Ketahui Apa Saja Jurusan Favorit yang Ada di ITS

Ketahui Apa Saja Jurusan Favorit yang Ada di ITS

ITS merupakan salah satu PTN favorit yang ada di kota Surabaya. Program sarjana ITS menyediakan 32 pilihan program studi dari 6 bidang fakultas. Yuk, simak apa saja jurusan favorit ITS di sini!

Politeknik STMI Jakarta: Program Studi, Biaya Kuliah dan Informasi Pendaftaran Jalur Mandiri

oleh | Jul 15, 2022 | Blog, Sekolah Kedinasan | 0 Komentar

Politeknik STMI Jakarta – Politeknik STMI Jakarta merupakan salah satu perguruan tinggi negeri di bawah naungan Kementerian Perindustrian yang menyelenggarakan program pendidikan vokasional di bidang industri otomotif. 

Jika kamu tertarik bekerja di industri otomotif dan manufaktur, kampus ini adalah pilihan yang tepat untuk kami. Politeknik STMI Jakarta banyak bekerja sama dengan lembaga dan perusahaan untuk meningkatkan keterampilan mahasiswanya. 

Berminat mendaftar di Politeknik STMI Jakarta? Pendaftarannya masih dibuka untuk Jalur JARVIS Mandiri. Simak informasi selengkapnya berikut!

Sejarah Politeknik STMI Jakarta

Politeknik STMI  Jakarta telah didirikan sejak tahun 1975 dan awalnya hanya menyelenggarakan pendidikan pada jenjang Strata Sarjana dengan Gelar M.Sc. (Master of Science) untuk mahasiswa lulusan sarjana muda dengan latar belakang pendidikan teknik dan manajemen. 

Sejak tahun 1981, pendidikan di Politeknik STMI diubah menjadi program diploma dan memiliki tiga program studi Diploma IV. Saat itu, kampus ini bernama Sekolah Tinggi Manajemen Industri (STMI) dan berubah nama menjadi Politeknik STMI Jakarta sejak tahun 2015. 

Program Studi

Terdapat 5 program studi yang ditawarkan oleh Politeknik STMI Jakarta, yaitu

  • D-IV Teknik Industri Otomotif (TIO) (B)

Lulusannya akan mendapat gelar S.Tr.T dan memiliki kompetensi  dalam merancang, memperbaiki dan mengimplementasikan bidang perekayasaan manufaktur, industrial, kualitas, pengendalian produk, perekayasaan pengadaan materia dan perekayasaan rantai pasok pada industri otomotif.

  • D-IV Sistem Informasi Industri Otomotif (SIIO) (B)

Lulusannya akan mendapat gelar S.Tr.Kom dan memiliki kompetensi dalam mengidentifikasi, memodelkan, menganalisis dan memecahkan permasalahan kebutuhan informasi serta merancang dan mengaplikasikan pengetahuan teknis dalam penyelesaian masalah di bidang sistem informasi.

  • D-IV Administrasi Bisnis Otomotif (ABO) (B)

Lulusannya akan mendapat gelar S.Tr.AB dan memiliki kompetensi dalam merancang, mengoperasikan, mengendalikan proses dan kualitas bahan baku serta produk di bidang polimer.

  • D-IV Teknik Kimia Polimer (TKP) (Baik Sekali)

Lulusannya akan mendapat gelar S.Tr.T dan memiliki kompetensi dalam merencanakan, mengorganisasikan, mengimplementasikan, mengendalikan proses bisnis pada level operasional dan manajerial di industri otomotif khususnya pada bidang keuangan, pemasaran, sumber daya manusia dan manajemen operasional.

  • D-IV Teknologi Rekayasa Otomotif (TRO) (B)

Lulusannya akan mendapat gelar S.Tr.T dan memiliki kompetensi dalam merancang, merumuskan, merencanakan, menganalisis dan memecahkan masalah di bidang desain dan teknologi manufaktur tooling otomotif.

