Yuk, Mengenal Lebih Jauh Program IISMA dan Pendaftarannya

Yuk, Mengenal Lebih Jauh Program IISMA dan Pendaftarannya

Kampus Merdeka mempunyai beberapa program, salah satunya yaitu program IISMA. Program ini merupakan program pertukaran dengan universitas lain dari seluruh dunia untuk bertukar budaya. Yuk, simak lebih lengkap mengenai program IISMA di sini!

Yuk! Mengenal Gerakan Indonesia Mengajar dan Programnya

Yuk! Mengenal Gerakan Indonesia Mengajar dan Programnya

Gerakan Indonesia Mengajar (IM) merupakan inisiatif masyarakat yang berani memajukan pendidikan mulai dari pelosok Indonesia. Kamu tertarik untuk ikut? Yuk, simak info selengkapnya mengenai Indonesia Mengajar di sini!

Informasi Lengkap Pendaftaran Beasiswa Merdeka Pendidikan

Informasi Lengkap Pendaftaran Beasiswa Merdeka Pendidikan

Beasiswa Merdeka Pendidikan merupakan program persembahan dari Kitabisa dengan membantu pelajar (SMA/SMK dan mahasiswa) aktif yang membutuhkan biaya pendidikan tambahan. Kamu tertarik untuk ikut? Yuk, simak informasi selengkapnya di sini!

Simak! Kampus PTN Favorit yang Membuka Jurusan Aktuaria

oleh | Jul 29, 2022 | Blog, PTN | 0 Komentar

Kampus yang Membuka Jurusan Aktuaria – Aktuaria merupakan program studi yang termasuk baru di Indonesia. Aktuaria merupakan salah satu konsentrasi ilmu dalam Matematika. Jurusan Aktuaria biasa dikenal dengan “matematika asuransi”. Di jurusan ini kamu akan mempelajari tentang perancangan solusi dari permasalahan dan pengelolaan risiko pada asuransi, dana pensiun, jaminan sosial, perbankan, investasi, dan lainnya.

Bagi kamu yang tertarik mendaftar ke prodi ini harus memiliki minat pada bidang matematika.

Jurusan Aktuaria dibuka di banyak perguruan tinggi negeri favorit mahasiswa. Apa saja daftar PTN yang membuka jurusan ini? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

Universitas Gadjah Mada (UGM)

Jurusan Ilmu Aktuaria UGM masuk ke dalam Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Lulusan program studi Ilmu Aktuaria di UGM mempunyai keunggulan dalam hal penguasaan teori bidang aktuaria, prinsip siklus kerja aktuaria dan memiliki kemampuan yang setara dengan Aktuaris atau ASAI (Associate of the Society of Actuaries of Indonesia) sesuai dengan standar PAI (Persatuan Aktuaris Indonesia).

Kurikulum program studi ini dirancang sesuai dengan karakteristik dan kualifikasi profil lulusan bidang Aktuaria serta memenuhi Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT) dan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).

Institut Teknologi Bandung (ITB)

Program studi Sarjana Aktuaria merupakan salah satu program studi baru di dalam Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) ITB yang dibuka tahun 2019. Beberapa mata kuliah yang dipelajari di prodi ini antara lain komputasi matematika, makroekonomi, akuntansi, peluang, statistika matematika, matematika asuransi jiwa dan masih banyak lagi.

Program studi Aktuaria ITB memiliki misi untuk menyelenggarakan pendidikan terbaik dalam bidang aktuaria untuk menghasilkan lulusan berkualitas dan berdaya saing global yang dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap keamanan finansial dan kesejahteraan masyarakat.

Baca juga Berkenalan dengan Prodi Muda di Indonesia, Ilmu Aktuaria

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

Program studi Sarjana Sains Aktuaria ITS menawarkan kurikulum yang berbeda dengan kampus lain. Prodi Sarjana Sains Aktuaria ITS menyediakan bidang minat yang akan menjadi kompetensi khusus yaitu Asuransi Bencana, Asuransi Kelautan, dan Asuransi Syariah.

Mahasiswa di S1 Departemen Aktuaria akan dibekali kurikulum yang berbeda dengan yang lain. Prodi sarjana sains aktuaria ITS menyediakan bidang minat yang akan menjadi kompetensi khusus, yaitu sebagai berikut:

  • Aktuaria Bencana, bidang asuransi bencana sangat cocok diterapkan di Indonesia mengingat Indonesia rawan bencana.
  • Aktuaria Kelautan, Indonesia sebagai negara maritim akan membutuhkan asuransi bidang kelautan sebagai penunjang program pemanfaatan potensi laut.
  • Aktuaria Syariah, sangat bermanfaat mengingat banyak berbagai perusahaan yang menerapkan syariah dalam pelaksanaannya.

