Informasi PMB Universitas Ciputra Surabaya Tahun 2023/2024

Informasi PMB Universitas Ciputra Surabaya Tahun 2023/2024

Universitas Ciputra Surabaya membuka penerimaan mahasiswa baru. Jalur pendaftaran yang dibuka terdiri dari Jalur Reguler, Jalur Sekolah Kerjasama, dan Jalur Undangan Prestasi. Bagi kamu yang ingin mendaftar, simak infonya di sini!

Berbagai Beasiswa di Universitas Budi Luhur Tahun 2022

Berbagai Beasiswa di Universitas Budi Luhur Tahun 2022

Universitas Budi Luhur menyediakan beberapa beasiswa dan hanya berlaku di Kelas Reguler S1/D3. Beasiswa di Universitas Budi Luhur berikut ini merupakan beasiswa di tahun 2022, yuk, simak informasi selengkapnya di sini!

Kenalan dengan Jurusan Astronomi, Jurusan Langka di Indonesia

Kenalan dengan Jurusan Astronomi, Jurusan Langka di Indonesia

Astronomi merupakan salah satu ilmu tertua. Astronomi adalah cabang ilmu yang mempelajari semua benda dan fenomena luar bumi. Kamu penasaran dan ingin tahu lebih lanjut terkait jurusan Astronomi? Yuk, kenalan lebih jauh dengan jurusannya di sini!

Simak! Panduan Memilih Kampus yang Tepat Agar Tidak Salah Pilih

oleh | Mar 7, 2022 | Blog, Tips | 0 Komentar

Panduan Memilih Kampus – Beberapa siswa pasti berharap untuk bisa memilih dan masuk kampus yang tepat sesuai keinginan. Memilih jurusan dan universitas yang tepat tentunya merupakan keputusan yang harus dipikirkan matang-matang. Ada beberapa pertimbangan yang harus kamu perhatikan dalam memilih perguruan tinggi.

Mungkin kamu adalah siswa kelas akhir yang bingung memilih kampus yang cocok. Kamu perlu mempersiapkan diri untuk memilih kampus yang ingin kamu masuki nantinya. Berikut beberapa panduan memilih kampus yang tepat agar tidak salah pilih, yuk simak di bawah ini.

Mencari Informasi Kampus Secara Lengkap

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mencari informasi secara lengkap tentang kampus yang ingin kamu pilih. Kamu bisa mencari informasinya di internet mengenai universitas yang kamu idamkan. Melalui website resmi universitas, kamu bisa menemukan segala informasi terkait program studi, rincian biaya, mata kuliah, fasilitas, dan lain-lain.

Tentukan Kampus Negeri atau Swasta

Memilih kampus memang tidak mudah karena kamu harus mempertimbangkan banyak aspek. Salah satunya adalah menentukan antara kampus negeri atau swasta. Perguruan tinggi negeri masih dianggap lebih unggul dari perguruan tinggi swasta.

Namun, banyak universitas swasta yang mempunyai kualitas mutu kampus yang tidak kalah dari universitas negeri. Dari fasilitas kampus, biaya kuliah, kenyamanan yang diberikan, kredibilitas pengajar, dan mutu kampus. Sampai saat ini, status negeri atau swasta masih menjadi bahan pertimbangan dalam memilih kampus.

Tentukan Jurusan Sesuai Minat dan Bakat

Selain memilih kampus yang tepat, kamu juga harus menentukan jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat. Jangan sampai kamu merasa salah jurusan ketika kamu masuk ke kampus pilihan. Bagi kamu belum tahu jurusan apa yang ingin dipilih, bisa konsultasikan dengan orang tua dan guru BK sekolahmu.

Baca juga Ingin Lolos di Perguruan Tinggi Negeri Favorit? Yuk, Ikuti Tips Ini!

Cek Akreditas Perguruan Tinggi Pilihanmu

Jangan lupa juga untuk mencari tahu akreditasi perguruan tinggi yang akan kamu pilih. Akreditasi kampus akan menentukan kualitas kampus, tenaga pengajar, dan lulusan dari kampus yang akan kamu tuju. Akreditasi merupakan upaya pemerintah dalam menstandarisasi kampus yang diselenggarakan BAN-PT dan untuk melihat kualitas mutu kampus.

Kamu harus mengetahui dan mempertimbangan akreditasi kampus. Kamu bisa melihat informasi akreditasi di situs resmi kampus atau di BAN-PT. BAN-PT merupakan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi yang memiliki peran penting dalam proses akreditasi.

Mempertimbangkan Lokasi Kampus

Lokasi memang salah satu faktor dalam mempertimbangkan memilih kampus yang tepat. Terutama kamu harus mempertimbangkan ingin kuliah di luar kota atau di kota sendiri. Karena lokasi kampus akan memengaruhi biaya hidup kamu selama kuliah nantinya dan dapat merencanakan biaya yang akan diperlukan. 

Mengetahui Biaya Kuliah dan Biaya Hidup

Tips yang tidak kalah penting adalah mengetahui biaya kuliah dan biaya hidup. Hal ini penting, mengingat kamu akan menghabiskan biaya kuliah dan biaya hidup selama kamu kuliah nantinya. Kamu bisa mencari informasi rincian biaya kuliah di internet atau bertanya kepada orang yang kuliah di kampus yang akan dituju.

Mempertimbangkan Fasilitas Kampus

Universitas yang bagus biasanya memiliki fasilitas yang memadai sehingga bisa mendukung perkuliahanmu. Fasilitas-fasilitas yang tersedia seperti ruang perkuliahan, perpustakaan, laboratorium, sarana ibadah, fasilitas olahraga, asrama, auditorium, dan lainnya. Kamu bisa mencari tahu di internet atau bisa bertanya pada orang yang kuliah di kampus tersebut.

Konsultasi dengan Orang Terdekat

Kamu bisa membicarakan pilihan kampus yang tepat dengan orang terdekat. Kamu bisa berkonsultasi dengan orangtua, guru, teman atau orang yang lebih berpengalaman. Kamu bisa berkonsultasi dan meminta pertimbangan dari sisi positif dan negatif.

Itu dia Simak! Panduan Memilih Kampus yang Tepat Agar Tidak Salah Pilih. Dengan adanya berbagai panduan ini, semoga bisa membantumu memilih kampus yang tepat. 


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…

Berbagai Program Internasional di Universitas Pertamina

Berbagai Program Internasional di Universitas Pertamina

Universitas Pertamina memiliki berbagai program internasional yang bisa kamu jadikan pilihan. Universitas ini juga memiliki banyak mitra perguruan tinggi, baik dalam negeri maupun mancanegara. Kamu tertarik untuk mengikuti salah satu programnya? Yuk, simak selengkapnya di sini!