Yuk, Mengenal Lebih Jauh Program IISMA dan Pendaftarannya

Yuk, Mengenal Lebih Jauh Program IISMA dan Pendaftarannya

Kampus Merdeka mempunyai beberapa program, salah satunya yaitu program IISMA. Program ini merupakan program pertukaran dengan universitas lain dari seluruh dunia untuk bertukar budaya. Yuk, simak lebih lengkap mengenai program IISMA di sini!

Yuk! Mengenal Gerakan Indonesia Mengajar dan Programnya

Yuk! Mengenal Gerakan Indonesia Mengajar dan Programnya

Gerakan Indonesia Mengajar (IM) merupakan inisiatif masyarakat yang berani memajukan pendidikan mulai dari pelosok Indonesia. Kamu tertarik untuk ikut? Yuk, simak info selengkapnya mengenai Indonesia Mengajar di sini!

Informasi Lengkap Pendaftaran Beasiswa Merdeka Pendidikan

Informasi Lengkap Pendaftaran Beasiswa Merdeka Pendidikan

Beasiswa Merdeka Pendidikan merupakan program persembahan dari Kitabisa dengan membantu pelajar (SMA/SMK dan mahasiswa) aktif yang membutuhkan biaya pendidikan tambahan. Kamu tertarik untuk ikut? Yuk, simak informasi selengkapnya di sini!

SMMPTN Barat 2022: Daftar PTN, Persyaratan, Biaya, dan Jadwal

oleh | Mei 25, 2022 | Blog, Jalur Masuk PTN | 0 Komentar

SMMPTN Barat 2022 – Selain SNMPTN dan SBMPTN, beberapa PTN membuka jalur masuk lain yaitu SMMPTN Barat.  SMMPTN Barat merupakan seleksi calon mahasiswa baru jalur mandiri yang penyelenggaraannya dilakukan secara bersama antar PTN yang tergabung dalam BKS-PTN Indonesia Wilayah Barat. Penyelenggaraan seleksinya berdasar hasil UTBK yang dilakukan secara bersama di bawah koordinasi panitia SMMPTN Barat.

Penyelenggaraan penerimaan mahasiswa baru bagi PTN diatur Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan disebutkan bahwa penerimaan mahasiswa baru program sarjana (S1) pada PTN selain dilakukan melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN dapat dilakukan melalui jalur lainnya. Oleh karena itu, para Rektor PTN yang tergabung dalam BKS PTN Indonesia Wilayah Barat bersepakat untuk menyelenggarakan Seleksi Masuk Perguruan Tinggi jalur mandiri secara bersama yang dinamakan SMM PTN-Barat.

Simak penjelasan lebih lengkap SMMPTN Barat 2022: Daftar PTN, Persyaratan, Biaya, dan Jadwal berikut ini.

Seleksi calon mahasiswa jalur mandiri yang dilakukan oleh beberapa PTN Indonesia Wilayah Barat memiliki opsi untuk memiliki prodi pada perguruan tinggi lain yang tergabung dalam BKS PTN Indonesia Wilayah Barat. Melalui program SMM PTN-Barat 2022 ini, para peserta memiliki opsi untuk memilih maksimum 2 program studi termasuk pada perguruan tinggi lain yang menjadi peserta SMMPTN Barat 2022.

Daftar PTN

Daftar PTN yang ikut dalam penyelenggaraan SMMPTN Barat 2022 adalah:

  1. Universitas Syiah Kuala (USK)
  2. Universitas Jambi (UNJA)
  3. Universitas Lampung (Unila)
  4. Universitas Bengkulu (UNIB)
  5. Institut Seni Indonesia (ISI) Padang Panjang
  6. Universitas Palangka Raya (UPR)
  7. Universitas Malikussaleh (Unimal)
  8. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA)
  9. Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH)
  10. Universitas Bangka Belitung (UBB)
  11. Universitas Teuku Umar (UTU)
  12. Institut Teknologi Sumatera (ITERA)
  13. Institut Seni dan Budaya Indonesia (ISBI) Aceh
  14. Universitas Samudra (Unsam)
  15. Universitas Riau (UNRI)
  16. Universitas Siliwangi (UNSIL)
  17. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah (UIN Jakarta)
  18. Universitas Sumatera Utara (USU)
  19. Universitas Andalas (UNAND)
  20. Universitas Negeri Padang (UNP)
  21. Universitas Tanjungpura (UNTAN)
  22. Institut Pertanian Bogor (IPB)
  23. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau (UIN Suska Riau)
  24. Institut Agama Islam Negeri Batusangkar (IAIN Batusangkar)
  25. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Persyaratan Pendaftaran

