Yuk, Mengenal Lebih Jauh Program IISMA dan Pendaftarannya

Yuk, Mengenal Lebih Jauh Program IISMA dan Pendaftarannya

Kampus Merdeka mempunyai beberapa program, salah satunya yaitu program IISMA. Program ini merupakan program pertukaran dengan universitas lain dari seluruh dunia untuk bertukar budaya. Yuk, simak lebih lengkap mengenai program IISMA di sini!

Yuk! Mengenal Gerakan Indonesia Mengajar dan Programnya

Yuk! Mengenal Gerakan Indonesia Mengajar dan Programnya

Gerakan Indonesia Mengajar (IM) merupakan inisiatif masyarakat yang berani memajukan pendidikan mulai dari pelosok Indonesia. Kamu tertarik untuk ikut? Yuk, simak info selengkapnya mengenai Indonesia Mengajar di sini!

Informasi Lengkap Pendaftaran Beasiswa Merdeka Pendidikan

Informasi Lengkap Pendaftaran Beasiswa Merdeka Pendidikan

Beasiswa Merdeka Pendidikan merupakan program persembahan dari Kitabisa dengan membantu pelajar (SMA/SMK dan mahasiswa) aktif yang membutuhkan biaya pendidikan tambahan. Kamu tertarik untuk ikut? Yuk, simak informasi selengkapnya di sini!

Prospek Kerja Teknik Sipil, 8 Peluang yang Bisa Kamu Pilih

oleh | Jun 10, 2022 | Blog, Prospek Kerja | 0 Komentar

Prospek Kerja Teknik Sipil – Lulusan Teknik Sipil sangat dibutuhkan perannya di pengembangan infrastruktur.  Peluang kerja lulusan ini sangat luas terutama di negara yang sedang berkembang melakukan pengembangan infrastruktur seperti Indonesia.

Jurusan ini memiliki peran yang sangat penting terhadap kehidupan manusia karena ilmunya berkembang sejalan dengan kebutuhan manusia. Teknik Sipil termasuk salah satu jurusan yang memiliki peran penting dalam perkembangan infrastruktur dan ekonomi suatu negara. Hal plus untuk lulusan ini adalah mampu menghasilkan karya yang bermanfaat untuk kehidupan masyarakat.

Lulusan Teknik Sipil sangat dibutuhkan perannya oleh sektor pembangunan. Setiap jenis pekerjaan di bidang ini menawarkan jenjang karir yang menjanjikan. Yuk, simak apa saja daftar prospek kerjanya berikut ini.

Apa Itu Jurusan Teknik Sipil?

Teknik Sipil merupakan studi yang berkaitan dengan konstruksi dan desain infrastruktur baik itu bangunan, jembatan, bendungan, jalan, dan lain sebagainya. Kamu akan mempelajari cara mendesain, menganalisis, mengembangkan, serta memperbaiki infrastruktur.

Teknik Sipil adalah bidang ilmu yang mempelajari perencanaan, manufaktur, manajemen dari beragam fasilitas dan sistem untuk mendukung infrastruktur. Lulusan ini perlu menguasai ilmu terkait desain, konstruksi, dan pemeliharaan lingkungan. Sebagai mahasiswa Teknik Sipil kamu harus memperkuat pemahaman ilmu Fisika dan Matematika. 

Kompetensi yang diharapkan dari lulusan ini adalah mampu merancang, melaksanakan, hingga mengawasi proses pembangunan dengan mempertimbangkan berbagai aspek, mulai dari ekonomi, keselamatan kesehatan kerja, dan lingkungan.

Baca juga Jurusan Teknik Sipil: Tentang Jurusan, Materi Kuliah, dan Daftar Kampus

Prospek Kerja Teknik Sipil

Surveyor Pengendalian Bangunan

Pekerjaan ini cocok bagi kamu yang senang bekerja secara detail dan tertarik dengan bangunan serta pekerjaan konstruksi. Posisi ini bertugas untuk membantu mengurus perizinan dan memastikan bahwa semua peraturan yang berlaku diikuti oleh pembangunan yang sedang berjalan. Jika tidak memenuhi, kamu harus memberikan solusi bagi klien.

