Siap-Siap! CPNS 2023 Dibuka untuk 1 Juta Formasi September Mendatang

by | Jun 13, 2023 | Blog, CPNS | 0 comments

CPNS 2023 – Setelah di tahun sebelumnya hanya mengadakan seleksi Aparatur Sipil Negara (ASN) khusus bagi PPPK, tahun 2023 ini Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) kembali mengadakan seleksi CPNS. Meskipun kabarnya masih simpang siur terdengar sejak awal tahun 2023, para pejuang CPNS masih terus berharap dan menantikan informasi resmi selanjutnya. 

Namun, kabar mengenai seleksi CPNS 2023 kembali menjadi sorotan usai Menteri PANRB, Azwar Anas, memaparkan beberapa bocoran terkait pelaksanaan seleksi CPNS 2023 kali ini. Seleksi dikabarkan akan resmi diselenggarakan pada bulan September meskipun tanggal pastinya masih akan menyusul informasi resmi selanjutnya. Apakah kamu salah satu orang yang menantikan informasi terkait seleksi CPNS 2023? Simak beberapa informasinya di bawah ini, yuk!

1 juta formasi akan dibuka, 80 persen di antaranya bagi PPPK

Azwar Anas menyatakan bahwa tahun 2023 akan dibuka rekrutmen CPNS dengan kuota total sebanyak 1.030.751 formasi. Sebanyak 80 persen formasi akan diperuntukkan bagi formasi non ASN atau PPPK, sementara 20 persen lainnya untuk fresh graduate

Sebanyak 1 juta formasi tersebut merupakan usulan yang telah diberikan oleh instansi pemerintah daerah dan pusat. Jumlah ini masih dapat berubah dikarenakan masih ada beberapa kementerian/lembaga pemerintah yang belum memberikan usulan untuk tahun ini. Sebagai gambaran, berikut adalah rincian lebih lanjut terkait formasi CPNS 2023 yang akan dibuka:

Formasi CPNS 2023

  • CPNS dosen sebanyak 15.858 formasi
  • CPNS tenaga teknis lain sebanyak 18.595 formasi
  • PPPK dosen sebanyak 6.472 formasi
  • PPPK tenaga guru sebanyak 12.000 formasi
  • PPPK tenaga kesehatan sebanyak 12.719 formasi
  • PPPK tenaga teknis lain sebanyak 15.205 formasi
  • PPPK tenaga guru (daerah) sebanyak 580.202
  • PPPK tenaga kesehatan (daerah) sebanyak 327.542 formasi
  • PPPK tenaga teknis lain (daerah) sebanyak 35.000 formasi
  • PNS lulusan sekolah kedinasan sebanyak 6.259 orang

Baca juga: Berapa Ambang Batas Nilai SKD Kedinasan Tahun 2023? Yuk, Cari Tahu di Sini

 20 persen formasi khusus talenta digital untuk fresh graduate

Selain itu, sebanyak 20 persen dari total formasi yang dibuka pada CPNS 2023 akan ditujukan bagi fresh graduate atau pendaftar yang baru lulus kuliah. Azwar Anas dalam kesempatannya pada 12 Januari 2023 lalu juga menjelaskan bahwa kualifikasi bagi fresh graduate akan sangat tinggi untuk mengisi formasi di kementerian dan lembaga pemerintah baik pusat maupun daerah. 

Kuota yang diberikan bagi fresh graduate juga akan diutamakan bagi talenta digital untuk memenuhi kebutuhan tenaga IT di lingkungan pemerintah sejalan dengan percepatan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), Menteri PAN RB juga menambahkan bahwa tenaga teknis tidak menjadi prioritas pada seleksi CPNS 2023 dan masih akan memprioritaskan tenaga guru maupun kesehatan. 

Baca juga: Yuk Simak! Tips Wawancara Sekolah Kedinasan

Informasi lainnya terkait pelaksanaan seleksi CPNS 2023 masih akan terus diperbarui mengingat Kementerian PAN-RB masih terus menunggu usulan formasi dari kementerian atau lembaga lainnya. Jadi, jangan sampai ketinggalan dan pantau terus informasi resminya di sini, ya!

Sembari menunggu informasi resmi, kamu juga bisa mempersiapkan diri untuk berbagai materi seleksi CPNS yang akan diujikan nantinya. Yuk, persiapkan diri dengan Program Intensif CPNS bersama Indonesia College! 


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTNKedokteranSekolah KedinasanIUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Baca Juga Yang Lainnya…

Raih Impian Masuk Kampus Pilihanmu Bersama Indonesia College. Tersedia Bimbingan Khusus PTN dan Sekolah Kedinasan