Informasi PMB Universitas Ciputra Surabaya Tahun 2023/2024

Informasi PMB Universitas Ciputra Surabaya Tahun 2023/2024

Universitas Ciputra Surabaya membuka penerimaan mahasiswa baru. Jalur pendaftaran yang dibuka terdiri dari Jalur Reguler, Jalur Sekolah Kerjasama, dan Jalur Undangan Prestasi. Bagi kamu yang ingin mendaftar, simak infonya di sini!

Berbagai Beasiswa di Universitas Budi Luhur Tahun 2022

Berbagai Beasiswa di Universitas Budi Luhur Tahun 2022

Universitas Budi Luhur menyediakan beberapa beasiswa dan hanya berlaku di Kelas Reguler S1/D3. Beasiswa di Universitas Budi Luhur berikut ini merupakan beasiswa di tahun 2022, yuk, simak informasi selengkapnya di sini!

Kenalan dengan Jurusan Astronomi, Jurusan Langka di Indonesia

Kenalan dengan Jurusan Astronomi, Jurusan Langka di Indonesia

Astronomi merupakan salah satu ilmu tertua. Astronomi adalah cabang ilmu yang mempelajari semua benda dan fenomena luar bumi. Kamu penasaran dan ingin tahu lebih lanjut terkait jurusan Astronomi? Yuk, kenalan lebih jauh dengan jurusannya di sini!

Jurusan Manajemen Pendidikan Punya Prospek Karir yang Menjanjikan

oleh | Feb 9, 2022 | Blog, Prospek Kerja | 0 Komentar

Prospek Kerja Manajemen Pendidikan – Manajemen Pendidikan perlu diaplikasikan dalam dunia pendidikan supaya tujuan pendidikan bisa tercapai dengan baik. Hal ini akan membentuk pendidikan menjadi lebih tertata dan terarah. Dalam dunia kependidikan fokusnya dilakukan oleh para tenaga pendidik dan sumber daya pendidikan.

Banyak orang yang belum mengenal jurusan Manajemen Pendidikan. Padahal peluang kerja Manajemen Pendidikan sangat menjanjikan. Tidak melulu menjadi guru, namun jurusan ini mempunyai cukup banyak prospek kerja.

Bagi kamu yang mempunyai ketertarikan di dunia pendidikan bisa masuk ke jurusan ini. Yuk, simak pembahasan lebih lanjut di bawah ini.

Apa itu Jurusan Manajemen Pendidikan

Manajemen pendidikan merupakan ilmu yang mempelajari tentang perilaku manusia yang kegiatannya sebagai subjek dan objek. Manajemen Pendidikan mengatur berbagai sumber daya pendidikan (guru), sarana dan prasarana pendidikan (perpustakaan, laboratorium) untuk mencapai tujuan dan sasaran pendidikan.

Yang dipelajari di jurusan ini, yaitu kebijakan pendidikan, manajemen dan pengembangan SDM, manajemen keuangan, teknologi informasi, dan pengembangan kurikulum. Mahasiswa Manajemen Pendidikan dituntut untuk memiliki pengetahuan dan keahlian sebagai berikut.

  • Kemampuan melakukan analisis
  • Manajerial
  • Komunikasi
  • Berpikir logis dan sistematis
  • Problem Solving

Baca juga Prospek Kerja Teknologi Pendidikan, 5 Peluang yang Bisa Dipilih

Prospek Kerja Manajemen Pendidikan

Tidak selalu menjadi guru, jurusan Manajemen Pendidikan ternyata cukup banyak prospek kerjanya. Apalagi peran lulusan Manajemen Pendidikan sangat dibutuhkan di sektor dan bidang pendidikan. Berikut beberapa prospek kerja untuk lulusan Manajemen Pendidikan.

Dosen

Sebagai lulusan Manajemen Pendidikan kamu bisa bekerja sebagai dosen. Terlebih belum banyak yang mengenal jurusan ini, jadi kamu bisa mempunyai kesempatan besar menjadi dosen di jurusan ini. Agar bisa menjadi dosen, kamu wajib minimal lulusan S2 dan memiliki gelar Master.

Konsultan Pendidikan

Konsultan Pendidikan memiliki tugas membantu siswa untuk memilih jurusan dan tempat studi yang ingin diambil. Selain itu, Konsultan Pendidikan juga mengarahkan strategi dalam menjalani tes masuk perkuliahan, memberi gambaran rencana studi yang sesuai dengan tujuan dan target, memberi saran mengenai pemilihan sekolah atau universitas, serta memberi informasi secara lengkap mengenai sistem pendidikan yang diterapkan. Umumnya Konsultan Pendidikan akan bekerja di lembaga konsultan.

Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM)

Lulusan Manajemen Pendidikan bisa bekerja di Lembaga Swadaya Masyarakat. Lulusan jurusan ini akan bertanggung jawab untuk mengurus sistem keorganisasian. Jika tertarik kamu bisa memilih Lembaga Swadaya Masyarakat yang aktif di bidang pendidikan.

Staf Tata Usaha Sekolah

Tata Usaha Sekolah sangat penting untuk menunjang kelancaran dan terpenuhinya tujuan sekolah. Informasi Tata Usaha menjadi basis pelayanan dan bahan pengambilan keputusan sekolah. Tata Usaha Sekolah bertanggung jawab mengurusi kegiatan administrasi pendidikan di sekolah.

Staf ini mempunyai tugas membantu proses kegiatan belajar mengajar (KBM), urusan kesiswaan, keuangan, kepegawaian, peralatan sekolah, infrastruktur, laboratorium, perpustakaan, serta hubungan masyarakat. Tata usaha sekolah mengurus teknis penyelenggara administrasi dan informasi sekolah.

Konsultan Manajemen

Prospek kerja berikutnya adalah Konsultan Manajemen. Pekerjaan ini diperlukan di berbagai perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang akademik atau perusahaan penerbitan buku. Sebagai lulusan manajemen pendidikan, konsultan manajemen bertugas memberikan ide, saran, pengembangan lembaga atau institusi di bidang pendidikan.

Manajer Keuangan

Lulusan Manajemen Pendidikan bisa berkarir sebagai manajer keuangan. Profesi ini bertanggung jawab mengatur keuangan dari suatu lembaga pendidikan. Ilmu yang kamu dapatkan selama berkuliah di jurusan ini sangat berguna jika kamu memilih profesi ini.

Itulah Jurusan Manajemen Pendidikan Punya Prospek Karir yang Menjanjikan. Kamu yang mempunyai ketertarikan di bidang pendidikan, bisa mengambil jurusan ini. Terlebih jurusan ini mempunyai prospek kerja yang menjanjikan. Apakah kamu semakin tertarik masuk jurusan ini?


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTNKedokteranSekolah KedinasanIUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…

Berbagai Program Internasional di Universitas Pertamina

Berbagai Program Internasional di Universitas Pertamina

Universitas Pertamina memiliki berbagai program internasional yang bisa kamu jadikan pilihan. Universitas ini juga memiliki banyak mitra perguruan tinggi, baik dalam negeri maupun mancanegara. Kamu tertarik untuk mengikuti salah satu programnya? Yuk, simak selengkapnya di sini!