Sudah Dibuka! Pendaftaran Beasiswa LPDP 2022 Tahap 2

oleh | Jul 15, 2022 | Blog | 0 Komentar

Beasiswa LPDP – LPDP menyelenggarakan program beasiswa magister dan doktor untuk putra/putri terbaik Indonesia melalui Beasiswa LPDP. Beasiswa LPDP adalah program pembiayaan perguruan tinggi bagi WNI yang dikelola oleh Kementerian Keuangan. Beasiswa ini merupakan program beasiswa yang dibiayai oleh pemerintah Indonesia untuk pembiayaan studi lanjut pada program Magister atau Doktoral di perguruan tinggi terbaik di dalam maupun di luar negeri.

Seleksi beasiswa LPDP sebelumnya sudah dilakukan di tahap 1 pada 25 Februari sampai 27 Maret 2022, sedangkan untuk tahap 2 dibuka pada 4 Juli sampai 5 Agustus 2022. Seleksi Beasiswa Tahap 2 diberlakukan untuk perkuliahan paling cepat bulan Januari tahun 2023. Ada 3 kategori beasiswa LPDP 2022 tahap 2 antara lain Beasiswa Umum, Beasiswa Targeted, dan Beasiswa Afirmasi.

Bagi kamu yang ingin mendaftar beasiswa LPDP, simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Pendaftaran Beasiswa 2022

  1. Mendaftar secara online pada laman Pendaftaran Beasiswa LPDP https://beasiswalpdp.kemenkeu.go.id/.
  2. Melengkapi dan mengunggah semua dokumen yang dipersyaratkan pada aplikasi pendaftaran.
  3. Pastikan melakukan submit aplikasi pendaftaran untuk mendapatkan kode registrasi/pendaftaran.
  4. Pastikan dokumen-dokumen pendukung seperti surat rekomendasi, surat keterangan atau yang sejenis dibuat/diterbitkan pada tahun 2022.

Jadwal Pendaftaran dan Seleksi LPDP 2022 Tahap 2

Proses seleksi akan dilakukan dengan menyesuaikan kebijakan pemerintah terkait pandemi Covid-19. Proses seleksi dapat dilakukan secara daring/luring/gabungan (hybrid) menyesuaikan kebijakan pemerintah.

Sehingga pada aplikasi pendaftaran, pendaftar harus memilih kota/lokasi seleksi yang disediakan oleh LPDP. Hal ini dilakukan sebagai langkah antisipasi jika nantinya seleksi akan dilakukan secara luring/hybrid. Berikut jadwal pendaftaran dan seleksi Beasiswa LPDP Tahap 2:

  • Pendaftaran Beasiswa: 4 Juli-5 Agustus 2022
  • Seleksi Administrasi: 8-19 Agustus 2022
  • Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi: 22 Agustus 2022
  • Seleksi Bakat Skolastik: 29 Agustus-10 September 2022
  • Pengumuman Hasil Seleksi Bakat Skolastik: 15 September 2022
  • Seleksi Substansi: 26 September-4 November 2022
  • Pengumuman Hasil Seleksi Substansi: 11 November 2022

Baca juga Informasi Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) Bergelar untuk Jenjang Pendidikan S1/D4

Catatan

LoA Unconditional adalah surat resmi dari perguruan tinggi (official admission) yang menyatakan bahwa seseorang telah diterima sebagai mahasiswa di perguruan tinggi tersebut dengan tanpa persyaratan, kecuali persyaratan sponsor pendanaan, dokumen fisik ijazah dan transkrip nilai jenjang studi sebelumnya, dan/atau persyaratan tambahan yang tidak berisiko mengubah status diterimanya orang tersebut sebagai mahasiswa pada program studi yang dituju serta memuat nama lengkap, jenjang studi, program studi, serta durasi studi, lama studi, permulaan studi dan/atau akhir studi.

LoA Unconditional yang diunggah harus memenuhi kriteria sebagai berikut:

  • Perguruan tinggi dan program studi harus sesuai dengan salah satu pilihan pada aplikasi pendaftaran.
  • Intake studi harus memenuhi ketentuan yang ditetapkan LPDP terkait waktu perkuliahan paling cepat yang diizinkan.
  • Jika intake perkuliahan yang tercantum pada LoA Unconditional yang diunggah tidak sesuai ketentuan maka wajib melampirkan Surat Defer (penundaan) dari perguruan tinggi yang menerbitkan LoA.
  • Jika pendaftar mengunggah LoA Unconditional yang tidak sesuai ketentuan LPDP, maka dianggap tidak memenuhi kriteria pendaftaran.

3 Kategori Beasiswa LPDP 2022 Tahap 2

  1. Beasiswa Umum
  • Beasiswa Reguler 2022
  • Beasiswa PTUD 2022
  • Beasiswa Co-funding 2022

2. Beaiswa Targeted

  • Beasiswa PNS, TNI, dan Polri 2022
  • Beasiswa Kewirausahaan 2022

3. Beasiswa Afirmasi

  • Beasiswa Penyandang Disabilitas 2022
  • Beasiswa Putra Putri Papua 2022
  • Beasiswa Pra Sejahtera 2022
  • Beasiswa Daerah Afirmasi 2022

Bagi kamu yang ingin melanjutkan studi pendidikan S2 atau S3 dengan beasiswa di perguruan tinggi di dalam maupun luar negeri, perhatikan Sudah Dibuka! Pendaftaran Beasiswa LPDP 2022 Tahap 2 di atas. Semoga membantu!


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Trackbacks/Pingbacks

  1. Simak! Berikut Syarat dan Jadwal Program Magang Kampus Merdeka Angkatan 3 | LKBB Indonesia college - […] Baca juga: Sudah Dibuka! Pendaftaran Beasiswa LPDP 2022 Tahap 2 […]

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

Kampus yang Membuka Jurusan Akuntansi, Yuk Disimak!

Kampus yang Membuka Jurusan Akuntansi, Yuk Disimak!

Jurusan Akuntansi menjadi salah satu program studi yang populer di rumpun ilmu ekonomi. Hampir semua perguruan tinggi ternama membuka jurusan ini. Yuk, simak di sini daftar kampus yang membuka jurusan ini!

4 Jalur Masuk ITS yang Perlu Kamu Ketahui

4 Jalur Masuk ITS yang Perlu Kamu Ketahui

ITS merupakan salah satu kampus yang favorit dan ternama di Indonesia. Bagi kamu yang tertarik untuk kuliah di ITS, ada 4 jalur masuk yang dibuka. Yuk, simak selengkapnya di sini!

Inilah Beberapa PTN yang Membuka Jurusan Manajemen

Inilah Beberapa PTN yang Membuka Jurusan Manajemen

Jurusan Manajemen merupakan pilihan jurusan Soshum yang banyak diambil mahasiswa. Kamu tertarik untuk melanjutkan studi di Manajemen? Yuk, simak beberapa PTN yang membuka jurusan Manajemen di sini!

Ketahui Apa Saja Jurusan Favorit yang Ada di ITS

Ketahui Apa Saja Jurusan Favorit yang Ada di ITS

ITS merupakan salah satu PTN favorit yang ada di kota Surabaya. Program sarjana ITS menyediakan 32 pilihan program studi dari 6 bidang fakultas. Yuk, simak apa saja jurusan favorit ITS di sini!