Kuliah di Jurusan Sastra Inggris, Apa Saja Sebenarnya yang Dipelajari?

oleh | Feb 10, 2022 | Blog, Jurusan Kuliah | 0 Komentar

Jurusan Sastra Inggris – Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional. Bahasa Inggris digunakan oleh sebagian orang di seluruh dunia dan sangat dibutuhkan dimana saja. Oleh karena itu, banyak pelajar yang melanjutkan studi perguruan tinggi untuk memilih jurusan Sastra Inggris.

Jurusan Sastra Inggris termasuk jurusan yang sangat diminati. Sebagai mahasiswa Sastra Inggris, ilmu dan pemikiran kamu akan semakin luas. Apalagi, lulusan Sastra Inggris akan mendapatkan banyak skill yang bermanfaat setelah lulus.

Jurusan Sastra lebih fokus mempelajari unsur kebahasaan serta karya sastra itu sendiri. Jurusan Sastra Inggris cakupannya sangat luas karena mempelajari bahasa, budaya, sejarah, serta karya sastra itu sendiri.

Masih bingung seperti apa kuliah di Sastra Inggris? Bagi kamu yang akan memilih jurusan ini untuk kuliah nanti, yuk, simak informasi ini terlebih dahulu.

Mengenal Jurusan Sastra Inggris

Jurusan Sastra Inggris berbeda dengan jurusan Pendidikan Sastra Inggris. Banyak masyarakat yang belum mengerti perbedaan hal ini. Sastra Inggris mempelajari budaya dan Bahasa Inggris. Sedangkan, Pendidikan Bahasa Inggris memfokuskan belajar cara mengajarkan Bahasa Inggris dan kemampuan sebagai guru Bahasa Inggris.

Sastra Inggris merupakan program studi yang mempelajari Bahasa Inggris secara sastra dan linguistik (kebahasaan). Selain itu, jurusan ini juga mempelajari budaya dari bahasa tersebut. Yang dipelajari mahasiswa Sastra Inggris di awal semester yaitu writing (menulis), speaking (berbicara), listening (mendengarkan), dan reading (membaca).

Berkuliah di Sastra Inggris kamu bisa meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris. Karena hampir setiap pembelajaran akan bertemu teks berbahasa Inggris, percakapan atau audio berbahasa Inggris, membaca teks berbahasa Inggris, dan mempelajari kosa kata baru.

Di konsentrasi sastra, mahasiswa akan banyak melakukan analisis kajian dari hasil karya sastra Inggris seperti puisi, prosa, novel, drama, lagu, dan film. Di konsentrasi linguistik, mahasiswa akan banyak mempelajari kajian kebahasaan seperti fonetik, morfologi, semantik, pragmatik, dan lainnya. Mahasiswa Sastra Inggris juga akan diajarkan bagaimana caranya menerjemah dengan baik dan benar karena saat menerjemah ada beberapa teknik yang dipakai.

Baca juga 10 Pilihan Jurusan Kuliah untuk Kamu Anak Kelas Bahasa

Apa yang Dipelajari di Jurusan Sastra Inggris?

Pada pembelajaran semester awal mahasiswa Sastra Inggris akan lebih fokus kepada speaking, writing, reading, listening, dan grammar. Pastinya, setiap perguruan tinggi mempunyai kurikulum yang berbeda-beda. Sebagai contoh berikut kurikulum mata kuliah jurusan Sastra Inggris di Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Daftar Kampus yang Membuka Jurusan Sastra Inggris

Sudah banyak perguruan tinggi di Indonesia yang membuka jurusan Sastra Inggris. Banyak berbagai universitas negeri dan swasta yang membuka jurusan ini. Berikut daftar kampus yang membuka jurusan Sastra Inggris.

  • Universitas Negeri Semarang
  • Universitas Negeri Surabaya
  • Universitas Padjadjaran
  • Universitas Sanata Dharma Yogyakarta
  • Universitas Gadjah Mada
  • Universitas Indonesia
  • Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Universitas Bina Nusantara (Binus University)
  • Universitas Brawijaya
  • Universitas Udayana
  • Universitas Airlangga
  • Universitas Diponegoro

Itulah artikel Kuliah di Jurusan Sastra Inggris, Apa Saja Sebenarnya yang Dipelajari? Kamu yang tertarik dengan bahasa dan budaya Inggris bisa mengambil jurusan ini. Semoga artikel ini membantu.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTNKedokteranSekolah KedinasanIUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…