Yuk, Mengenal Lebih Jauh Program IISMA dan Pendaftarannya

Yuk, Mengenal Lebih Jauh Program IISMA dan Pendaftarannya

Kampus Merdeka mempunyai beberapa program, salah satunya yaitu program IISMA. Program ini merupakan program pertukaran dengan universitas lain dari seluruh dunia untuk bertukar budaya. Yuk, simak lebih lengkap mengenai program IISMA di sini!

Yuk! Mengenal Gerakan Indonesia Mengajar dan Programnya

Yuk! Mengenal Gerakan Indonesia Mengajar dan Programnya

Gerakan Indonesia Mengajar (IM) merupakan inisiatif masyarakat yang berani memajukan pendidikan mulai dari pelosok Indonesia. Kamu tertarik untuk ikut? Yuk, simak info selengkapnya mengenai Indonesia Mengajar di sini!

Informasi Lengkap Pendaftaran Beasiswa Merdeka Pendidikan

Informasi Lengkap Pendaftaran Beasiswa Merdeka Pendidikan

Beasiswa Merdeka Pendidikan merupakan program persembahan dari Kitabisa dengan membantu pelajar (SMA/SMK dan mahasiswa) aktif yang membutuhkan biaya pendidikan tambahan. Kamu tertarik untuk ikut? Yuk, simak informasi selengkapnya di sini!

Prospek Kerja Lulusan Jurusan Pendidikan Selain Guru

oleh | Nov 22, 2022 | Blog, Prospek Kerja | 0 Komentar

Prospek Kerja Jurusan Pendidikan Selain GuruKamu lulusan jurusan pendidikan dan masih bingung ingin bekerja menjadi apa? Banyak mahasiswa pendidikan yang menjawab guru ketika ditanya akan bekerja menjadi apa setelah lulus nanti. Selain guru, ternyata ada banyak peluang kerja untuk lulusan jurusan pendidikan, lho.

Meskipun sudah dibekali materi pendidik, lulusan jurusan pendidikan bisa bekerja di posisi lain. Apa saja prospek kerja untuk lulusan jurusan pendidikan selain guru? Yuk, simak satu per satu daftarnya di bawah ini.

Konsultan Pendidikan

Konsultan Pendidikan merupakan konsultan yang bekerja di lingkungan sekolah. Sekolah membutuhkan konsultan pendidikan untuk membantu siswa dalam bimbingan akademik siswa. Selain itu, juga membantu siswa dalam menemukan minat dan bakat. Apalagi lulusan jurusan pendidikan mempunyai pemahaman dan pengetahuan lebih mendalam di bidang pendidikan.   

Konsultan pendidikan juga membantu siswa dalam menangani masalah pribadi yang berdampak pada akademik mereka. Untuk mengatasi masalah tersebut, Konsultan pendidikan juga berinteraksi dengan orang tua siswa atau guru untuk membantu siswa mencari solusi terbaik.

Peneliti

Dengan kompetensi yang dimiliki lulusan jurusan pendidikan bisa meningkatkan mutu pendidikan. Hasil penelitian bisa digunakan sebagai bahan masukan untuk meningkatkan mutu pembelelajaran. Selain itu, juga bisa membantu pengajar dalam mengatasi permasalahan di bidang pendidikan.

Administrasi di Instansi Pendidikan

Jika kamu ingin kerja di bidang pendidikan namun tidak ingin menjadi guru, bisa bekerja sebagai staf administrasi di instansi pendidikan. Staf administrasi nantinya akan melakukan banyak hal seperti absensi pekerja, mengatur keuangan, kesiswaan, kepegawaian, dan lainnya.  

Penulis

Kamu yang lulusan jurusan pendidikan bisa berkesempatan untuk bekerja sebagai penulis. Penulis perlu memiliki kemampuan literasi dan menulis yang baik. Ilmu yang kamu dapatkan saat kuliah dulu bermanfaat dalam mendapatkan ide dalam bentuk tulisan.

Apalagi bagi kamu yang memiliki kecintaan dan minat di dunia literasi pilihan karir sebagai penulis bisa jadi pertimbangan. Kamu juga bisa menjadi penulis di industri yang ada di bidang pendidikan.

Relawan Pendidikan

Bagi kamu lulusan jurusan pendidikan bisa membantu perkembangan pendidikan di Indonesia. Kamu bisa menjadi relawan pendidikan atau pengajar di tempat pelosok di Indonesia. Posisi ini bisa dijadikan pertimbangan bagi kamu yang memiliki jiwa sosial yang tinggi untuk menjadi relawan.

Baca juga Jurusan Manajemen Pendidikan Punya Prospek Karir yang Menjanjikan

PNS

PNS nantinya akan ditempatkan di berbagai instansi pemerintahan. Posisi ini membuka banyak kesempatan untuk berbagai lulusan untuk mendaftar, terutama sarjana pendidikan. Jurusan pendidikan merupakan salah satu jurusan yang cocok dan berpeluang besar untuk menjadi PNS.

Content Creator

Content creator bertugas membuat konten, baik itu gambar, video, maupun tulisan. Konten-konten itu nantinya akan ditampilkan di media sosial. Kamu bisa membuat konten yang berkaitan dengan bidang pendidikan. Skill yang dibutuhkan content creator antara lain kreatif, kemampuan riset, fotografi/videografi, desain, editing, dan lainnya.

Jurnalis

Jurnalis adalah profesi yang mengumpulkan berita dan menulis untuk surat kabar, majalah, televisi, atau radio. Jurnalis bertugas meneliti, menulis, mengedit, mengoreksi, dan mengarsipkan berita dan artikel. Karya mereka digunakan di televisi dan radio atau di majalah, jurnal dan surat kabar, dalam bentuk cetak maupun online.

Jurnalis memiliki peran dalam mengembangkan bidang pendidikan di Indonesia. Jurnalis bisa menyampaikan informasi kepada masyarakat luas dan terlibat aktif dalam membantu memperbaiki pendidikan di Indonesia.

Itulah berbagai Prospek Kerja Lulusan Jurusan Pendidikan Selain Guru. Selain menjadi guru, kamu bisa lho bekerja di posisi lain. Semoga bermanfaat!


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Program Praktisi Mengajar merupakan salah satu bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Kemdikbudristek. Yuk, simak selengkapnya mengenai program Praktisi Mengajar di sini!

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

Kamu sebentar lagi akan lulus sekolah menengah dan bingung akan ambil jurusan apa? Ternyata ada beberapa jurusan yang langka di Indonesia dan bisa kamu jadikan pertimbangan untuk melanjutkan studi. Apa saja daftarnya? Yuk, simak di sini!