Konsultan Konstruksi Bangunan

Pekerjaan ini bertugas mengawasi, mengelola konstruksi yang sedang berjalan, serta mengatur budget pembangunan. Selain itu juga bertugas melihat potensi risiko yang bisa terjadi dengan pembangunan yang sedang berlangsung. Posisi ini membutuhkan kreativitas dan pemahaman teori mengenai teknik pembangunan.

Manajer Konstruksi

Bagi kamu yang mempunyai leadership tinggi serta mampu memecahkan masalah dengan baik, posisi ini patut kamu coba. Manajer Konstruksi bertugas mengawasi dan memberikan pengarahan serta memastikan anggota tim bekerja sesuai dengan rencana. Karena pekerjaan ini bertanggung jawab agar proyek berjalan sesuai dengan rencana.

Pegawai Negeri Sipil

Institusi pemerintahan yang sangat membutuhkan lulusan jurusan ini adalah Kementerian Pekerjaan Umum yaitu kementerian yang mengurus berbagai hal yang berkaitan dengan pembangunan fasilitas dan infrastruktur negara. Kamu juga bisa bekerja di badan-badan pemerintah seperti Badan Perencanaan Daerah, Badan Perencanaan Nasional, Dinas Tata Kota dan Pertamanan di setiap kota, hingga Departemen SDM.

Bekerja di BUMN

Sebagai lulusan Teknik Sipil, kamu berpeluang besar untuk bekerja di BUMN. Beberapa contohnya di Hutama Karya, Waskita Karya, Cipta Karya, dan Adhi Karya. Sebagai karyawan BUMN kamu bisa mendapatkan gaji dan tunjangan yang lumayan besar.

Kontraktor

Peluang lulusan Teknik Sipil berikutnya adalah menjadi kontraktor. Pekerjaan ini mengurus berbagai proyek pembangunan infrastruktur yang sangat besar. Lulusan jurusan ini mempunyai ilmu yang sangat mendukung dan sangat berkaitan dengan pembangunan infrastruktur.

Konsultan Proyek

Konsultan Proyek berperan membantu dari sisi peninjauan keilmuan namun tidak masuk ke dalam urusan teknik di lapangan. Kamu bisa memberikan pertimbangan kepada klien proyek yang sedang dikerjakan, seperti pemilihan bahan konstruksi, dampak lingkungan, hingga aspek keselamatan tenaga kerja.

Dosen

Lulusan jurusan ini bisa menjadi dosen di perguruan tinggi yang memiliki jurusan Teknik Sipil. Peluang ini sangat besar karena di Indonesia masih jarang seorang ahli di bidang ini. Jika ingin menjadi dosen kamu perlu melanjutkan studi ke jenjang minimal magister.

Bagi kamu yang bingung peluang kerja apa untuk lulusan Teknik Sipil, simak Prospek Kerja Teknik Sipil, 8 Peluang yang Bisa Kamu Pilih di atas. Peluang kerja untuk lulusan ini cukup banyak dan berpenghasilan tinggi.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Trackbacks/Pingbacks

  1. Menjanjikan! Ini 5 Prospek Kerja untuk Lulusan Bioteknologi | LKBB Indonesia college - […] Baca juga: Prospek Kerja Teknik Sipil, 8 Peluang yang Bisa Kamu Pilih […]

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Program Praktisi Mengajar merupakan salah satu bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Kemdikbudristek. Yuk, simak selengkapnya mengenai program Praktisi Mengajar di sini!

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

QS Asia University Rankings (QS AUR) merilis daftar perguruan tinggi terbaik di Asia setiap tahunnya. Nah, artikel kali ini akan membahas daftar 15 perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia menurut QS AUR 2023. Apa saja daftarnya? Simak di sini!

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

Kamu sebentar lagi akan lulus sekolah menengah dan bingung akan ambil jurusan apa? Ternyata ada beberapa jurusan yang langka di Indonesia dan bisa kamu jadikan pertimbangan untuk melanjutkan studi. Apa saja daftarnya? Yuk, simak di sini!