Yuk, Mengenal Lebih Jauh Program IISMA dan Pendaftarannya

Yuk, Mengenal Lebih Jauh Program IISMA dan Pendaftarannya

Kampus Merdeka mempunyai beberapa program, salah satunya yaitu program IISMA. Program ini merupakan program pertukaran dengan universitas lain dari seluruh dunia untuk bertukar budaya. Yuk, simak lebih lengkap mengenai program IISMA di sini!

Yuk! Mengenal Gerakan Indonesia Mengajar dan Programnya

Yuk! Mengenal Gerakan Indonesia Mengajar dan Programnya

Gerakan Indonesia Mengajar (IM) merupakan inisiatif masyarakat yang berani memajukan pendidikan mulai dari pelosok Indonesia. Kamu tertarik untuk ikut? Yuk, simak info selengkapnya mengenai Indonesia Mengajar di sini!

Informasi Lengkap Pendaftaran Beasiswa Merdeka Pendidikan

Informasi Lengkap Pendaftaran Beasiswa Merdeka Pendidikan

Beasiswa Merdeka Pendidikan merupakan program persembahan dari Kitabisa dengan membantu pelajar (SMA/SMK dan mahasiswa) aktif yang membutuhkan biaya pendidikan tambahan. Kamu tertarik untuk ikut? Yuk, simak informasi selengkapnya di sini!

Tertarik Kuliah di Jurusan Peternakan? Yuk, Cek Informasinya di Sini!

oleh | Des 20, 2021 | Blog, Jurusan Kuliah | 0 Komentar

Jurusan Peternakan – Ada berbagai jurusan kuliah yang bisa dipilih oleh calon mahasiswa ketika ingin masuk perguruan tinggi. Setiap jurusan kuliah merupakan bagian dari suatu bidang meskipun memiliki fokus studi yang berbeda-beda.

Salah satu bidang studi yang banyak diajarkan di perguruan tinggi yaitu pertanian. Bidang ini bisa ditemukan di berbagai universitas. Di antara banyaknya jurusan yang ada di bidang ini, Peternakan merupakan salah satu yang sudah dikenal dan cukup banyak diminati oleh calon mahasiswa.

Meskipun sudah dikenal oleh masyarakat, nyatanya banyak orang yang masih salah memahami jurusan ini. Banyak orang mengira bahwa mahasiswa jurusan ini hanya belajar untuk beternak. Padahal, ada banyak hal yang dipelajari oleh mahasiswa Peternakan. Apa saja, ya?

Apa Itu Jurusan Peternakan?

Peternakan atau dalam bahasa Inggris disebut animal husbandry, merupakan jurusan cabang dari ilmu pertanian. Sesuai namanya, jurusan ini lebih fokus pada hewan ternak dibandingkan tumbuh-tumbuhan. Pembelajarannya sendiri sangat luas karena mahasiswa akan belajar berbagai hal tentang peternakan.

Mahasiswa yang masuk ke jurusan ini akan belajar pengelolaan hewan ternak dari awal sampai akhir. Mahasiswa belajar tentang pengembangan, pemeliharaan, dan juga pengelolaan hewan ternak. Selain itu, mahasiswa juga akan belajar untuk mengolah hasil ternak baik daging, telur, susu, dan lain sebagainya.

Guna menunjang pembelajaran di jurusan ini, mahasiswa tidak hanya belajar tentang hewan. Mahasiswa juga akan bersinggungan dengan teknologi terutama terkait pengelolaan dan pengolahan hasil ternak. Mahasiswa juga akan belajar ilmu lainnya seperti manajemen, wirausaha, bahkan sosiologi.

Baca juga 7 Pilihan Prospek Kerja Setelah Lulus dari Jurusan Farmasi.

Materi yang Dipelajari Mahasiswa Peternakan

Perkuliahan di jurusan Peternakan tentunya dilakukan menyesuaikan kurikulum yang telah ditentukan oleh setiap kampus. Secara umum, mahasiswa akan belajar materi yang sama di awal masa kuliah. Kemudian, bisa memilih peminatan setelah memasuki semester lebih tinggi.

Mata kuliah yang dipelajari oleh mahasiswa Peternakan pun juga akan mengikuti kurikulum perguruan tinggi. Mata kuliah ini tentu akan berbeda untuk setiap kampus dan juga peminatan. Sebagai contoh, berikut ini mata kuliah jurusan Peternakan di Universitas Bengkulu.

jurusan peternakan
jurusan peternakan
jurusan peternakan
jurusan peternakan

Perguruan Tinggi yang Membuka Jurusan Peternakan

Seperti telah disebutkan sebelumnya, Peternakan termasuk sebagai jurusan yang sudah dikenal oleh masyarakat. Banyak perguruan tinggi yang membuka jurusan ini baik negeri atau swasta dan telah terbukti berkualitas. Beberapa kampus yang menyelenggarakan studi di bidang Peternakan yaitu:

  • Universitas Bengkulu
  • Universitas Sebelas Maret
  • Universitas Lambung Mangkurat
  • Universitas Udayana
  • Universitas Nusa Cendana
  • Universitas Padjadjaran
  • Universitas Mataram
  • Universitas Andalas
  • Universitas Sriwijaya
  • Universitas Sumatera Utara
  • Universitas Hasanuddin

Apakah kamu tertarik kuliah di jurusan Peternakan? Yuk, cek informasinya di sini! Kamu bisa memilih jurusan ini jika tertarik di dunia peternakan baik pengelolaan hewan atau pengolahan hasilnya.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Program Praktisi Mengajar merupakan salah satu bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Kemdikbudristek. Yuk, simak selengkapnya mengenai program Praktisi Mengajar di sini!

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

QS Asia University Rankings (QS AUR) merilis daftar perguruan tinggi terbaik di Asia setiap tahunnya. Nah, artikel kali ini akan membahas daftar 15 perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia menurut QS AUR 2023. Apa saja daftarnya? Simak di sini!

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

Kamu sebentar lagi akan lulus sekolah menengah dan bingung akan ambil jurusan apa? Ternyata ada beberapa jurusan yang langka di Indonesia dan bisa kamu jadikan pertimbangan untuk melanjutkan studi. Apa saja daftarnya? Yuk, simak di sini!