  1. Bagi lulusan SMA/SMK/MA/sederajat dan Paket C, harus memiliki ijazah.
  2. Bagi lulusan SMA/SMK/MA/sederajat dan Paket C tahun 2022, telah memiliki Surat Keterangan Lulus yang memuat sekurang-kurangnya informasi jati diri, pas foto yang bersangkutan, serta dibubuhi cap yang sah.
  3. Peserta seleksi dalam kondisi kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu proses pembelajaran pada program studinya.
  4. Ijazah adalah 3 tahun terakhir 2020, 2021, dan 2022 kecuali untuk beberapa universitas:
  • UMRAH, UNJA, UTU, dan Unimal tahun ijazah 5 tahun terakhir (2018, 2019, 2020, 2021, dan 2022).
  • ISBI Aceh menerima tahun ijazah 10 tahun terakhir yaitu mulai ijazah dari tahun 2013 sampai dengan 2022 dan Paket C maksimal umur 35 tahun.
  • UPR 3 tahun terakhir (2020, 2021, dan 2022) untuk FK dan 5 tahun terakhir (2018, 2019, 2020, 2021, dan 2022) untuk fakultas lainnya dan paket C maksimal umur 25 tahun.

Baca juga Simak! Hal-Hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum UTBK SBMPTN

Prosedur Pendaftaran

  1. Pendaftaran SMMPTN Barat 2022 dilakukan secara online.
  2. Pengisian borang (formulir) pendaftaran ujian tulis dan portofolio dilakukan melalui laman https://pendaftaran.smmptnbarat.id/ dengan cara memasukkan seluruh data yang diperlukan secara benar.
  3. Pendaftaran dimulai sejak tanggal 1 April s.d 27 Juni 2022, pukul 16:00 WIB, kemudian bagi para peserta yang telah melakukan pembayaran biaya pendaftaran paling lambat pada tanggal 27 Juni 2022 pukul 16.00 WIB namun belum menuntaskan pengisian formulir pendaftaran secara online, diberi kesempatan untuk menyelesaikannya dan melakukan simpan permanen paling lambat tanggal 28 Juni 2022 pukul 14.00 WIB.
  4. Pada saat melakukan pendaftaran secara online bagi peserta yang mengikuti SBMPTN 2022, diminta memasukkan nomor tes SBMPTN 2022 pada kolom yang disediakan.

Kelompok Ujian

Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK)

Ujian dilaksanakan dalam bentuk Ujian Tulis Berbasis Komputer. Adapun jenis ujian pada pelaksanaan SMMPTN Barat 2022 dibagi menjadi 2 sebagai berikut.

  • Kelompok Saintek dengan materi ujian TPS, Bahasa Inggris, dan TKA Saintek (Matematika Saintek, Fisika, Kimia, dan Biologi).
  • Kelompok Soshum dengan materi ujian TPS, Bahasa Inggris, dan TKA Soshum (Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi).

Biaya Registrasi dan Seleksi UTBK

  • Biaya registrasi dan seleksi : Rp350.000
  • Biaya registrasi dan seleksi dapat dibayarkan pada waktu yang ditetapkan melalui Bank mitra yang telah ditetapkan.
  • Biaya registrasi dan seleksi yang telah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apa pun.

Jadwal Pelaksanaan

  • 1 April – 27 Juni 2022 : pendaftaran
  • 30 Juni – 14 Juli 2022 : pelaksanaan UTBK SMMPTN Barat
  • 18 Juli 2022 pukul 16.00 WIB : Pengumuman kelulusan


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Trackbacks/Pingbacks

  1. Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru SBMPTBR Tahun 2022 | LKBB Indonesia college - […] Baca juga SMMPTN Barat 2022: Daftar PTN, Persyaratan, Biaya, dan Jadwal […]
  2. SBMPTMU, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru di PTMA | LKBB Indonesia college - […] Baca juga SMMPTN Barat 2022: Daftar PTN, Persyaratan, Biaya, dan Jadwal […]

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Program Praktisi Mengajar merupakan salah satu bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Kemdikbudristek. Yuk, simak selengkapnya mengenai program Praktisi Mengajar di sini!

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

QS Asia University Rankings (QS AUR) merilis daftar perguruan tinggi terbaik di Asia setiap tahunnya. Nah, artikel kali ini akan membahas daftar 15 perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia menurut QS AUR 2023. Apa saja daftarnya? Simak di sini!

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

Kamu sebentar lagi akan lulus sekolah menengah dan bingung akan ambil jurusan apa? Ternyata ada beberapa jurusan yang langka di Indonesia dan bisa kamu jadikan pertimbangan untuk melanjutkan studi. Apa saja daftarnya? Yuk, simak di sini!