Simak! Informasi Lengkap Seleksi Mandiri – Prestasi Khusus (USM-PK) ITERA

oleh | Jun 25, 2022 | Blog, Jalur Masuk PTN | 0 Komentar

Seleksi Mandiri Prestasi Khusus Itera – Institut Teknologi Sumatera (Itera) merupakan perguruan tinggi negeri yang ada di Provinsi Lampung. Jalur penerimaan mahasiswa baru Program Sarjana Itera tahun akademik 2022/2023 dilaksanakan melalui 4 jalur, antara lain SNMPTN, SBMPTN, SMM PTN-Barat, dan Ujian Seleksi Mandiri – Prestasi Khusus (USM-PK).

Jalur Seleksi Prestasi Khusus adalah jalur penerimaan mahasiswa Itera yang telah dilaksanakan sejak tahun akademik 2018/2019. Jalur ini memberikan kesempatan kepada lulusan SMA/MA dari jurusan IPA, serta SMK/MAK yang memiliki prestasi khusus di bidang akademik, non akademik, serta bakat istimewa yang dimiliki siswa.

Pendaftaran Jalur Seleksi Mandiri – Prestasi Khusus dilakukan di laman https://usm-pk.itera.ac.id/. Yuk, simak lebih lengkapnya di bawah ini.

Persyaratan

  1. Lulusan SMA/MA/SMK/MAK/sederajat/Paket C tahun 2020, 2021, dan 2022 harus memiliki ijazah.
  2. Lulusan SMA/MA/SMK/MAK/sederajat/Paket C tahun 2022 harus memiliki Surat Keterangan Lulus yang sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan foto terbaru yang dibubuhi cap/stempel yang sah.
  3. Lulusan SMA/MA berasal dari jurusan IPA dan SMK/MAK berasal dari bidang teknikan.
  4. Lulusan harus memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran pembelajaran di program studinya.

Ketentuan Prestasi Peserta

Bidang Akademik/Non-Akademik

Peserta yang memiliki prestasi akademik, non-akademik yang memperoleh Juara dalam perlombaan pada tingkat Provinsi, Regional (kurang dari 10 Provinsi), dan tingkat Nasional (lebih dari 10 provinsi).

  1. Bidang Akademik: prestasi dalam Olimpiade Sains tingkat Provinsi, Regional, Nasional, atau Internasional, Lomba Cepat Tepat, Debat, Karya Tulis Ilmiah, Lomba Kompetensi Siswa (LKS) ataupun perlombaan lainnya yang Diselenggarakan Instansi Pendidikan atau PTN dengan cakupan provinsi.
  2. Bidang Olahraga: prestasi kategori individu pada salah satu cabang olahraga di tingkat provinsi (PraPON, PORPROV), Nasional (O2SN, PON, Kejurnas) atau Internasional (Sea Games, Asean Games, Olimpiade, dan lain-lain). Prestasi kategori tim pada salah satu olahraga di tingkat Nasional (O2SN, PON, Kejurnas) atau Internasional (Sea Games, Asean Games, Olimpiade, dan lain-lain.
  3. Bidang Seni Dan Sastra: prestasi kategori individu bidang seni dan sastra (menyanyi, membuat poster, membuat desain, bermain alat musik, menari, membuat video, bintang radio) dalam kejuaraan tingkat Provinsi, Regional, Nasional (FLS2N) atau internasional yang diselenggarakan oleh instansi pemerintahan, perusahaan, atau lembaga sejenis. Prestasi kategori tim bidang seni dan sastra (paduan suara, bermain alat musik, menari) dalam kejuaraan tingkat Regional, Nasional (FLS2N) atau Internasional yang diselenggarakan oleh instansi pemerintahan, perusahaan atau lembaga sejenis.
  4. Bidang Paskibra dan Pramuka: pada tingkat Provinsi atau Nasional.
  5. Duta: penghargaan sebagai Duta Teknologi, Duta Bahasa/Literasi, Duta Pariwisata, Duta Lingkungan pada tingkat Provinsi atau Nasional.

Bidang Rohani

  1. Kemampuan dalam menghafal Al-Qur’an, minimal telah memiliki kemampuan menghafal 5 juz atau Prestasi Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) dalam kejuaraan tingkat Provinsi, Regional, atau Nasional.
  2. Prestasi Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) dalam kejuaraan tingkat Provinsi, Regional, atau Nasional.
  3. Prestasi Dharma Wacana dalam kejuaraan tingkat Provinsi, Regional, atau Nasional.

