Yuk, Intip Apa Saja Prospek Kerja Lulusan Teknologi Pangan!

oleh | Des 7, 2021 | Blog, Prospek Kerja | 0 Komentar

Prospek Kerja Teknologi Pangan – Di dalam kehidupan manusia, makanan merupakan salah satu kebutuhan pokok yang harus dipenuhi. Kebutuhan primer ini dibutuhkan oleh manusia untuk bisa menjalani kehidupannya.

Pada masa seperti sekarang ini, pemenuhan makanan manusia bisa dilakukan melalui berbagai cara. Manusia tidak lagi mencari makanan secara mandiri melainkan bisa membeli produk-produk pangan yang telah tersedia di pasaran.

Terdapat banyak pihak dan proses yang terlibat dalam penyediaan pangan skala industri. Salah satu tenaga ahli yang ikut dalam proses ini yaitu lulusan Teknologi Pangan, sebuah jurusan di bidang sains dan teknologi. Jurusan ini memiliki peran besar dalam menghasilkan ahli di bidang pengembangan pangan. Apa saja pekerjaan lulusan jurusan ini?

Tentang Jurusan Teknologi Pangan

Teknologi Pangan merupakan studi yang mempelajari pengolahan makanan di setiap prosesnya. Mahasiswa juga akan belajar mengenai gizi dan keamanan dari produk makanan yang dihasilkan. Hal ini berarti mahasiswa akan mempelajari banyak aspek ilmu seperti kimia dan biologi dalam makanan.

Tidak hanya mempelajari tentang pembuatan makanan, mahasiswa jurusan Teknologi Pangan juga akan mendapatkan pembelajaran tentang segala aspek pengolahan pangan. Mahasiswa belajar tentang produksi, pengemasan, penyimpanan, distribusi, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, mahasiswa juga akan belajar banyak ilmu lain seperti ekonomi dan manajemen.

Baca juga 7 Prospek Kerja untuk Lulusan Teknik Industri.

Prospek Kerja Lulusan Teknologi Pangan

prospek kerja teknologi pangan

Lulusan Teknologi Pangan memiliki prospek kerja yang luas karena kebutuhan tenaga ahlinya cukup tinggi. Hal ini mungkin karena industri pangan adalah hal yang sangat penting dalam menunjang kehidupan manusia. Berikut ini beberapa pekerjaan yang bisa dipilih jika kamu lulus dari jurusan Teknologi Pangan.

Product Development

Prospek kerja lulusan Teknologi Pangan yang pertama yaitu di bidang pengembangan produk atau product development. Di pekerjaan ini, kamu akan bertanggung jawab untuk membuat resep produk baru. Pengembangan dilakukan mulai dari rasa, warna, variasi, dan lain-lain. Kamu akan membuat dan mengetes sampel berkali-kali untuk menemukan resep terbaik.

Quality Control

Penjaminan mutu atau quality control adalah bidang yang sangat penting dalam produksi makanan. Industri makanan membutuhkan ahli pangan untuk bekerja di bidang ini guna memastikan bahwa produk yang diproduksi telah sesuai dengan standar perusahaan, gizi, peraturan, dan juga keamanan.

Pegawai BPOM

Jika kamu ingin bekerja di pemerintahan, Badan Pengawas Obat dan Makanan atau BPOM bisa dijadikan pilihan. Di lembaga ini, kamu akan bertugas untuk menguji setiap produk. Uji dilakukan untuk mengetahui kandungan yang terdapat di produk tersebut dan memeriksa apakah sudah sesuai dengan standar yang ditetapkan pemerintah.

Wirausaha

Ilmu yang didapat ketika berkuliah di jurusan Teknologi Pangan juga bisa diterapkan untuk membuka bisnis sendiri. Kamu bisa berwirausaha dan mendirikan bisnis di bidang makanan. Kamu dapat mengembangkan produk makanan atau minuman sendiri dan menjualnya kepada masyarakat.

Food Market Researcher

Prospek kerja menarik lainnya bagi lulusan Teknologi Pangan yaitu menjadi food market researcher. Kamu akan bertugas utnuk mengumpulkan serta menganalisis data konsumen milik pesaing. Informasi yang didapat kemudian dapat digunakan untuk mengembangkan kualitas produk milik perusahaan.

Pendidik

Lulusan Teknologi Pangan juga memiliki prospek kerja sebagai tenaga pendidik. Kamu bisa memilih untuk bekerja sebagai dosen di universitas. Jika tertarik, kamu perlu melanjutkan pendidikan ke jenjang pascasarjana terlebih dahulu. Setelah mendapat gelar master, barulah kamu bisa mendaftar menjadi dosen.

Itulah artikel tentang Yuk, Intip Apa Saja Prospek Kerja Lulusan Teknologi Pangan! Ada banyak pilihan pekerjaan bagi lulusan jurusan ini. Kamu bisa memilih pekerjaan yang paling sesuai dengan minat.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…

Yuk, Mengenal Lebih Jauh Politeknik AKA Bogor!

Yuk, Mengenal Lebih Jauh Politeknik AKA Bogor!

Politeknik AKA Bogor merupakan perguruan tinggi di lingkungan Kementerian Perindustrian yang menyelenggarakan pendidikan profesional di bidang kimia analis. Yuk, simak selengkapnya di sini!

Mata Kuliah Ilmu Kelautan Apa Saja? Cek Penjelasannya!

Mata Kuliah Ilmu Kelautan Apa Saja? Cek Penjelasannya!

Ilmu kelautan adalah disiplin ilmu yang menggabungkan studi dari berbagai mata pelajaran untuk memahami lingkungan laut, kehidupan laut, dan interaksinya. Yuk, simak mata kuliah yang dipelajari di jurusan Ilmu Kelautan di sini!