Tahapan Seleksi dan Tips Cara Masuk PKN STAN

oleh | Okt 4, 2021 | Blog, PKN STAN | 0 Komentar

Cara Masuk STAN – Politeknik Keuangan Negara atau PKN STAN merupakan sekolah kedinasan terfavorit yang paling diminati. Banyak orang memiliki impian untuk bisa masuk di perguruan tinggi kedinasan ini dan setelah lulus bisa bekerja di bawah Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Sebagai sekolah kedinasan favorit, tentunya PKN STAN memiliki proses seleksi yang ketat. Terdapat berbagai tahapan yang harus dilalui oleh peserta untuk bisa masuk ke sekolah kedinasan ini. Setiap tahapan bersifat menggugurkan sehingga hanya sebagian peserta saja yang bisa melanjutkan ke seleksi berikutnya.

Bisa diterima menjadi mahasiswa PKN STAN memang tidak mudah, namun bukan berarti tidak mungkin. Yuk, cari tahu tahapan dan cara masuk PKN STAN di bawah ini!

Tahapan Seleksi PKN STAN

cara masuk stan

Bagi kamu yang ingin tahu cara masuk PKN STAN, hal pertama yang perlu diketahui yaitu tahapan seleksinya. Mengetahui tahapan ini akan membantumu dalam mempersiapkan diri mengiktui seleksi PKN STAN. Tahapan seleksinya yaitu sebagai berikut.

Seleksi Administrasi

Saat melakukan pendaftaran, peserta akan diminta untuk memenuhi berbagai persyaratan seperti akademis dan administratif. Setelah masa pendaftaran ditutup, panitia akan memeriksa kelengkapan dan kesesuaian administratif ini. Jika peserta memenuhi semuanya, maka akan lanjut ke tahapan selanjutnya. Jika tidak, maka akan dinyatakan gugur.

Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)

Tahapan berikutnya yaitu Seleksi Kompetensi Dasar atau SKD. Pada tahapan ini, peserta akan mengerjakan tes dengan materi Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelejensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Peserta harus memenuhi passing grade dan masuk perangkingan untuk bisa melanjutkan seleksi ke tahapan berikutnya.

Tes Kesehatan

Bagi peserta yang dinyatakan lolos SKD, akan melanjutkan seleksi ke tahap berikutnya yaitu Tes Kesehatan. Di tahapan ini, panitia akan memeriksa kondisi kesehatan peserta seperti tinggi badan, berat badan, kesehatan mata, tekanan darah, dan lain sebagainya.

Tes Kebugaran

Masih menyambung dari Tes Kesehatan, peserta juga akan melakukan Tes Kebugaran. Peserta akan melakukan berbagai aktivitas fisik untuk menguji kebugaran. Tes yang akan dihadapi yaitu seperti lari, sit up, push up, chinning, pull up, dan lain-lain.

Tes Psikologi

Selain memeriksa kondisi fisik, panitia seleksi masuk PKN STAN juga akan memeriksa kondisi psikologis peserta. Peserta akan mengerjakan Tes Psikologi yang telah disediakan dengan menggunakan sistem Computer Based Test atau CBT.

Tes Wawancara

Peserta yang bisa mengikuti seleksi pada tahapan Tes Wawancara merupakan peserta yang lolos tahap Tes Kesehatan, Tes Kebugaran, dan Tes Psikologi. Tahapan Tes Wawancara merupakan seleksi akhir yang dilakukan untuk menentukan kelulusan peserta.

Baca juga Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2021, PKN STAN Raih Peminat Terbanyak.

Tips: Cara Masuk PKN STAN

Setelah memahami tahapan seleksi, kamu bisa mempersiapkan diri dengan lebih matang. Setiap tahap memiliki standar penilaian yang berbeda-beda sehingga persiapannya pun tidak bisa disamakan. Supaya lebih lancar, saat ikut seleksi, berikut ini beberapa tips cara masuk PKN STAN yang bisa kamu coba.

  • Membaca pengumuman dan persyaratan dengan saksama serta teliti.
  • Mempersiapkan berkas pendaftaran dengan lengkap dan selalu melakukan cek ulang sebelum submit.
  • Memperhatikan saingan tiap jurusan dan pilihlah yang paling tepat.
  • Belajar soal-soal SKD supaya bisa mendapat nilai tinggi dan lolos ke tahapan berikutnya.
  • Rajin berolahraga supaya badan lebih bugar dan siap mengikuti tes fisik.
  • Menjaga kesehatan dan mengurangi kebiasaan pola hidup tidak sehat seperti rokok.
  • Memperhatikan ketentuan pakaian untuk setiap tahapan seleksi misalnya baju putih dan bawahan hitam.
  • Aktif mengikuti perkembangan seleksi baik dari BKN, Kemenkeu, atau PKN STAN.

Itu dia penjelasan tentang tahapan seleksi dan tips cara masuk PKN STAN. Seleksi untuk masuk sekolah kedinasan ini ketat karena terdiri dari berbagai tahapan serta jumlah pendaftarnya tinggi. Jika kamu ingin lolos masuk PKN STAN, pastikan mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk menghadapi rangkaian seleksi.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

Mengenal Kelas Internasional di UII Yogyakarta

Mengenal Kelas Internasional di UII Yogyakarta

Kelas Internasional UII – Melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dapat dilakukan dengan mengikuti program perkuliahan di universitas. Program pendidikan yang bisa diikuti tidaknya kelas reguler, namun ada juga program lainnya seperti kelas ekstensi dan...

Kampus Swasta Terbaik Indonesia Versi Webometrics 2021

Kampus Swasta Terbaik Indonesia Versi Webometrics 2021

Kampus Swasta Terbaik – Melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi merupakan pilihan banyak orang selepas lulus dari Sekolah Menengah Atas. Pendidikan ini bisa didapat dari berbagai perguruan tinggi baik negeri maupun swasta. Di Indonesia sendiri, banyak yang...