Apa Saja Tahapan Seleksi BUMN? Cek Infonya di Sini!

oleh | Jul 24, 2023 | Blog, CPNS | 0 Komentar

Tahapan seleksi BUMN – Selama 2 tahun terakhir, BUMN rutin membuka kesempatan bagi masyarakat Indonesia untuk bekerja di berbagai perusahaan melalui Rekrutmen Bersama BUMN (RBB). Lebih dari 120 BUMN Grup membuka lebih dari 2000 lowongan kerja untuk berkarir dan berkontribusi bagi Indonesia melalui RBB yang diadakan 2 batch per tahun. 

Selain jenjang karir yang jelas, gaji dan tunjangan yang cukup tinggi dan berbagai keuntungan lainnya membuat pendaftar RBB tidak pernah sepi setiap tahunnya. Oleh karena itu, seleksi RBB juga dikenal cukup ketat terlebih bagi BUMN besar seperti Telkom Indonesia, Pertamina, KAI dan lain sebagainya. 

Apakah kamu juga berminat untuk ikut seleksi Rekrutmen Bersama BUMN? Mari cek terlebih dahulu apa saja yang perlu dipersiapkan dan tahapan seleksi RBB yang akan kamu hadapi di sini, yuk!

Syarat Pendaftaran BUMN 

  1. Warga Negara Indonesia
  2. Usia Fresh Graduate maksimal per 11 Mei 2023 mengikuti jenjang pendidikan sebagai berikut:
    • SMA/sederajat: 25 tahun
    • Diploma III: 27 tahun
    • S1/Diploma IV: 30 tahun
    • S2: 35 tahun
    • Kecuali, Experience Hire: 45 tahun
  3. Nilai IPK minimal 3.00 (skala 4.00) untuk D-III /D-IV/S-1 dan minimal 3.25 (skala 4.00)untuk S2
  4. Nilai rata-rata ujian sekolah minimal 75 (skala 100) untuk lulusan SMA
  5. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia
  6. Jenis kelamin menyesuaikan kebutuhan posisi masing-masing BUMN
  7. Sehat jasmani, rohani dan bebas narkoba
  8. Dokumen SKCK dari kepolisian (Jika Ada)
  9. Sertifikasi pelatihan yang sesuai dengan kompetensi dan rekomendasi pengalaman kerja apabila ada
  10. Rekomendasi Komunitas (berprestasi di Bidang Olahraga/Seni/Digital Creator/Start Up) apabila ada

Baca juga: Info ASN: Ini Dia Perbedaan Honorer, PPPK, CPNS, dan PNS

Tahapan Seleksi Rekrutmen BUMN

Berdasarkan ketentuan pada RBB Batch 1 tahun 2023, seleksi di BUMN terdiri dari 4 tahapan sebagai berikut:

1. Registrasi Online & Seleksi Administrasi

Pada tahap 1, peserta dapat melakukan registrasi secara online melalui laman https://rekrutmenbersama.fhcibumn.id dan melakukan aktivasi akun. Selanjutnya, peserta dapat melengkapi CV dan dokumen persyaratan dan melamar pada 1 posisi di BUMN yang tersedia. Perlu diketahui, setiap posisi di BUMN dibuka dengan kuota tertentu sehingga disarankan untuk mendaftar lebih awal sebelum kuota pendaftar terpenuhi. 

Biasanya, setelah berhasil melamar, kamu akan otomatis lulus untuk seleksi administrasi dan hanya perlu menunggu jadwal untuk seleksi online tahap 1. Informasi mengenai jadwal, link tes hingga username dan password akan dikirimkan melalui email atau dapat diakses melalui halaman “Lamaran Saya”. Selain itu, sebelum tes online tahap 1 dan 2 dimulai juga akan disediakan Trial Test untuk mengecek koneksi serta perangkat yang akan digunakan.

2. Tes Online Tahap 1

Seluruh peserta yang lolos seleksi administrasi dapat mengikuti Tes Kemampuan Dasar (TKD) dan core values AKHLAK. Materi seleksi TKD terdiri dari Penarikan Kesimpulan (25 soal/18 menit), Deret Angka (25 soal/26 menit) dan Diagram Reasoning (25 soal/20 menit). Sementara materi tes AKHLAK terdiri dari core values BUMN dengan 90 soal selama 30 menit khusus bagi peserta jenjang D3 s/d S2.

Peserta tes online tahap 1 yang dapat lulus ke tahap selanjutnya akan ditentukan berdasarkan mekanisme penilaian berikut:

  • Jenjang D3 s/d S2
    1. Nilai standard minimum: TKD min. 58 dan AKHLAK min. 65
    2. Pembobotan nilai: TKD (40%) dan AKHLAK (60%)
    3. Ranking sesuai kebutuhan BUMN terdaftar
  • Jenjang SMA sederajat 
    1. Nilai standard minimum: TKD min. 58
    2. Ranking sesuai kebutuhan BUMN terdaftar

3. Tes Online Tahap 2

Peserta jenjang D3 s/d S2 yang berhasil lulus pada Tahap 1 akan melanjutkan ke Tes Online Tahap 2 yang terdiri dari Tes Bahasa Inggris. Materi Tes Bahasa Inggris BUMN terdiri dari Structure (20 soal/15 menit), Error Recognition (20 soal/15 menit) dan Reading (50 soal/45 menit). Nilai minimum atau passing grade untuk Tes Bahasa Inggris sebesar 450. Sementara peserta dari jenjang SMA/sederajat akan mengikuti tes AKHLAK dengan ketentuan yang sama dengan sebelumnya. 

Peserta yang memenuhi passing grade selanjutnya dan dapat melanjutkan ke tahap selanjutnya dinilai dengan mekanisme berikut:

  • Jenjang D3 s/d S2
    1. Nilai standard minimum: Bahasa Inggris min. 450
    2. Pembobotan nilai: TKD & AKHLAK (60%) dan Bahasa Inggris (40%)
    3. Ranking sesuai kebutuhan BUMN terdaftar
    4. Validasi dokumen & proctoring
  • Jenjang SMA sederajat
    1. Nilai standard minimum: AKHLAK min. 65
    2. Pembobotan nilai: TKD (40%) dan AKHLAK (60%)
    3. Ranking sesuai kebutuhan BUMN terdaftar
    4. Validasi dokumen & proctoring

Baca juga: Siap-Siap! CPNS 2023 Dibuka untuk 1 Juta Formasi September Mendatang

4. Tes Seleksi di BUMN

Tahap terakhir seleksi di BUMN terdiri dari beberapa seleksi lanjutan seperti Tes Kemampuan Bidang (TKB). wawancara user, Digital Mindset, Social Media Analytic dan Medical Check-Up (MCU). Tahapan ini dapat berbeda-beda dan menyesuaikan kebutuhan masing-masing BUMN. Selanjutnya, peserta yang berhasil lulus di tahapan terakhir dapat mengikuti inagurasi dan diterima secara resmi sebagai pegawai di BUMN terpilih. 

Itulah informasi mengenai ketentuan dan tahapan seleksi pada Rekrutmen Bersama BUMN. Perlu diingat, syarat, tahapan, materi seleksi hingga mekanisme penilaian dapat berubah pada setiap batch dan tahun seleksi. So, jangan lupa perhatikan dan cari informasi terkini agar tidak salah langkah selama mengikuti seleksi, ya!


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTNKedokteranSekolah KedinasanIUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…