Yuk, Mengenal Lebih Jauh Program IISMA dan Pendaftarannya

Yuk, Mengenal Lebih Jauh Program IISMA dan Pendaftarannya

Kampus Merdeka mempunyai beberapa program, salah satunya yaitu program IISMA. Program ini merupakan program pertukaran dengan universitas lain dari seluruh dunia untuk bertukar budaya. Yuk, simak lebih lengkap mengenai program IISMA di sini!

Yuk! Mengenal Gerakan Indonesia Mengajar dan Programnya

Yuk! Mengenal Gerakan Indonesia Mengajar dan Programnya

Gerakan Indonesia Mengajar (IM) merupakan inisiatif masyarakat yang berani memajukan pendidikan mulai dari pelosok Indonesia. Kamu tertarik untuk ikut? Yuk, simak info selengkapnya mengenai Indonesia Mengajar di sini!

Informasi Lengkap Pendaftaran Beasiswa Merdeka Pendidikan

Informasi Lengkap Pendaftaran Beasiswa Merdeka Pendidikan

Beasiswa Merdeka Pendidikan merupakan program persembahan dari Kitabisa dengan membantu pelajar (SMA/SMK dan mahasiswa) aktif yang membutuhkan biaya pendidikan tambahan. Kamu tertarik untuk ikut? Yuk, simak informasi selengkapnya di sini!

Prospek Kerja Lulusan Jurusan Pendidikan Selain Guru

Prospek Kerja Lulusan Jurusan Pendidikan Selain Guru

Kamu lulusan jurusan pendidikan dan masih bingung ingin bekerja menjadi apa? Selain guru, ternyata ada banyak peluang kerja untuk lulusan jurusan pendidikan, lho. Apa saja prospek kerja untuk lulusan jurusan pendidikan selain guru? Yuk, simak di sini!

Yuk Simak! Berbagai Tips untuk Bisa Lolos Seleksi Beasiswa

oleh | Nov 24, 2022 | Blog, Tips | 0 Komentar

Tips Lolos Seleksi Beasiswa – Bisa kuliah di luar negeri merupakan impian banyak orang, termasuk kamu salah satunya? Kamu bisa lho mendaftar seleksi beasiswa untuk kuliah di luar negeri. Beasiswa yaitu pemberian bantuan keuangan bagi siswa untuk melanjutkan pendidikan.

Beasiswa biasanya diberikan kepada siswa sebagai hadiah keunggulan akademik dan juga bisa diperuntukkan kepada siswa yang ingin kuliah di luar negeri namun membutuhkan bantuan keuangan. Mendaftar beasiswa adalah salah satu solusi terbaik mengingat banyak yang tersedia untuk siswa dari berbagai tingkatan terutama untuk perguruan tinggi di luar negeri.

Beasiswa dapat meringankan biaya kuliahmu. Itulah kenapa banyak orang yang mencari berbagai tips supaya bisa lolos seleksi beasiswa. Mendaftar beasiswa tidak semudah yang dibayangkan, perlu banyak persiapan dan pertimbangan yang dilakukan agar kesempatan untuk mendapatkan beasiswa semakin besar. Yuk, simak berikut ini tips untuk bisa lolos seleksi beasiswa.

Mendaftar beasiswa lebih awal

Mendaftar beasiswa lebih awal membantu siswa untuk memenuhi semua persyaratan pendaftaran beasiswa dibandingkan dengan mendaftar di akhir waktu, di mana siswa mungkin kehilangan beberapa persyaratan yang diperlukan untuk beasiswa sehingga kehilangan kesempatan di tahap pertama.

Hindari untuk melamar di waktu-waktu terakhir karena mayoritas panitia beasiswa akan melihat berkas peserta secara sekilas. Semakin awal waktu kamu mendaftar semakin cepat pula panitia beasiswa mempertimbangkan kamu.

