulus bersyarat, pendaftar membuat akun pada Sistem Informasi Calon Mahasiswa (Sicama) di https://sicama.unjaya.ac.id. Username dan password akan dikirimkan untuk diaktifkan melalui email yang dimasukkan saat pembuatan akun Sicama. Proses ini dapat dilakukan di mana saja (tidak harus datang ke kampus).
  3. Setelah akun aktif, pendaftar melakukan login ke aplikasi Sicama dan mengisi formulir pendaftaran, serta memilih Jalur Seleksi Jogjaversitas, kemudian pilih prodi yang didaftar, kemudian klik tombol SIMPAN.
  4. Pendaftar mengunggah scan berkas dokumen pendukung ke Sicama, dengan ketentuan berkas sebagai berikut:

5. Bagi pendaftar yang dinyatakan diterima diumumkan melalui akun masing-masing pendaftar di Sicama maksimal 5 hari kerja.

6. Bagi pendaftar yang dinyatakan diterima diwajibkan melakukan Registrasi Keuangan dan Pemberkasan Dokumen sesuai jadwal yang telah ditetapkan di Sicama.

7. Selesai.

Itulah PMB Unjaya Yogyakarta: Punya Beberapa Jalur Seleksi Masuk, Yuk Cek di Sini! Semoga artikel di atas membantu kamu yang ingin mendaftar di kampus ini.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Trackbacks/Pingbacks

  1. Beberapa Jalur Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) Universitas Trisakti yang Bisa Kamu Ikuti | LKBB Indonesia college - […] PMB Unjaya Yogyakarta: Punya Beberapa Jalur Seleksi Masuk, Yuk Cek di Sini! […]

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Program Praktisi Mengajar merupakan salah satu bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Kemdikbudristek. Yuk, simak selengkapnya mengenai program Praktisi Mengajar di sini!

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

QS Asia University Rankings (QS AUR) merilis daftar perguruan tinggi terbaik di Asia setiap tahunnya. Nah, artikel kali ini akan membahas daftar 15 perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia menurut QS AUR 2023. Apa saja daftarnya? Simak di sini!

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

Kamu sebentar lagi akan lulus sekolah menengah dan bingung akan ambil jurusan apa? Ternyata ada beberapa jurusan yang langka di Indonesia dan bisa kamu jadikan pertimbangan untuk melanjutkan studi. Apa saja daftarnya? Yuk, simak di sini!