Yuk, Cari Tahu Informasi Tentang Jurusan Arsitektur!

oleh | Nov 9, 2021 | Blog, Jurusan Kuliah | 0 Komentar

Jurusan Arsitektur – Ada banyak jurusan kuliah di Indonesia yang selalu ramai pendaftar setiap masa penerimaan mahasiswa baru. Di antara banyaknya rumpun ilmu yang ada, jurusan di kelompok teknik merupakan pilihan populer yang diserbu oleh calon mahasiswa.

Jurusan di bidang teknik memang telah menjadi primadona. Jurusan yang merupakan lanjutan dari rumpun IPA di sekolah menengah ini banyak diminati masyarakat karena lulusannya bisa memiliki kesempatan kerja yang luas serta bergaji tinggi.

Salah satu jurusan di bidang teknik yang selalu ramai peminat yaitu arsitektur. Jurusan ini telah populer di Indonesia sejak lama dan tetap mendapat banyak pendaftar sampai saat ini. Apa sebenarnya yang dipelajari oleh mahasiswa di jurusan arsitektur? Yuk, simak penjelasan lebih lengkapnya di bawah ini!

Tentang Jurusan Arsitektur

Arsitektur merupakan jurusan di rumpun teknik yang memadukan sains dengan seni. Mahasiswa jurusan ini tidak hanya akan belajar tentang ilmu teknik namun juga estetika bangunan. Di sini, mahasiswa belajar desain bangunan yang memiliki fungsi dan sekaligus memperhatikan sisi keindahannya.

Di jurusan ini, mahasiswa akan belajar untuk membuat desain rancangan bangunan. Mahasiswa dituntut untuk bisa menguasai berbagai hal mulai dari menggambar, menghitung, membuat anggaran, merancang, dan lain-lain. Kemampuan ini akan dipelajari dan diasah saat menjalani perkuliahan.

Mahasiswa jurusan arsitektur tentunya tidak hanya belajar tentang menggambar bangunan. Ada banyak aspek yang perlu diketahui untuk bisa membuat rancangan bangunan yang kokoh, tepat guna, dan indah. Mahasiswa akan belajar ilmu di bidang keteknikan lainnya seperti listrik, material, dan lain-lain untuk mendukung perancangan ini.

Baca juga Banyak Dibutuhkan, Ini Dia Prospek Kerja Jurusan Teknik Informatika.

Hal-hal yang Dipelajari di Jurusan Ini

Mahasiswa arsitektur harus bisa menguasai banyak bidang teknik. Hal ini dikarenakan rancangan yang dibuat akan menjadi petunjuk utama ketika mendirikan bangunan. Seorang arsitek perlu memperhatikan banyak aspek supaya bangunan yang dibuat dengan baik.

Ilmu yang diperlukan untuk menjadi seorang sarjana arsitektur tentunya sangat beragam. Setiap perguruan tinggi telah merancang kurikulum masing-masing supaya bisa menghasilkan lulusan yang kompeten. Sebagai contoh, berikut ini mata kuliah yang akan didapatkan di jurusan arsitektur Universitas Brawijaya.

jurusan arsitektur
jurusan arsitektur
jurusan arsitektur
jurusan arsitektur
jurusan arsitektur
jurusan arsitektur

Pilihan Kampus yang Membuka Jurusan Arsitektur

Arsitektur termasuk jurusan yang ramai peminat dan bisa ditemukan di berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Jurusan ini tersedia di banyak Fakultas Teknik di kampus negeri maupun swasta. Setiap kampus tentunya memiliki metode pengajaran yang berbeda namun tetap dengan tujuan untuk menghasilkan sarja arsitektur yang berkualitas.

Jika tertarik masuk ke jurusan ini, ada banyak pilihan kampus yang bisa kamu pilih. Berikut ini beberapa perguruan tinggi yang membuka jurusan arsitektur.

  • Institut Teknologi Bandung
  • Universitas Brawijaya
  • Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  • Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Universitas Ciputra
  • Universitas Diponegoro
  • Universitas Gadjah Mada
  • Universitas Indonesia
  • Universitas Islam Indonesia
  • Universitas Katolik Parahyangan
  • Universitas Mercu Buana Jakarta

Itulah artikel tentang Yuk, Cari Tahu Informasi Tentang Jurusan Arsitektur! Jurusan ini bisa kamu pilih jika kamu tertarik untuk belajar ilmu teknik dan juga seni. Pilihan kampusnya pun juga beragam, jadi kamu bisa memilih yang paling sesuai dengan keinginan.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…

Yuk, Mengenal Lebih Jauh Politeknik AKA Bogor!

Yuk, Mengenal Lebih Jauh Politeknik AKA Bogor!

Politeknik AKA Bogor merupakan perguruan tinggi di lingkungan Kementerian Perindustrian yang menyelenggarakan pendidikan profesional di bidang kimia analis. Yuk, simak selengkapnya di sini!

Mata Kuliah Ilmu Kelautan Apa Saja? Cek Penjelasannya!

Mata Kuliah Ilmu Kelautan Apa Saja? Cek Penjelasannya!

Ilmu kelautan adalah disiplin ilmu yang menggabungkan studi dari berbagai mata pelajaran untuk memahami lingkungan laut, kehidupan laut, dan interaksinya. Yuk, simak mata kuliah yang dipelajari di jurusan Ilmu Kelautan di sini!