Yuk, Lebih Mengenal Seperti Apa Jurusan Teknik Mesin Itu!

oleh | Nov 13, 2021 | Blog, Jurusan Kuliah | 0 Komentar

Jurusan Teknik Mesin – Di masa seperti sekarang ini, kehidupan manusia tidak bisa terlepas dari mesin. Teknologi ini sudah menjadi bagian dari hidup setiap orang. Tentunya, mesin tidak bisa muncul begitu saja karena ada ahli di balik pembuatan teknologi ini.

Apakah kamu ingin menjadi orang yang akrab dengan pembuatan teknologi? Kamu bisa mendapatkan ilmu dan kemampuan yang dibutuhkan dengan mengambil jurusan yang tepat di dunia perkuliahan. Jurusan rekomendasi yang bisa kamu ambil untuk bisa menjadi ahli di bidang ini yaitu Teknik Mesin.

Teknik mesin adalah jurusan yang berada di rumpun sains dan teknologi. Jurusan ini biasanya merupakan bagian dari Fakultas Teknik. Apa sebenarnya yang dipelajari di jurusan ini? Cek penjelasannya di bawah, yuk!

Apa Itu Jurusan Teknik Mesin?

Sesuai dengan namanya, Teknik Mesin merupakan jurusan kuliah yang berhubungan erat dengan mesin. Mahasiswa akan dididik untuk bisa memiliki kemampuan merancang, membuat, menguji, dan juga maintenance mesin. Teknologi yang dibuat pun tidak terbatas pada otomotif namun juga mesin pabrik, pesawat, dan lain-lain.

Cakupan pembelajaran Teknik Mesin sangatlah luas. Mahasiswa akan belajar berbagai bidang seperti konversi energi, perancangan, proses produksi, dan manufaktur. Selain itu, terdapat juga pembelajaran tentang operasional pabrik dan juga pengelolaan industri supaya mahasiswa memiliki dasar ilmu yang kuat.

Di jenjang sarjana, jurusan ini memiliki waktu perkuliahan yang sama dengan program lainnya. Mahasiswa diharapkan untuk bisa menyelesaikan perkuliahan dalam waktu 4 tahun atau 8 semester. Setelah lulus, mahasiswa akan mendapatkan gelar Sarjana Teknik dan memiliki pengetahuan serta kemampuan di bidang permesinan.

Baca juga Berbagai Prospek Kerja yang Bisa Dipilih Lulusan Teknik Mesin.

Materi yang Dipelajari Mahasiswa Teknik Mesin

Teknik Mesin bukanlah jurusan kuliah yang mempelajari banyak hal. Dasar perkuliahannya sendiri yaitu Fisika, Matematika, dan juga Kimia. Ilmu tersebut akan diterapkan dalam berbagai mata kuliah Teknik Mesin.

Setiap perguruan tinggi tentunya memiliki kurikulum yang berbeda-beda untuk jurusan Teknik Mesin. Di dalam kurikulum tersebut, terdapat berbagai mata kuliah yang harus diambil oleh mahasiswa. Sebagai contoh, berikut ini mata kuliah Teknik Mesin di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).

jurusan teknik mesin
jurusan teknik mesin
jurusan teknik mesin
jurusan teknik mesin

Perguruan Tinggi yang Membuka Jurusan Ini

Teknik Mesin termasuk jurusan yang cukup diminati di Indonesia. Banyak perguruan tinggi yang membuka perkuliahan untuk jurusan ini. Jika kamu berminat masuk Teknik Mesin, ada banyak kampus yang bisa dipertimbangkan seperti:

  • Institut Teknologi Bandung
  • Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  • Universitas Brawijaya
  • Universitas Gadjah Mada
  • Universitas Gunadarma
  • Universitas Indonesia
  • Universitas Islam Indonesia
  • Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Universitas Negeri Yogyakarta
  • Universitas Sebelas Maret
  • Universitas Udayana

Yuk, lebih mengenal seperti apa jurusan Teknik Mesin itu! Jurusan ini cocok jika kamu ingin memiliki kemampuan di bidang permesinan. Kamu bisa mendapatkan pendidikan di jurusan ini di berbagai kampus Indonesia. Pilih perguruan tinggi yang paling sesuai dengan minat, ya!


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…

Yuk, Mengenal Lebih Jauh Politeknik AKA Bogor!

Yuk, Mengenal Lebih Jauh Politeknik AKA Bogor!

Politeknik AKA Bogor merupakan perguruan tinggi di lingkungan Kementerian Perindustrian yang menyelenggarakan pendidikan profesional di bidang kimia analis. Yuk, simak selengkapnya di sini!

Mata Kuliah Ilmu Kelautan Apa Saja? Cek Penjelasannya!

Mata Kuliah Ilmu Kelautan Apa Saja? Cek Penjelasannya!

Ilmu kelautan adalah disiplin ilmu yang menggabungkan studi dari berbagai mata pelajaran untuk memahami lingkungan laut, kehidupan laut, dan interaksinya. Yuk, simak mata kuliah yang dipelajari di jurusan Ilmu Kelautan di sini!