Baca juga Informasi Pendaftaran Seleksi Mandiri Universitas Tanjungpura (Untan)

Ketentuan Pemilihan Program Studi

  • Peserta dapat memilih sebanyak-banyaknya 2 program studi dari 36 program studi sarjana yang ada di Itera.
  • Urutan pilihan prodi menyatakan prioritas pilihan.

Biaya Pendaftaran dan Seleksi

  • Biaya seleksi yang ditanggung oleh peserta sebesar Rp200.000.
  • Biaya seleksi dapat dibayarkan ke bank BNI setelah peserta mendapatkan nomor Virtual Account yang akan diberikan melalui sistem pendaftaran setelah peserta menyelesaikan pengisian data.

Prosedur Pendaftaran

  1. Peserta melakukan registrasi ke sistem Pendaftaran Seleksi Prestasi Khusus (usm-pk.itera.ac.id) dengan mengisi:
  • Biodata Pribadi
  • Peserta melakukan pembayaran biaya seleksi pada Bank yang telah ditunjuk, untuk melakukan pengisian data lebih lanjut.
  • Nilai mata pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Kimia, Fisika, Biologi, serta Kompetensi Keahlian (khusus dari SMK/MAK) pada 6 semester terakhir).
  • Mengunggah hasil scan sertifikat/piagam penghargaan yang mendukung.
  • Mengunggah portofolio yang dapat menjelaskan diri peserta (dalam bentuk PDF).

2. Peserta melakukan tes wawancara ataupun kemampuan bakat.

3. Peserta yang dinyatakan lolos akan diumumkan pada laman usm.pk.itera.ac.id.

Jadwal Pelaksanaan USM-PK Itera 2022

  • Pendaftaran: 11-19 Juli 2022
  • Seleksi (Wawancara dan Tes Kemampuan): 22-23 Juli 2022
  • Pengumuman Hasil: 25 Juli 2022
  • Pengisian DIM dan Verifikasi Online: 26-30 Juli 2022
  • Pengumuman dan Pembayaran UKT: 1-5 Agustus 2022
  • Generate NIM dan Akun Mahasiswa: 6-8 Agustus 2022
  • Verifikasi Berkas Fisik dan Daftar Ulang Jalur Prestasi Khusus: 9-11 Agustus 2022

Bagi kamu yang ingin melanjutkan studi di Itera, Simak! Informasi Lengkap Seleksi Mandiri – Prestasi Khusus (USM-PK) ITERA di atas, ya. Semoga membantu!


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

Kampus yang Membuka Jurusan Akuntansi, Yuk Disimak!

Kampus yang Membuka Jurusan Akuntansi, Yuk Disimak!

Jurusan Akuntansi menjadi salah satu program studi yang populer di rumpun ilmu ekonomi. Hampir semua perguruan tinggi ternama membuka jurusan ini. Yuk, simak di sini daftar kampus yang membuka jurusan ini!

4 Jalur Masuk ITS yang Perlu Kamu Ketahui

4 Jalur Masuk ITS yang Perlu Kamu Ketahui

ITS merupakan salah satu kampus yang favorit dan ternama di Indonesia. Bagi kamu yang tertarik untuk kuliah di ITS, ada 4 jalur masuk yang dibuka. Yuk, simak selengkapnya di sini!

Inilah Beberapa PTN yang Membuka Jurusan Manajemen

Inilah Beberapa PTN yang Membuka Jurusan Manajemen

Jurusan Manajemen merupakan pilihan jurusan Soshum yang banyak diambil mahasiswa. Kamu tertarik untuk melanjutkan studi di Manajemen? Yuk, simak beberapa PTN yang membuka jurusan Manajemen di sini!

Ketahui Apa Saja Jurusan Favorit yang Ada di ITS

Ketahui Apa Saja Jurusan Favorit yang Ada di ITS

ITS merupakan salah satu PTN favorit yang ada di kota Surabaya. Program sarjana ITS menyediakan 32 pilihan program studi dari 6 bidang fakultas. Yuk, simak apa saja jurusan favorit ITS di sini!