Selain ketiga bidang tersebut, lulusan Aktuaria juga dibekali konsep dasar ilmu Aktuaria Jiwa.

Universitas Indonesia (UI)

Ilmu Aktuaria UI memiliki visi menjadi program studi yang mampu berperan di tingkat nasional dan regional dalam bidang pendidikan, penelitian, dan terapan. Kualifikasi calon mahasiswa Ilmu Aktuaria UI yaitu lulusan SMA IPA/sederajat yang lulus ujian seleksi masuk penerimaan mahasiswa baru serta memenuhi persyaratan seleksi melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, dan jalur prestasi lain yang diakomodir UI, seperti juara olimpiade sains.

Mahasiswa yang lulus prodi S1 Ilmu Aktuaria UI nantinya akan memperoleh gelar Sarjana Ilmu Aktuaria (S.Aktr). Profil lulusan sarjana prodi UI ini memiliki kemampuan menganalisis dan menerapkan ilmu aktuaria pada industri asuransi, keuangan, dan industri lainnya, serta memiliki fasilitas pengakuan mata uji profesi Ajun Aktuaris oleh PAI melalui proses penyetaraan.

Universitas Padjadjaran (Unpad)

Jurusan Aktuaria Unpad termasuk ke dalam Fakultas MIPA. Aktuaria Unpad memiliki visi yaitu menjadikan program studi S1 Ilmu Aktuaria yang mampu bersaing di tingkat regional ASEAN dengan komitmen terhadap kemajuan riset aktuaria dan aplikasi dari metode-metode inovatif dalam aktuaria.

Keunggulan program studi Ilmu Aktuaria FMIPA Unpad terletak pada kekuatan:

  1. Pemahaman konsep-konsep dasar probabilitas, stokastik, teori risiko.
  2. Menguasai konsep dasar asuransi jiwa, asuransi umum, dan matematika keuangan.
  3. Kemampuan menerapkan dan menerjemahkan teori dan metode yang dipelajari dalam kasus nyata dari lembaga keuangan non perbankan (asunsi jiwa, pensiun, dan asuransi umum), serta lembaga keuangan perbankan secara mandiri yang diaplikasikan dalam lingkup strategik di bidang aktuaria, manajemen risiko, investasi, pengambilan keputusan, dan analisis bisnis.

Selain itu, prodi Unpad ini juga mencetak lulusan dengan kemampuan yang handal dalam data processing dan programming, kerja sama dan komunikasi sebagai peningkatan kemampuan soft skill.

IPB University

Program studi Aktuaria IPB University masuk ke dalam Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA). Lulusan program studi Aktuaria IPB akan mampu mendemonstrasikan pemahaman matematika yang kuat untuk menduga risiko, menghitung present value, memproyeksikan nilai akumulasi cash flow serta memahami teori dasar model-model aktuaria maupun materi ujian aktuaris profesional (PAI).

Itulah Simak! Kampus PTN Favorit yang Membuka Jurusan Aktuaria. Adakah daftar PTN di atas yang menjadi pilihan kampusmu untuk melanjutkan studi di jurusan Aktuaria? Semoga artikel di atas bermanfaat ya.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Trackbacks/Pingbacks

  1. Simak! Rekomendasi Kampus yang Membuka Jurusan DKV | LKBB Indonesia college - […] Baca juga Simak! Kampus PTN Favorit yang Membuka Jurusan Aktuaria […]

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Program Praktisi Mengajar merupakan salah satu bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Kemdikbudristek. Yuk, simak selengkapnya mengenai program Praktisi Mengajar di sini!

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

QS Asia University Rankings (QS AUR) merilis daftar perguruan tinggi terbaik di Asia setiap tahunnya. Nah, artikel kali ini akan membahas daftar 15 perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia menurut QS AUR 2023. Apa saja daftarnya? Simak di sini!

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

Kamu sebentar lagi akan lulus sekolah menengah dan bingung akan ambil jurusan apa? Ternyata ada beberapa jurusan yang langka di Indonesia dan bisa kamu jadikan pertimbangan untuk melanjutkan studi. Apa saja daftarnya? Yuk, simak di sini!