Baca juga: Persyaratan, Jadwal, Program Studi dan Biaya Kuliah Jalur Mandiri Politeknik APP Jakarta

Kurikulum

Politeknik STMI Jakarta menerapkan kurikulum pendidikan Dual System yang terdiri dari 5 semester di kampus, 2 semester di industri dan 1 semester Tugas Akhir. Kurikulum ini mendukung kemampuan dan pengetahuan mahasiswa di bidang industri otomotif.

Politeknik STMI Jakarta membuka pendaftaran mahasiswa baru melalui JARVIS Bersama, JARVIS Prestasi, JARVIS Mandiri UTBK dan JARVIS Mandiri Reguler. 

Jadwal

Jalur JARVIS Mandiri Reguler

  • Pendaftaran : 17 Mei – 15 Agustus 2022
  • Seleksi Tulis : 18 Agustus 2022
  • Wawancara : 20 & 21 Agustus 2022

Jalur JARVIS Mandiri UTBK

  • Pendaftaran : 25 Juni – 27 Juli 2022
  • Pengumuman Lolos Seleksi Wawancara: 28 Juli 2022
  • Seleksi Wawancara : 31 Juli 2022

Ketentuan Pendaftaran

JARVIS Mandiri UTBK

  • Pendaftaran dilakukan melalui link https://jarvis.stmi.ac.id 
  • Pendaftaran menggunakan sertifikat UTBK yang dikeluarkan oleh LTMPT
  • Seleksi yang dilakukan hanya seleksi wawancara 
  • Tidak ada pembayaran biaya pendaftaran di awal, pendaftar yang memenuhi kriteria nilai akan langsung mengikuti seleksi wawancara
  • Pendaftar dapat memilih 1 pilihan program studi yang diminati
  • Biaya pendaftaran dibayarkan ketika sudah dinyatakan lulus menjadi mahasiswa baru sebesar Rp200.000 dan SPP sebesar Rp4.500.000

JARVIS Mandiri Reguler

  • Pendaftar membayar biaya pendaftaran sebesar Rp200.000
  • Pendaftaran dilakukan melalui link https://jarvis.stmi.ac.id 
  • Tahapan seleksi terdiri dari ujian tulis (TPA dan Bahasa Inggris) dan wawancara
  • Pendaftar dapat memilih 2 pilihan program studi yang diminati
  • Ketika sudah dinyatakan lulus menjadi mahasiswa baru, membayar SPP sebesar Rp4.500.000

Itulah informasi mengenai Politeknik STMI Jakarta dan pendaftarannya, semoga dapat membantu kamu yang berminat melanjutkan studi di sini, ya!


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

Kampus yang Membuka Jurusan Akuntansi, Yuk Disimak!

Kampus yang Membuka Jurusan Akuntansi, Yuk Disimak!

Jurusan Akuntansi menjadi salah satu program studi yang populer di rumpun ilmu ekonomi. Hampir semua perguruan tinggi ternama membuka jurusan ini. Yuk, simak di sini daftar kampus yang membuka jurusan ini!

4 Jalur Masuk ITS yang Perlu Kamu Ketahui

4 Jalur Masuk ITS yang Perlu Kamu Ketahui

ITS merupakan salah satu kampus yang favorit dan ternama di Indonesia. Bagi kamu yang tertarik untuk kuliah di ITS, ada 4 jalur masuk yang dibuka. Yuk, simak selengkapnya di sini!

Inilah Beberapa PTN yang Membuka Jurusan Manajemen

Inilah Beberapa PTN yang Membuka Jurusan Manajemen

Jurusan Manajemen merupakan pilihan jurusan Soshum yang banyak diambil mahasiswa. Kamu tertarik untuk melanjutkan studi di Manajemen? Yuk, simak beberapa PTN yang membuka jurusan Manajemen di sini!