Cari tahu informasi lebih lengkap terkait lembaga penyedia beasiswa

Sebelum kamu memulai persiapan, lakukan beberapa riset dan kumpulkan semua informasi yang tersedia tentang lembaga penyedia beasiswa. Kamu bisa mengunjungi website resmi untuk informasi yang lebih lengkap. Kumpulkan juga semua informasi seperti tanggal detail pelaksanaan seleksi beasiswa, tujuan lembaga, peluang beasiswa, dan lainnya.

Mencari banyak beasiswa

Kamu perlu mencari informasi banyak beasiswa dari berbagai sumber. Selalu rajin mencari informasi dimulai dari internet, media sosial, website resmi, dan lainnya. Kamu harus mencari berbagai jenis beasiswa yang sedang dibuka. Kamu juga bisa menggali informasi sebanyak-banyaknya dengan cara menghadiri pameran pendidikan.

Baca juga Mencari Beasiswa untuk Kuliah di Indonesia? Yuk, Simak Daftarnya!

Menyiapkan berkas yang diperlukan

Setiap beasiswa pasti mencantumkan beberapa persyaratan dan ketentuan. Pastikan kamu sudah menyimpan semua berkas di satu tempat agar tidak kesulitan mencari nantinya. Biasanya pendaftaran beasiswa mewajibkan untuk mengunggah berkas dalam bentuk PDF. Jadi, kamu perlu memindai berkas-berkas tersebut ya.

Penyelenggara beasiswa biasanya memberikan persyaratan yang cukup banyak. Jadi, kamu harus teliti membaca semua persyaratan agar lolos seleksi berkas. Pastikan kamu mempersiapkan diri dan melengkapinya dari jauh-jauh hari ya. Kamu juga harus teliti dalam menyiapkan dan mengisi dokumen dan jangan sampai terlewat deadline.

Mengembangkan kemampuan Bahasa Inggris

Kemampuan Bahasa Inggris sangat penting untuk bisa mendapatkan beasiswa. Hampir semua persyaratan beasiswa memberikan syarat score TOEFL antara 450-550. Bagi kamu yang masih merasa kurang dengan score TOEFL harus terus belajar agar dapat mencapai score yang bagus.

Buat daftar beasiswa

Kamu perlu membuat daftar beasiswa yang sudah kamu apply. Kamu juga bisa membuat catatan lengkap dimulai dari jenis beasiswa, penyedia beasiswa, universitas yang dituju, jadwal pendaftaran, dan proses seleksi. Dengan membuat catatan bisa mempermudah kamu mengklasifikasi dan mendata beasiswa.

Rajin mengecek website resmi lembaga penyedia beasiswa

Kamu harus mengetahui universitas mana yang ingin dituju. Rajin-rajinlah mengecek website lembaga penyedia beasiswa. Di sana akan diinformasikan terkait pengumuman beasiswa secara detail. Jangan lupa untuk mencatat semua persyaratan, ketentuan, dan jadwal seleksi beasiswa.

Membuat CV dan portofolio

Informasi dalam CV beasiswa harus sesuai dan relevan dengan beasiswa yang ingin dituju. CV salah satu yang berperan sebagai representasi peserta agar penyedia beasiswa tertarik dengan peserta. Berbagai informasi yang dicantumkan di CV antara lain data pribadi, riwayat pendidikan, kemampuan organisasi, dan skill atau kemampuan, serta portofolio jika ada.

Semoga artikel Yuk Simak! Berbagai Tips untuk Bisa Lolos Seleksi Beasiswa di atas bermanfaat bagi kamu yang ingin mendaftar seleksi beasiswa. Semoga dengan kamu mengikuti tips-tips di atas dapat membantumu bisa lolos seleksi beasiswa.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Program Praktisi Mengajar merupakan salah satu bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Kemdikbudristek. Yuk, simak selengkapnya mengenai program Praktisi Mengajar di sini!

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

Kamu sebentar lagi akan lulus sekolah menengah dan bingung akan ambil jurusan apa? Ternyata ada beberapa jurusan yang langka di Indonesia dan bisa kamu jadikan pertimbangan untuk melanjutkan studi. Apa saja daftarnya? Yuk, simak di sini!