Prodi Terketat UGM Jalur Seleksi Ujian Mandiri

oleh | Jul 6, 2021 | Blog, UGM | 0 Komentar

Prodi Terketat UGM – Universitas Gadjah Mada atau UGM telah melaksanakan seleksi calon mahasiswa baru di tahun 2021. Kampus yang terletak di Yogyakarta ini membuka penerimaan melalui jalur seleksi nasional dan jalur seleksi mandiri.

Calon mahasiswa yang belum lolos seleksi nasional, bisa mencoba kembali untuk mendaftar melalui seleksi mandiri. Seleksi ini dilakukan dengan memperhitungkan skor UTBK 2021 dan juga nilai ujian yang diadakan oleh UGM melalui sistem Computer Based Test (CBT).

Seleksi jalur ujian mandiri UGM telah dilaksanakan pada awal bulan Juni 2021. Berdasarkan seleksi yang telah dilakukan, ada total 3.805 mahasiswa baru yang dinyatakan diterima di UGM. Jumlah tersebut terdiri dari 3.182 calon mahasiswa program Sarjana dan 624 calon mahasiswa program vokasi.

Pada setiap seleksi mahasiswa baru, tentu ada beberapa program studi yang paling diminati oleh pendaftar. Hal ini juga terjadi pada seleksi mandiri UGM. Ada beberapa program yang menjadi prodi terketat UGM. Selektivitasnya sendiri dihitung berdasarkan kursi yang tersedia dan jumlah pelamar.

Penasaran prodi apa saja yang dengan saingan terketat di UGM jalur seleksi mandiri? Simak daftar lengkapnya di bawah ini!

Prodi Terketat Program Sarjana Rumpun Saintek

Prodi Terketat UGM

UGM membagi program studi menjadi dua rumpun, salah satunya yaitu Saintek atau Sains dan Teknologi. Pada rumpun ini, ada 5 program studi yang memiliki selektivitas tertinggi melalui seleksi jalur mandiri, yaitu sebagai berikut.

  1. Kedokteran 1:78
  2. Teknologi Informasi 1:50
  3. Kedokteran Gigi 1:44
  4. Teknik Industri 1:41
  5. Gizi Kesehatan 1:37

Prodi Terketat Program Sarjana Rumpun Soshum

Kelompok studi yang kedua yaitu Sosial Humaniora atau biasa disingkat Soshum. Sama seperti rumpun sebelumnya, ada beberapa prodi terketat dalam ujian seleksi mandiri UGM. Daftarnya yaitu sebagai berikut.

  1. Ilmu Komunikasi 1:59
  2. Manajemen 1:46
  3. Manajemen dan Kebijakan Publik 1:39
  4. Pembangungn Sosial dan Kesejahteraan 1:36
  5. Hubungan Internasional 1:36

Baca juga 7 Prodi Jenjang Sarjana UGM dengan Peminat Terendah.

Prodi Terketat Program Sarjana Terapan Rumpun Saintek

Prodi Terketat UGM

Selain untuk menerima mahasiswa jenjang S1 atau sarjana, UGM juga menyeleksi calon mahasiswa jenjang D4 atau sarjana terapan melalui ujian mandiri. Pada rumpun saintek, ada beberapa program studi D4 yang memiliki peminat tertinggi, yaitu:

  1. Manajemen Informasi Kesehatan 1:31
  2. Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak 1:16
  3. Teknologi Rekayasa Internet 1:9
  4. Teknologi Rekayasa Pelaksanaan Bangunan Sipil 1:8
  5. Teknik Pengelolaan dan Pemeliharaan Infrastruktur Sipil 1:8

Prodi Terketat Program Sarjana Terapan Rumpun Soshum

UGM juga membuka perkuliahan untuk program studi sarjana terapan (D4) untuk rumpun Soshum. Pada jalur ini, ada 5 prodi terketat dalam seleksi mandiri UGM. Daftar lengkapnya yaitu sebagai berikut.

  1. Pengelolaan Arsip dan Rekaman Informasi 1:23
  2. Manajemen dan Penilaian Properti 1:19
  3. Akuntantsi Sektor Publik 1:17
  4. Pembangunan Ekonomi Wilayah 1:14
  5. Bisnis Perjalanan Wisata 1:10

Total Mahasiswa Baru Tahun 2021 di UGM

Seleksi mandiri dengan sistem CBT merupakan jalur penerimaan terakhir yang dibuka oleh UGM. Sebelumnya, kampus ini telah melaksanakan seleksi mahasiswa baru melalui dua jalur nasional yaitu Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Pada seleksi jalur SNMPTN, UGM telah menerima sebanyak 2.069 calon mahasiswa. Lalu sebanyak 2.925 orang calon mahasiswa telah diterima melalui jalur SBMPTN. Sedangkan penerimaan jalur seleksi mandiri, mahasiswa yang lolos yaitu sebanyak 3.805. Apabila ditotal, maka jumlah calom mahasiswa baru yang diterima UGM pada tahun 2021 yaitu sebanyak 8.799 orang.

Setiap tahunnya, UGM selalu membuka seleksi penerimaan mahasiswa baru. Kamu bisa menggunakan daftar prodi terketat UGM jalur seleksi ujian mandiri di atas sebagai referensi ketika memilih program studi untuk penerimaan tahun depan.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

35 Istilah dalam Dunia Perkuliahan yang Kamu Harus Tahu!

35 Istilah dalam Dunia Perkuliahan yang Kamu Harus Tahu!

Istilah Dunia Perkuliahan – Dunia perkuliahan tentu berbeda dengan saat kamu masih berstatus siswa di Sekolah Menengah Atas (SMA). Ada banyak hal yang berubah mulai dari materi yang dipelajari sampai lingkungan sekitar. Bagi mahasiswa baru, saat memasuki dunia...

Perbedaan PTN dan PTS yang Harus Kamu Tahu!

Perbedaan PTN dan PTS yang Harus Kamu Tahu!

Perbedaan PTN dan PTS – Saat memilih untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, ada berbagai hal yang perlu dipertimbangkan. Pemilihan ini sangat penting karena akan berpengaruh tidak hanya saat menjalankan kuliah, namun juga prospek kehidupan ke...

Seleksi CPNS BPIP di Penerimaan Tahun 2021

Seleksi CPNS BPIP di Penerimaan Tahun 2021

CPNS BPIP – Badan Pembinaan Ideologi Pancasila atau BPIP ikut berpartisipasi dalam penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di tahun 2021. Badan ini memberi kesempatan bagi masyarakat Indonesia untuk menjadi pegawai untuk berbagai jabatan. Berikut ini informasi...

Formasi CPNS untuk Lulusan SMA di Kejaksaan Agung

Formasi CPNS untuk Lulusan SMA di Kejaksaan Agung

CPNS Kejaksaan Agung SMA – Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tidak hanya diperuntukkan untuk lulusan perguruan tinggi. Beberapa lembaga pemerintah juga membuka pendaftaran untuk beberapa jabatan dengan syarat pendidikan minimal SMA/sederajat. Salah satu...

Cara Cari Formasi CPNS Sesuai Jurusan Kuliah

Cara Cari Formasi CPNS Sesuai Jurusan Kuliah

Formasi CPNS – Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) akan segera dilaksanakan. Berdasarkan siaran pers yang telah dilaksanakan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN), pelamar bisa melakukan pendaftaran mulai dari tanggal 30 Juni 2021. Pelaksanaan seleksi CASN...